Artikel


 
 

Selamat Datang Gigi, Selamat Tinggal Tidur Nyenyak


Last Update : 2018-01-23

Selamat Datang Gigi, Selamat Tinggal Tidur Nyenyak

Senangnya saat melihat bayi tumbuh besar dan mulai makan. Pada usia enam bulan, bayi sudah mulai mendapatkan makanan pendamping ASI atau MP-ASI. Ya, akhirnya iapun bisa tidur nyenyak malam hari tanpa perlu bangun untuk minum susu! Tidur Anda jadi lebih nyenyak? Eits, tunggu dulu. Pada masa ini, umumnya bayi juga akan mulai tumbuh gigi. Masalah baru pun dimulai. Dari menggigiti puting ibu, demam, berliur terus menerus, tidak mau minum susu, sampai rasa tidak nyaman yang membuatnya menangis dan tidak bisa tidur.



Tidak perlu marah dan kesal. Ingatlah bahwa semua ini adalah fase yang harus dilewati sang anak guna mencapai pertumbuhan terbaik. Dengan menguasai trik-triknya, Anda dapat membantu bayi melalui fase ini tanpa harus ikut menderita sepertinya.



Tips:




  • Obat pereda nyeri. Paracetamol sirup atau ibuprofen dapat membantu bayi dalam meredakan nyeri. Obat dapat diberikan setiap 4-6 jam, dengan jeda kurang lebih terhadap pemberian susu. Malam hari, obat dapat diberikan tanpa perlu membangunkan bayi, yaitu dengan perlahan-lahan menyuapkan sirup menggunakan pipet atau syringe. Perhatikan juga cara dan dosis pemberian obat.

  • Berikan bayi Anda teether atau mainan untuk dikunyah-kunyah. Jangan lupa membersihkan teether sebelum diberikan pada bayi.

  • Berikan sayuran beku dalam ukuran kecil, buah dingin yang dihaluskan, atau kain yang dibasahi air dingin. Ini dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman di gusinya.

  • Bersihkan dan keringkan liur yang menetes di wajah, karena dapat menyebabkan ruam pada wajah bayi Anda.

  • Jika bayi menarik-narik telinganya, ini mungkin tanda terjadinya infeksi telinga. Waspada dan periksakan ke dokter jika ini terjadi, terutama jika disertai demam tinggi.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang