Artikel


 
 

Alergi Produk Kecantikan


Last Update : 2018-04-09

Alergi Produk Kecantikan

Berbeda dengan dermatitis kontak iritan, dermatitis kontak alergi hanya dapat terjadi pada orang yang alergi atau sensitif terhadap kandungan tertentu di dalam kosmetik. Dampaknya pada kulit dapat berupa kemerahan, pembengkakan, bentol, gatal, atau bahkan kulit melepuh. Reaksi alergi berupa ruam biasanya akan muncul lebih dari 12 jam setelah kontak dengan bahan penyebab alergi (alergen). Daerah yang paling sering menjadi “korban” adalah wajah, bibir, mata, telinga, dan leher.



Penyebab DKA yang paling sering adalah bahan pewangi dan pengawet. Meski banyak produk yang berlabelkan “unscented”, ini tidak berarti produk tersebut pasti bebas pewangi. Pasalnya,  bahan pewangi dapat digunakan untuk menyamarkan bahan-bahan kimia lain yang terkandung di kosmetik. Sedangkan pengawet dapat ditemukan pada hampir semua produk yang mengandung air. Hampir semua pengawet dapat menyebabkan alergi kulit, namun tidak semua orang akan mengalami reaksi ini. Bahkan produk yang bertuliskan “hipoalergenik” pun tetap dapat menyebabkan reaksi alergi pada mereka yang sensitif.



Alergi dapat dideteksi melalui tes kulit



Lalu bagaimana kita dapat memastikan bahwa kemerahan dan gatal pada kulit terjadi akibat iritasi atau alergi terhadap kosmetik? Pada dasarnya, hal ini didasarkan pada riwayat penggunaan dan lokasi terpaparnya kulit dengan produk kosmetik. Namun mengingat sejumlah kosmetik seringkali digunakan secara bersamaan, maka untuk menentukan yang mana yang menjadi ‘tersangka’ akan sedikit sulit. Guna memastikan zat yang menyebabkan alergi, dokter mungkin akan menganjurkan patch test pada kulit.



Patch test dilakukan dengan melekatkan bahan kimia pada permukaan kulit di punggung dan dibiarkan selama 48 jam. Selama itu, sebaiknya hindari olahraga atau aktivitas yang dapat menyebabkan basah atau lepasnya perekat. Setelah dua hari, perekat dilepas dan diperiksa oleh dokter. Dokter yang berpengalaman juga akan dapat membedakan antara reaksi alergi dan iritan pada pembacaan hasil patch test ini.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang