Apakah Berbahaya Menelan Permen Karet?

Permen karet adalah jenis permen yang banyak disukai oleh berbagai usia dari anak-anak hingga dewasa. Namun, banyak  orangtua yang melarang  anaknya  memakan permen karet. Alasannya, permen karet dapat merusak gigi dan  jika permen karet tertelan,  bisa menempel di usus. Pernahkah kalian mendengar menelan permen karet bisa menempel di usus? Lalu, sebenarnya apa yang akan terjadi jika  permen karet tidak sengaja tertelan?

Permen karet mengandung bahan dasar getah karet alam atau sintetis (gum resin). Karet butil adalah karet sintetis yang biasa digunakan untuk membuat permen karet. Getah karet alam maupun sintetis tidak bisa dipecah, sehingga tidak bisa dicerna oleh tubuh.

Saat mengunyah permen karet, enzim dalam air liur  akan memecah karbohidrat dan minyak yang terkandung dalam permen karet. Namun, kandungan karet pada permen karet kebal terhadap enzim ini, sehingga permen karet tidak dapat mudah dipecah dan dicerna.

Jadi, ketika permen karet tertelan, permen karet dalam bentuk utuh akan bergerak melalui saluran pencernaan , melewati kerongkongan, lambung, kemudian ke usus bergabung bersama feses, dan akhirnya permen karet dibuang ke luar tubuh melalui anus. Namun, proses dari permen karet tertelan sampai keluar dari tubuh  mungkin membutuhkan waktu beberapa hari.

Menelan permen karet juga bisa berbahaya

Kondisinya akan berbeda, jika seseorang mengidap penyakit Crohn atau penyakit diverticulitis yang mana dapat menyebabkan penyempitan bagian usus. Permen karet yang tertelan oleh seseorang yang mengidap penyakit tersebut, bisa menimbulkan risiko yang lebih serius karena  permen karet akan melewati area yang sangat sempit. Bahkan, pada kasus yang sangat jarang terjadi, permen karet ini bisa menyumbat usus, serta bisa mengakibatkan kram perut, sembelit, serta beberapa masalah perut yang lainnya.

Namun bukan berarti, seseorang dilarang untuk mengunyah permen karet.  Bagaimanapun juga mengunyah permen karet memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Mengunyah permen karet  mampu mengaktifkan kelenjar air liur yang bisa membantu kita dalam menetralkan asam lambung, serta sangat baik untuk memperlancar sistem pencernaan.

 

 

 

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image