Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Wasir

Wasir atau hemoroid adalah pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus.  Wasir bisa disebabkan karena sulitnya buang air besar atau akibat duduk dalam keadaan yang sama dan lama. Bisa juga terjadi karena terlalu sering mengangkat beban berat, mengejan terlalu keras, obesitas, kebutuhan serat dalam tubuh tidak terpenuhi, batuk terus menerus, dan biasa makan makanan pedas.

Wasir dapat dialami oleh siapapun tanpa batasan usia. Namun, wasir kebanyakan  dialami oleh para lansia. Seringkali penderita merasa malu atau dianggap tidak penting maka kurang diperhatikan.  Gejala wasir berupa perubahan fisiologis yang terjadi pada bantalan pembuluh darah di dubur, berupa pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah dan jaringan sekitarnya.

Fungsi bantalan ini sebagai klep/ katup yang membantu otot-otot dubur menahan feses. Bila terjadi gangguan (bendungan) aliran darah, maka pembuluh darah akan melebar dan membengkak.

Menurut data Depkes pada tahun 2008, prevalensi hemoroid di Indonesia setidaknya 5,7 persen dari total populasi atau sekitar 10 juta orang. Menurut data WHO tahun 2008, jumlah penderita wasir atau hemoroid di seluruh dunia adalah sekitar 230 juta orang.

Gejala Wasir

  1. Pendarahan saat buang air besar. Warna darahnya berwarna merah terang.
  2. Benjolan di sekitar anus.
  3. Pembengkakan, rasa nyeri, dan kemerahan di sekitar anus.
  4. Mengalami gatal-gatal di sekitar anus.

Penyebab wasir

  1. Usia, biasanya diderita oleh lansia.
  2. Mengangkat beban berat.
  3. Kehamilan karena perubahan hormonal
  4. Obstipasi (konstipasi/ sembelit) yang menahun.
  5. Penyakit yang membuat penderita sering mengejan, misalnya: pembesaran prostat jinak ataupun kenker prostat, penyempitan saluran kemih, dan sering melahirkan anak.
  6. Penekanan kembali aliran darah vena, seperti pada kanker dubur, radang dubur, penyempitan dubur, kenaikan tekanan pembuluh darah porta (di dalam rongga perut), sakit lever jenis sirosis (mengkerut), lemah jantung, dan limpa bengkak.
  7. Terlalu lama duduk.
  8. Ini misalnya terjadi pada seseorang yang suka melakukan hubungan seksual yang tidak lazim yaitu anogenital.

Cara mencegah Wasir

Wasir dapat dicegah dengan perubahan gaya hidup yang sehat. Gaya hidup sehat yang dianjurkan untuk mencegah wasir adalah sebagai berikut:

  • Minum air putihyang banyak. Kurangi mengonsumsi kafein dan minuman beralkohol.
  • Menambah asupan serat di dalam makanan: buah, sayuran, beras merah atau beras cokelat, biji-bijian, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh.
  • Tidak menunda untuk buang air besar. Sebaliknya, jika mengabaikan dorongan untuk buang air besar, bisa membuat tinja keras dan kering hingga memaksa kita harus mengejan saat buang air besar.
  • Berolahraga secara teratur: Bisa mencegah terjadinya konstipasi, menurunkan tekanan darah, dan membantu menurunkan berat badan.
  • Menurunkan berat badan.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image