Diet Tinggi Serat, Baik Bagi Penderita Wasir

Wasir merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh banyak orang. Penyebab utama terjadinya wasir adalah buruknya pola makan. Buruknya pola makan akan membuat feses menjadi keras dan harus mengejan saat buang air besar (BAB) sehingga mengalami wasir. Wasir merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus.

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Ari Fahrial Syam, MD.PhD,FACP dari Division of Gastroenterology, Department of Internal Medicine, University of Indonesia, penanganan wasir sendiri meliputi diet tinggi serat dan rendah lemak, obat-obatan, skleroterapi atau ligasi dan tindakan operasi.

Diet tinggi serat akan membuat feses menjadi lunak dan tidak perlu mengejan saat BAB. Feses yang lunak serta proses defekasi (proses pengeluaran sisa-sisa pencernaan berupa tinja atau feses yang dikeluarkan melalui anus) yang mudah akan mengurangi nyeri saat BAB.

Berikut beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk melakukan diet tinggi serat: Biji-bijian dan gandum seperti bubur gandum (oatmeal), kuaci, dan chia seed. Roti, terutama jenis roti gandum. Buah-buahan seperti pir, raspberry, blackberry, dan pisang Sayuran seperti brokoli, wortel, dan sawi.

1. Serat larut

Serat ini lengket dan lembut, seperti gel sehingga dapat menyerap air. Hal ini membuat feses menjadi lebih lembut,terbentuk dengan baik, dan mudah melewati anus ketika dikeluarkan. Anda yang mengonsumsi banyak serat jenis ini akan terhindar dari sembelit.

2. Serat tidak larut

Jenis serat ini memiliki sifat yang tidak larut dalam air sehingga tidak dipecah secara langsung di usus dan langsung menyerap ke aliran darah yang mengalir ke sistem pencernaan. Hal ini membantu menjaga sistem pencernaan karena menyeimbangkan zat kimia di usus.

Makanan yang tinggi serat, biasanya memiliki kedua jenis serat ini bersamaan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi serat terlalu cepat juga tidak baik untuk kesehatan. Sebab perut Anda akan merasa penuh dan lebih mudah buang gas. Oleh karena itu, juga dianjurkan untuk mengonsumsi banyak cairan menyeimbangkan serat tersebut.

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi, dalam kondisi normal tubuh membutuhkan sekitar 37 sampai 38 gram serat per hari untuk yang berumur 18 tahun hingga 50 tahun. Bila memiliki wasir, konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan takaran serat yang dibutuhkan per hari.

Pada dasarnya, diet tinggi serat sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu pencernaan tetap berfungsi dengan baik dan membuat tinja menjadi lunak dan besar.

 

 

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image