Gejala, Penyebab dan Pengobatan Kondiloma

Kondiloma adalah penyakit seperti kutil yang tumbuh di daerah penis, vagina dan anus yang disebabkan oleh infeksi virus human papillomavirus atau HPV. Penyakit ini ditularkan melalui hubungan seksual. Kondiloma terlihat berupa benjolan kecil hingga besar dengan bintil-bintil dipermukaannya. Benjolan tersebut bentuknya seperti jengger ayam atau kembang kol. Jika tidak diatasi, kutil kelamin akan menyebabkan kanker.

Ada sekitar 130 jenis virus HPV. Sebagian virus itu menyebabkan kanker, sementara 40 jenis virus HPV menyerang kelamin dan anus. Virus tersebut bisa menyebabkan kanker serviks, kanker vulva vagina, kanker anus, kanker penis, dan juga kutil kelamin.

Penyakit kutil kelamin menyerang laki-laki ataupun perempuan melalui kontak genital. Kutil kelamin bisa muncul beberapa minggu ataupun bulan setelah kontak seksual dengan orang yang terinfeksi. Namun, wanita lebih berisiko mengalami kondiloma dibanding pria, dengan angka kejadian tertinggi adalah pada usia 15-30 tahun, terutama 20-24 tahun.

Rasa gatal pada area kelamin dan perdarahan saat berhubungan seksual adalah gejala yang mungkin dirasakan pasien kondiloma. Kutil ini umumnya menyerang area vagina, leher rahim, perineum, vulva, penis, kantong zakar, dan kulit di sekitar anus. Kutil juga bisa muncul di mulut atau tenggorokan. Kondisi tersebut terjadi karena penularan melalui oral seks. 

Gejala kondiloma

  • Benjolan warna keabuan atau sewarna dengan kulit, kecil di area genital.
  • Beberapa kutil tumbuh berdekatan sehingga berbentuk menyerupai kembang kol.
  • Gatal atau rasa tak nyaman di area genital.
  • Perdarahan saat berhubungan.

Faktor risiko dan penyebab kondiloma

Penyebab kondiloma adalah Human Papilloma Virus (HPV). Ada lebih dari 40 strain HPV yang berbeda yang secara spesifik memengaruhi area genital.  HPV genital ini ditularkan melalui hubungan seksual. Namun tidak setiap orang yang terpapar virus ini akan terkena. Pada banyak kasus, sistem imun tubuh berhasil membunuh virus ini sehingga tanda serta gejala infeksi menjadi tidak berkembang.

  • Seks tak aman (melakukan hubungan seks tanpa pengaman dengan banyak partner).
  • Memiliki penyakit infeksi menular seksual lainnya.
  • Berhubungan seks dengan partner yang tidak diketahui riwayat seksualnya.
  • Telah aktif seks pada usia muda.

Pengobatan di Rumah wasir

Pengobatan kutil kelamin dilakukan dengan pembedahan. Klinik Rumah Wasir kini memperkenalkan teknik pembedahan biological electrical impedance auto measurement yang juga dipakai untuk mengobati wasir. Dengan teknik tersebut, kutil kelamin akan ditarik, dikeringkan, dan dipotong dengan alat yang terhubung dengan penghantar elektrik sehingga luka yang terbentuk langsung tertutup rapat. Teknik yang juga kerap disebut BEIM ini memungkinkan tindakan dilakukan dengan bius lokal dan durasi waktu singkat. Pasien pun tidak memerlukan rawat inap sehingga biayanya lebih ekonomis.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image