Artikel


 
 

Mengobati Wasir


Last Update : 2015-03-03

Mengobati Wasir

Mengobati Wasir atau ambeien ada berbagai macam, mulai dari secara tradisional sampai dengan metode modern yang sangat cepat. Namun perlu diketahui jenis, penyebab serta bagaimana cara mengobati wasir dengan tepat.



Mengobati wasir kini dapat dilakukan dengan mudah dan cepat hanya dalam waktu sekitar 15 menit saja dengan menggunakan metode BEIM di Rumah Wasir. Namun, sebelum membahas mengenai bagaimana cara mengobati wasir dalam 15 menit, berikut ini akan dijelaskan tentang apa itu wasir dan penyebab wasir tersebut dapat muncul serta bagaimana cara mengobati wasir tersebut.



Jenis Penyakit Wasir



#Penyakit wasir adalah suatu penyakit yang timbul akibat pembuluh darah yang mengalami pembengkakan di dubur atau anus. Jenis penyakit wasir yang Anda derita tergantung pada di mana itu terjadi, apakah pada bagian dalam anus atau bagian luar anus. Berikut ini penjelasannya:




  • wasir internal melibatkan pembuluh darah di dalam dubur Anda. Anda tidak akan merasakan sakit di bagian dalam dubur Anda, sehingga Anda tidak mungkin merasa sakit dari wasir internal yang. Anda bisa mendapatkan perdarahan atau Anda mungkin merasa ada sesuatu di dalam rektum, seperti Anda harus buang air besar.

  • wasir prolaps adalah wasir internal yang telah membentang sampai mereka tonjolan di luar anus Anda. Bila Anda memiliki wasir prolaps, Anda mungkin merasa sensasi mencubit atau Anda mungkin hanya merasakan adanya benjolan menyakitkan ketika Anda menghapus setelah buang air besar. Wasir prolaps kadang-kadang bisa gatal atau menyakitkan. Jika bentuk gumpalan darah, Anda mungkin merasa benjolan lembut di tepi anus Anda. Wasir Anda mungkin retak dan berdarah. Jika berdarah, Anda mungkin melihat darah merah pada kertas toilet ketika Anda menghapus atau di toilet setelah buang air besar. Sebuah wasir prolaps akan masuk kembali ke dalam rektum Anda sendiri, atau Anda dapat dengan lembut mendorong kembali ke dalam.

  • Wasir yang muncul pada pembuluh darah di luar anus Anda disebut wasir eksternal. Wasir eksternal ini mungkin akan luka dan berdarah akibat dari adanya kontraksi dan gesekan pada area sekitar wasit tersebut. Wasir ekaternal atau disebut juga dengan wasir luar bisa menimbulkan rasa gatal dan menyakitkan, terutama jika membentuk bekuan darah.



Penyebab Wasir



Ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebab wasir. Wasir diantaranya disebabkan oleh peningkatan tekanan dalam pembuluh darah anus atau rektum. Salah satu penyebab utama adalah berusaha ketika Anda mencoba untuk buang air besar. Hal ini bisa terjadi jika Anda sembelit atau jika Anda menderita diare berkepanjangan. Hal ini juga dapat terjadi jika Anda duduk di toilet terlalu lama. Ketika Anda duduk di toilet, anus Anda rileks. Pembuluh darah di anus Anda kemudian terisi dengan darah, yang menempatkan tekanan pada vena tersebut. Wasir juga bisa disebabkan oleh obesitas, sering melakukan angkat berat, atau kegiatan lain. Setelah sukses mengobati wasir akan tetap ada kemungkinan wasir kambuh apabila beberapa faktor penyebab wasir diatas tidak Anda hindari.



Siapa Penderita Wasir



Hampir setiap orang dapat menderita wasir dan memiliki wasir pada suatu saat. Tetapi ada beberapa hal yang dapat membuat Anda lebih mungkin untuk menderita wasir. Orang-orang yang orang tuanya memiliki wasir mungkin lebih mungkin untuk menjadi penderita wasir. Wanita hamil sering mendapatkan wasir karena sering menahan beban berat membawa bayi dan juga dari melahirkan. Menjadi sangat kelebihan berat badan, atau berdiri atau mengangkat terlalu banyak dapat membuat wasir timbul atau malah semakin parah.



Solusi Mengobati Wasir



Mengobati wasir tidak dapat dilakukan apabila Anda sebagai penderita tidak tahu bagaiman solusimenghadapi wasir tersebut. Anda mungkin perlu menemui dokter apabila melihat terjadi pendarahan dan untuk memastikan penyebabnya apakah memang akibat wasir dan tidak kolitis, kanker, atau penyakit lainnya. Pendarahan dari dubur atau anus atau tinja berdarah mungkin tanda dari sesuatu yang lebih serius seperti kanker. Dokter mungkin dapat mendiagnosa apakah Anda menderita penyakit wasir hanya dengan memeriksa Anda. Sebuah tindakan anoscopy atau tes lain mungkin juga diperlukan. Sebuah anoscopy memungkinkan dokter melihat ke dalam anus Anda dengan alat seperti tabung tipis yang memiliki cahaya di bagian ujungnya.



Untuk meredakan atau mengurangi rasa nyeri wasir ada beberapa tips atau kiat yang dapat dilakukan, namun tidak dapat digunakan untuk mengobati wasir. Berikut ini beberapa diantaranya:




  • Ambil peredam panas (mandi sitz) atau mandi biasa tiga atau empat kali sehari.

  • Bersihkan anus Anda setelah setiap buang air besar dengan mengelap secara lembut dengan kertas toilet lembab atau bantalan dibasahi (seperti Tucks), atau tisu bayi. Membilas di kamar mandi juga dapat membantu.

  • Gunakan kompres es untuk mengurangi pembengkakan.

  • Acetaminophen (beberapa contoh yang Panadol dan Tylenol), ibuprofen (Advil adalah beberapa contoh, Medipren, dan Motrin), atau aspirin yang dapat membantu meringankan rasa sakit.

  • Oleskan krim yang mengandung witch hazel ke daerah atau menggunakan salep lidokain. Krim yang mengandung hidrokortison dapat digunakan untuk gatal atau nyeri.

  • Untuk sangat menyakitkan flare-up, tetap dari kaki Anda dan tinggal di tempat tidur selama sehari penuh.

  • Hindari mengangkat beban berat dan tegang. Jangan menggunakan obat ambeien tanpa berbicara dengan dokter keluarga Anda terlebih dahulu.



Penyakit Wasir adalah penyakit yang paling sering menjadi masalah dalam jangka pendek. Mengobati wasir juga tergolong susah-susah gampang. Sembelit merupakan salah satu hal utama yang dapat menyebabkan wasir. Lantas bagaimana cara mencegah sembelit agar terhindar dari wasir? Berikut informasinya:




  • Sertakan lebih banyak serat dalam diet Anda. Serat membantu melunakkan tinja. Buah segar, sayuran berdaun, dan gandum roti dan sereal merupakan sumber serat yang baik.

  • Hindari makanan rendah serat, seperti es krim, keju, roti putih, dan daging.

  • Minum banyak cairan (kecuali alkohol). Delapan gelas air sehari sudah cukup ideal.

  • Berolahraga secara teratur.

  • Obat pencahar pembentuk sampah dapat membantu. Obat pencahar pembentuk sampah termasuk dedak, psyllium (beberapa contoh yang Metamucil, Fibrepur, Novo-Mucilax, Prodiem [polos]), dan lain-lain (contoh adalah Fibyrax). Jenis lain dari obat pencahar dapat menyebabkan diare, yang dapat membuat wasir parah.

  • Hindari penggunaan obat pencahar secara berlebihan.

  • Jika Anda merasa perlu untuk buang air besar, jangan menunggu terlalu lama untuk menggunakan kamar mandi. Tinja Anda akan mendapatkan lebih kering dan lebih keras semakin lama Anda menunggu. Sementara itu, Anda dapat mengikuti tips-tips untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh wasir. Meskipun Anda akan menemukan banyak obat wasir di toko, beberapa belum terbukti untuk bekerja. Beberapa bahkan mungkin berbahaya jika Anda menggunakan mereka terlalu banyak. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang produk mungkin berguna bagi Anda.



Operasi Wasir



Mengobati wasir ada berbagai macam teknik atau metode yang dapat digunakan. Kebanyakan wasir cenderung menghilang dan tanpa menimbulkan rasa sakit dalam satu atau dua minggu. Namun, penyakit ambeien cenderung untuk kembali kecuali Anda melakukan apa yang Anda bisa untuk mencegah wasir tersebut timbul. Jika Anda terus merasa ada masalah, menemui dan berkonsultasi dengan dokter Anda tentang pilihan Anda. Wasir internal juga bisa dihancurkan oleh skleroterapi injeksi (suntik dengan zat kimia), koagulasi inframerah, atau dengan elektrokoagulasi (membakarnya). Kini hadir Rumah wasir yaitu pusat pengobatan wasir medis modern. Hanya butuh waktu 15 menit wasir akan tuntas sampai ke akar. Cara mengatasi wasir ini disebut BEIM (Biological Electrical Impedence auto Measurement) yang dapat Anda temui di Rumah Wasir. Keunggulan dari cara mengobati wasir dengan metode ini adalah proses yang cepat, yaitu hanya 15 menit. Kemudian, tanpa membutuhkan jahitan, tanpa butuh rawat inap, minim pendarahan, dan biaya yang relatif murah. Rumah Wasir menyediakan layanan konsultasi dan kontrol pasca tindakan secara GRATIS.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang