Artikel


 
 

Banyak Minum Cegah Konstipasi


Last Update : 2018-03-13

Banyak Minum Cegah Konstipasi

Jika saat ini Anda mengalami masalah konstipasi kronik, merubah polahidup merupakan cara sederhana yang gampang dilakukan, yaitu dengan banyak minum air, setiap hari. Tubuh yang terhidrasi dengan baik, berdampak positif pada semua organ termasuk di dalamnya sistim pencernaan.



Dalam sistim pencernaan, air membuat makanan bergerak maju kedalam usus dengan lebih baik, hal ini selanjutnya membuat usus halus lebih mudah mencerna makanan dan lebih fleksibel.



Seperti kita ketahui bersama, dehidrasi merupakan penyebab utama dari konstipasi kronik. Makanan yang kita makan akan terus berjalan maju dari lambung menuju usus besar hingga kolon. Jika tubuh anda tidak terhidrasi dengan baik, usus besar mengambil cairan dari sisa makanan anda. Hal inilah yang selanjutnya membuat tinja menjadi keras, dan sulit untuk dikeluarkan dan dalam istilah medis disebut dengan konstipasi atau susah buang air besar.



Penyebab lain dari konstipasi atau sembelit  diantaranya kebiasaan konsumsi makanan yang rendah serat, penggunaan obat-obatan, irritabel bowel syndrome (IBS) serta kehamilan.



Dehidrasi sesungguhnya dapat dengan mudah dicegah, caranya dengan menjaga jumlah cairan dalam tubuh Anda yakni dengan banyak minum air putih. Atau minum banyak cairan saat sedang berolahraga atau saat cuaca panas. Konsumsi cairan yang banyak akan membantu Anda lebih mudah buang air besar, serta menjaga tinja menjadi lebih lunak.



Para ahli dari the Insititute of Medicine’s Food and Nutrition menyarankan setidaknya bagi wanita setiap harinya harus mengkonsumsi 91 ons air, dan pria mendapatkan 125 ons air yang didapat dari minuman atau makanan.



Meski demikian tidak semua cairan baik untuk tubuh. Salah satu jenis cairan yang harus dihindari adalah minuman beralkohol. Ini dikarenakan alkohol bersifat diuretik, yang malah dapat menyebabkan tubuh anda mengalami dehidrasi. Minuman lain seperti kopi, teh dan cola juga bersifat diuretik jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup besar. Ketika kopi, teh dan cola dikonsumsi dalam jumlah yang sedang tidak menimbulkan dehidrasi pada seseorang.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang