Makanan Kaya Serat Bagi Penderita Wasir

Seperti yang diketahui, wasir adalah kondisi di mana terdapat pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus yang biasanya terjadi karena mengejan terlalu lama saat buang air besar. Kondisi ini biasanya  akibat pola makan yang tidak sehat, sebagai contohnya adalah kurangnya asupan serat. Bagi penderita wasir yang sudah akut, penting bagi mereka untuk mengonsumsi makanan sehat dan tinggi serat seperti buah, sayur dan kacang-kacangan.

Menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse, khusus penderita wasir harus mengonsumsi serat harian yang ditemukan dalam buah setidaknya sekitar 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria.  Satu buah biasanya mengandung lima gram serat. Meningkatkan asupan buah dan makanan yang kaya serat pada akhirnya memberikan banyak keuntungan dan manfaat bagi penderita wasir. Selain itu  juga mencegah meningkatnya produksi gas pada lambung, diare, kembung, dan kram perut.

Buah-buahan

Kandungan serat yang tinggi di dalam buah-buahan segar akan membantu memperlancar pencernaan. Sistem pencernaan yang baik, akan menghindari terjadinya sembelit yang berakhir dengan risiko wasir karena kekurangan serat di dalam tubuh. Berikut adalah buah-buahan yang memiliki kandungan serat yang tinggi:

  • Apel – 4.4 gr serat terkandung di dalam 1 buah apel utuh.
  • Pisang – 100 gr buah pisang mengandung serat sebanyak 0.6 gram.
  • Alpukat – 1 buah alpukat utuh mengandung 10 gr serat.
  • Pepaya – mengandung 1.3 gr serat per 100 gr daging buahnya.
  • Kiwi – Buah kecil ini memiliki 3 gr serat setiap 100 gr daging buahnya.
  • Tomat – Kandungan gizi tomat memiliki serat sebanyak 1.6 gr per 100 gr daging buahnya.
  • Mangga – Mengandung 1.6 gr serat di dalam 100 gr daging buahnya.

Sayuran

Beberapa sayuran yang kaya akan flavonoid dan kaya serat biasanya memiliki daun yang berwarna hijau gelap. Berikut adalah sayuran yang memiliki kandungan serat tinggi:

  • Brokoli – Si hijau ini ternya memiliki kadar serat cukup lebih 0.9 gram per 100 gram brokoli. Selain itu, brokoli juga mengandung berbagai macam vitamin dan rendah kalori.
  • Bayam – Manfaat serat pada bayam, sebanyak 2.8 gr per 100 gram bayam yang dikonsumsi setiap harinya.
  • Kubis   – mengandung 2,2 g serat per 70 gram kubis. Serat yang tinggi dalam kubis membuatnya sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan.

Kacang-kacangan

  • Kacang Hijau – Satu cangkir kacang hijau mampu menghasilkan kandungan serat sebanyak 8.8 gr serat.
  • Edamame – Edamame memiliki kandungan serat sebesar 9 gram serat per setengah cangkirnya.
  • Kacang Merah – Dari 1 cangkir kacang merah mengandung 15 gram serat.
  • Kacang Polong – Satu cangkir kacang polong yang sudah direbus memiliki kadar serat sebanyak 8.8 gram

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image