Artikel


 
 

Penyebab, gejala, dan pengobatan Wasir


Last Update : 2015-03-04

Penyebab, gejala, dan pengobatan Wasir

Wasir atau hemorrhoids adalah benjolan di anus yang sangat menyakitkan bagi banyak orang. Wasir umumnya memburuk seiring berjalannya waktu, para profesional bidang kesehatan mengatakan bahwa wasir harus ditangani segera setelah muncul. Setidaknya empat perlima dari orang dewasa di Eropa dan Amerika Utara menderita penyakit wasir di beberapa titik dalam hidupnya. Dokter spesialis mengatakan bahwa sebagian besar orang-orang yang melakukan medical check-up ditemukan telah memiliki wasir. Semakin tua anda semakin besar kemungkinan anda menderita wasir. Ini tidak berarti bahwa orang-orang muda dan anak-anak tidak menderita wasir. Wasir jauh lebih umum di kalangan laki-laki daripada perempuan, tetapi seorang wanita yang paling mungkin menderita wasir ketika dia hamil.



Apa wasir / hemorrhoids?



Ketika pembuluh darah di sekitar anus atau di rektum bengkak dan meradang, pasien positif menderita wasir. Itu dapat terjadi karena alasan berikut:

- kehamilan

- penuaan

- diare kronis

- sembelit kronis

- duduk untuk waktu yang lama (terutama duduk lama pada suatu waktu di toilet)

- hubungan seks dubur 

- obesitas 

- genetika, beberapa orang mewarisi kecenderungan untuk mengembangkan wasir.



Penyakit ambeien dapat terjadi baik di dalam dan di atas bagian dalam anus. Benjolan juga dapat muncul secara eksternal, di bawah kulit anus.



Gejala wasir



- pendarahan, biasanya tidak nyeri. Pasien mungkin melihat darah di tisu toilet atau menetes.

- gatal dan / atau iritasi di area anal

- ketidaknyamanan dan rasa sakit di daerah anus

- benjolan menonjol dari daerah anus

- pembengkakan di daerah anus

- benjolan di dekat anus anda, ini kadang-kadang bisa sensitif (menyakitkan)

- kotoran dapat bocor (tanpa anda ingin hal itu terjadi)



Wasir internal terletak di dalam rektum, biasanya tidak memiliki gejala; pasien tidak menyadarinya karena umumnya tidak menyebabkan ketidaknyamanan apapun, namun akan menyebabkan pendarahan jika terlalu lama duduk atau mengejan. Mengejan juga dapat mendorong wasir internal sehingga ia menonjol melalui anus, ini disebut wasir menonjol atau prolaps dan bisa menyakitkan. Ketika seorang pasien memiliki wasir eksternal,bagian anus akan menjadi sangat gatal dan dapat berdarah. Kadang-kadang darah dapat menumpuk dan membentuk trombus (bekuan darah), yang dapat menyakitkan dan akan membengkak atau meradang.



Kapan saya harus menemui dokter saya?



Jika Anda mengalami salah satu gejala yang berkaitan dengan wasir sangat dianjurkan untuk menghubungi dokter anda. Ingatlah bahwa perdarahan rektum dapat disebabkan oleh hal-hal lain, termasuk kolorektal dan kanker dubur. Mungkin kesalahan untuk mengasumsikan bahwa perdarahan dubur hanyalah hasil dari wasir dan karena ini memutuskan untuk tidak ke dokter. Jika gejala mulai dengan perubahan signifikan dalam kebiasaan buang air besar, jika kotoran anda sangat gelap atau bahkan hitam serta ada bekuan darah yang tercampur dalam kotoran, anda harus segera pergi ke dokter.



Pengobatan untuk wasir 



Ada beberapa tindakan sederhana yang perlu Anda lakukan untuk menjalani pengobatan wasir. Namun, obat-obatan dan bahkan operasi kadang-kadang diperlukan. Ada hal-hal yang dapat anda lakukan untuk meringankan gejala. Ingatlah bahwa ini tidak akan menghilangkan wasir.

- Krim topikal dan salep yang mengandung hidrokortison.

- Mencuci di daerah yang terkena. Cuci lembut dengan air hangat, jangan gunakan sabun jika anda pikir itu akan membuat masalah lebih buruk, lalu keringkan.

- Kompres dengan es di daerah yang terkena untuk membantu meringankan rasa sakit dan memperlambat pembengkakan.

- Gunakan tisu basah yang steril dan jangan gunakan tisu kering karena akan memperburuk masalah.

- Analgesik. Beberapa obat penghilang rasa sakit, seperti aspirin, ibuprofen dan paracetamols (Tylenol) dapat mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan.



Bagaimana cara mencegah wasir agar tidak muncul di lagi?



Ternyata pengaruh makanan terhadap wasir memiliki peranan yang cukup besar. Makan makanan yang berserat serta mengandung banyak kandungan air agar kotoran anda tidak mengeras dan selalu lembut agar mudah dalam proses pembuangannya. Kita harus makan makanan yang bernutrisi. Jika Anda makan banyak buah-buahan dan sayuran, serta biji-bijian, kotoran anda akan selalu lembut. Jika Anda minum banyak cairan, tinja anda lebih mungkin untuk menjadi lembut (ini tidak termasuk alkohol). Ketika anda pergi ke toilet mencoba untuk tidak membebani atau menahan nafas, karena hal ini menciptakan tekanan dalam pembuluh darah di rektum yang lebih rendah.



(Translator: Hart)

Sumber: http://www.medicalnewstoday.com/articles/73938.php






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang