Artikel


 
 

Cara Mengobati Wasir


Last Update : 2015-12-21

Cara Mengobati Wasir

Beberapa Cara Mengobati Wasir dengan Tuntas



Cara mengobati wasir bermacam-macam tergantung derajat atau tingkat keparahannya, dimulai dari gejala Anda terkena derajat atau tingkat 1 atau tingkat 2 Anda masih bisa sembuh dari penyakit wasir dengan pengobatan wasir atau ambeien yaitu dengan cara mengkonsumsi obat dan mengatur pola hidup secara baik dan sehat, tidak perlu melakukan operasi wasir.

Gejala wasir (ambeien) lainnya yang mungkin bisa Anda rasakan adalah sebagai berikut:

Merasa tidak tuntas buang air besar, biasanya hal ini Anda alami apabila Anda menderita wasir dalam (Internal).

Merasa ada yang mengganjal ketika duduk, biasanya hal ini terjadi apabila Anda menderita ambeien luar (eksternal).

Selain itu gejala utama lainnya yaitu berdarah ketika BAB,  terasa gatal dan timbul rasa nyeri disekitar daerah dubur.

Menemukan bercak-bercak kotoran (cairan dari usus besar) di pakaian dalam.



Cara Mengobati Wasir Dengan Tepat



Cara mengobati wasir dengan tepat harus dilakukan berdasarkan derajat atau tingkat keparahannya. Derajat atau tingkat keparahan sesuai dengan gejala-gejala yang dialami oleh si penderita ambeien. Derajat atau tingkatan wasir dapat dikelompokkan dalam 4 tingkatan, yaitu sebagi berikut:




  1. Derajat (Tingkat) I : Perdarahan merah segar tanpa rasa nyeri dan rasa gatal ketika buang air (BAB).

  2. Derajat (Tingkat) II : Perdarahan, menonjol, nyeri, dan reposisi spontan ketika buang air besar (BAB). Catatan : Penonjolan bisa dikembalikan masuk ke dalam dubur dengan menggunakan jari tangan .

  3. Derajat (Tingkat) III : Perdarahan, mononjol, sangat nyeri, dan reposisi manual ketika melakukan BAB.

  4. Derajat (Tingkat) IV : Perdarahan, tonjolan tetap, nyeri terus menerus, dan tidak dapat direposisi ketika BAB.



Cara Mengobati Wasir Berdasarkan Jenis Wasir



Cara mengobati wasir ada dua jenis yang dapat dipilih oleh si penderita, yaitu yang pertama tanpa operasi dan yang kedua dengan cara operasi wasir. Pengobatan wasir tanpa operasi (umumnya untuk derajat (tingkat) I dan II). Salep atau suppositori  (obat dimasukan di dalam dubur). Suntikan yang dapat dilakukan adalah berfungsi untuk menyumbat pembuluh darah dan mengecilkan bantalan pembuluh darah disekita pinggi dubur. Infrared coagulation (IRC) menggunakan prinsip pemberhentian perdarahan dengan sinar infra merah. Pegobatan Wasir dengan operasi (umumnya bisa menjadi solusi untuk semua derajat (tingkat) wasir). Langkah ini adalah tahap akhir atau menjadi alternatif terakhir yang dapat diambil oleh para penderita wasir atau ambeien.



Operasi wasir dapat dilakukan baik Anda menderita derajat (tingkat) paling rendah (I) maupun dengan derajat (tingkat) paling atas. Kini mengobati wasir dengan operasi terdapat teknologi terbaru dengan konsep BEIM (Biological Impedence Electrical autoMeasurement), dimana metode pengobatan wasir ini memiliki banyak keunggulan, diantaranya Proses yang cepat (sekitar 15 menit), minim pendarahan, minim rasa nyeri, tanpa jahitan, tanpa rawat inap, dan biaya juga relatif murah. Selain itu Hasil lebih baik dan kemungkinan kambuh kembalinya wasir lebih kecil.



Ada kemungkinan wasir dapat kambuh kembali. Oleh karena itu perlu menghindari dan meminimalkan faktor penyebab wasir. Faktor penyebab ambeien tersebut adalah:




  1. Usia tua.

  2. Mengejan saat buang air besar. Cara buang air besar yang salah (lebih banyak memakai jamban duduk, terlalu lama duduk di jamban sambil membaca). Peningkatan tekanan intra abdomen (tekanan di dalam perut)  yang disebabkan oleh tumor (tumor usus, tumor abdomen), kehamilan (disebabkan karena tekanan janin pada abdomen dan perubahan hormonal).

  3. Diare kronik atau diare yang berlebihan.

  4. Penyakit kronik susah BAB kronik.

  5. Kurang minum air. Kurang mengkonsumsi air dapat menyebabkan feses menjadi keras, sehingga dapat menyebabkan kontraksi yang sangat kuat pada dubur dan akan memperbesar kemungkinan timbul wasir.

  6. Hubungan seks per-anal.

  7. Kurang olahraga.

  8. Kurang makan makanan berserat (sayur dan buah) dapat menyebabkan feses menjadi keras dan tidak dapat BAB secara teratur.   



Cara Mengobati Wasir dengan BEIM



Cara mengobati wasir dengan BEIM merupakan salah satu cara #mengobati wasir. Metode operasi wasir ini sangat baik,luka cepat kering dan minim rasa nyeri pasca tindakan medis. Rumah Wasir merupakan salah satu klinik wasir yang memberikan layanan pengobatan ambeien dengan metode ini. Cara mengobati wasir ini sangat modern, tanpa membutuhkan jahitan, tanpa rawat inap sehingga pasien bisa langsung pulang pasca menjalani tindakan medis yang secara otomatis pengeluaran biaya lebih murah.



Mengobati wasir dengan alat BEIM ini terhindar dari terjadi infeksi pada jaringan hemoroid, karena luka yang terjadi pada saat pemotongan benjolan wasir merupakan luka tertutup dan terhindar dari terjadinya pendarahan pasca operasi. Bentuk dari alat ini bisa kita ibaratkan seperti catok rambuk yang bekerja dengan menjepit benjolan hemoroid dan benjolan tersebut akan mengering serta lepas atau copot. Alat BEIM belum banyak diketahui di Indonesia, tapi di Negara China sudah lebih dari 12 tahun alat tersebut digunakan untuk mengatasi wasir dengan melakukan tindakan operasi. Tapi Anda tidak perlu repot-repot untuk pergi ke Negara Cina yang sangat jauh, karena kini telah hadir di Indonesia metode operasi hemororid dengan BEIM di Rumah Wasir. Klinik wasir ini pun menawarkan jasa konsultasi, pemeriksaan dan penanganan yang aman, nyaman dan sesuai prosedur.



Cara Mengobati Wasir dengan Cepat



Mungkin sebagian Anda berpikir, apakah benar ambeien dapat diobat dengan cepat, sedangkan si penderita telah mengalami penyakit hemoroid ini sudah bertahun-tahun. Biasanya penyakit yang terletak pada saluran anus ini dan dialami selama bertahun-tahun sudah termasuk kedalam wasir eksternal dan lebih tepatnya sudah pada tahap stadium 4 dimana benjolan yang keluar berupa pembengkakan pada jaringan hemoroid keluar secara permanen dan tidak masuk kembali pada posisi semula sehingga dibutuhkannya tidakan operasi.



Berbicara mengenai tindakan operasi wasir yang ingin dilakukan bagi penderita hemoroid tingkat stadium 4, kita harus memperhatikan metode apa yang digunakan. Operasi hemoroid ini terbagi 4 metode yang diawali dengan metode konvensial dimana pemotongan jaringan hemoroid menggunakan alat pisau bedah. Metode ini terdapat kekurangan yang tidak disukai bagi pasien karena menimbulkan rasa sakit pasca operasi selama 7 minggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman saat buang air besar dikarenakan terjadinya pengkerutan akibat pemotongan jaringan hemoroid dengan pisau bedah.



Akan tetapi, bagi Anda yang ingin melakukan tindakan operasi wasir, tidak perlu takut dan cemas. Karena sekarang terdapat metode paling termodern, proses yang dilakukan tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya dalam 15 menit, wasir Anda akan tuntas sampai ke akar-akarnya. Kelebihan dari metode ini adalah tidak diperlukannya jahitan, pendarahan yang sangat minim, tidak membutuhkan rawat inap sehingga meringankan biaya yang dikeluarkan. Yang paling unggul dari kelebihan metode operasi wasir ini adalah pasien dapat beraktifitas seperti biasa setelah melakukan operasi hemoroid. Metode tersebut adalah tindakan operasi ambeien menggunakan alat BEIM. Alat tersebut merupakan cara mengobati wasir dengan cepat tanpa basa basi.



Cara Mengobati Wasir Dengan Gaya Hidup Yang Sehat



Segala sumber dari terjadinya penyakit wasir adalah karena si penderita tidak menjalani gaya hidup yang sehat. Sangatlah mudah untuk menerapkan gaya hidup yang sehat, namun kebanyakan dari kita malas untuk melakukannya.



Adapun gaya hidup yang sehat untuk mengatasi penyakit wasir atau ambeien yaitu :




  • Minum air putih yang banyak sesuai dengan kebutuhan tubuh

  • Memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan serat yaitu buah dan sayuran

  • Menghindari mengkonsumsi makanan yang mengandung zat pedas dan makanan siap saji

  • Tidak menunda-nunda keinginan untuk buang air besar

  • Menjaga kebersihan disekitar anus

  • Olah raga secara teratur



Dengan menerapkan gaya hidup sehat, dengan berjalannya waktu maka ambeien yang dialami si penderita akan berkurang dan pada akhirnya mendapatkan kesembuhan secara total.



Cara Mengobati Wasir Dengan Konsultasi Dokter



Ada beberapa cara mengobati wasir, akan tetapi alangkah baiknya sebelum melakukan pengobatan diperlukannya berkonsultasi dengan dokter yang berpengalaman dengan masalah wasir. Tempat yang tepat untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis yaitu di Rumah Wasir, klinik wasir yang memberikan layanan konsultasi gratis dan pemberian resep untuk penggunaan obat.



Dengan melakukan konsultasi masalah ambeien di Rumah Wasir, maka kita akan mengetahui seberapa parah penyakit wasir yang kita alami, pengobatan apa yang tepat untuk dilakukan, dan kita dapat mengetahui cara mengatasi wasir yang dialami.



Cara Mengobati Wasir Dengan Daun Sirsak



Kandungan didalam daun sirsak memiliki antioksidan yang sangat tinggi, sehingga sangat cocok digunakan sebagai obat wasir alami. Untuk penyajian obat wasir daun sirsak yaitu dengan mengambil 7 helai daun sirsak yang cukup tua dan dibersihkan terlebih dahulu dan kemudian direbus dengan 7 gelas air dengan ukuran 2,5 liter. Air rebusan inilah yang diminum secara rutin hingga ambeien yang diderita sembuh sampai total.



Antioksidan yang terdapat pada daun sirsak dapat menyembuhkan peradangan yang terjadi pada saluran anus akibat luka yang mengalami infeksi. Dengan sembuhkan peradangan tersebut, maka sembuh pula ambeien yang diderita.



Cara Mengobati Wasir Dengan Kulit Manggis



Selain daun sirsak, yang dapat dijadikan cara mengobati wasir yaitu dengan kulit buah manggis. Karena bentuknya yang bagus dilengkapi dengan mahkota berwarna hijau, buah manggis ini dijuluki dengan ratunya buah. Kulit manggis tersebut memiliki kandungan antioksidan yang paling tinggi maka menjadi nomor 1 sebagai cara mengobati wasir secara alami.



Untuk penyajian kulit manggis sebagai cara mengobati wasir, dapat disajikan dalam berbagai cara. Mulai dari dijadikan sebagai jus, dikeringkan dengan dijemur lalu dijadikan serbuk, dan ada pula yang sudah dikemas dalam bantuk kapsul serta cairan yang dapat langsung diminum. Cara penggunaannya pun sama seperti obat wasir daun sirsak yakni diminum secara rutin 3 x sehari sampai wasir yang dialami sembuh total.



Cara Mengobati Wasir Eksternal (Ambeien Luar)



Wasir eksternal merupakan penyakit ambeien yang masuk kedalam kategori parah dan dalam dunia kedokteran masuk kedalam stadium 3 dan stadium 4. Adapun ciri dari wasir eksternal yaitu keluarnya benjolan dari dalam anus dan biasanya untuk stadium 3, benjolan ini keluar setelah buang air besar dan masuk kembali setelah beberapa menit.



Beda halnya dengan gejala wasir stadium 4 dimana benjolan yang keluar sudah tidak dapat masuk lagi dengan kata lain benjolan keluar secara permanen. Benjolan ini merupakan pembuluh darah vena hemorroid yang memiliki gaya elastisitas dan ketika mengalami wasir eksternal, gaya elastisitas tersebut menghilang.



Dengan mengetahui gejala ambeien luar, maka kita dapat mengetahui bagaimana cara mengobati wasir eksternal. Yaitu dengan dilakukannya pengangkatan benjolan yang terjadi dengan dilakukannya tindakan operasi wasir. Dan cara mengobati wasir dengan tindakan operasi terbaik yaitu dengan berkunjung ke Rumah Wasir.



Cara Mengobati Wasir Internal (Ambeien Dalam)



Wasir internal yaitu penyakit ambeien yang masuk kedalam golongan stadium 1 dan stadium 2 serta masuk dalam kategori wasir ringan. Untuk gejala wasir internal ditandai dengan munculnya rasa seperti terbakar dan disertai dengan rasa gatal-gatal didaerah anus setelah buang air besar. Nah untuk stadium 2 gejala yang ditimbulkan dengan tanda keluarnya darah dari dalam anus ketika buang air besar.



Pengobatan yang paling tepat yakni ketika wasir masih masuk kedalam wasir internal karena pengobatan diwaktu seperti ini sangatlah mudah untuk mendapatkan kesembuhan. Adapun cara mengobati wasir internal yaitu dengan menyembuhkan luka yang terjadi pada pembuluh darah vena hemorroid.



Luka yang terjadi pada pembuluh vena hemorroid disebabkan terjadinya gesekan yang cukup keras yang dikarenakan gangguan  pencernaan yang kurang lancar, sering menahan keinginan untuk buar air besar, terlalu lama duduk, hubungan intim melalui anus, dan lain sebagainya. Beberapa cara mengobati wasir internal bisa dengan penggunaan obat herbal, obat kimia, ataupun penerapan gaya hidup yang sehat.



Cara Mengobati Wasir Tanpa Repot



Sebenarnya cara mengobati wasir bukanlah hal yang rumit, hanya membutuhkan ketekunan setiap hari untuk melakukannya. Inti dari penyakit wasir adalah terjadinya peradangan dan pembengkakan di daerah saluran anus. Satu-satunya cara mengobati wasir yang ampuh yaitu dengan mencegah dan mengobati peradangan tersebut.



Adapun cara mengobati wasir yang sederhana yaitu dengan melakukan pencegahan agar wasir yang diderita tidak semakin parah. Salah satunya yaitu melakukan hal-hal yang membuat feses menjadi lunak. Karena apabila feses keras dan pada saat buang air besar akan terjadi gesekan yang cukup kuat, radang didalam saluran akan terluka dan menjadi parah. Bagaiman bisa sembuh apabila setiap buang air besar radang mengalami luka?



Adapun hal-hal yang membuat feses menjadi lunak yaitu dengan minum air putih yang banyak, mengkonsumsi makanan yang berserat seperti buah dan sayuran dan menghindari makanan siap saji karena itu akan membuat feses menjadi keras.



Dilain hal, ada juga penyebab dari terjadinya luka didalam saluran anus seperti menahan keinginan untuk buang air besar, mengejan terlalu kuat saat buang air besar, duduk terlalu lama dan proses kehamilan karena perubahan hormon yang sangat drastis. 



( Baca juga artikel tentang wasir : click here )






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang