Artikel


 
 

Fistula Ani, Lubang Tak Normal di Sekitar Anus


Last Update : 2018-03-06

Fistula Ani, Lubang Tak Normal di Sekitar Anus

Anal fistula atau fistula ani merupakan lubang yang membentang dari dalam anus ke suatu tempat di kulit seseorang. Dengan kata lain lubang ini merupakan lubang yang tidak semestinya ada/ normal. Kondisi ini biasanya disebabkan adanya infeksi yang dalam penyembuhannya tidak berjalan secara normal.



Bagaimana Fistula Ani Terbentuk



Secara anatomi, anus memiliki beberapa kelenjar yang membuat cairan, untuk mempermudah buang air besar. Kelenjar ini terkadang mengalami sumbatan. Saat sumbatan terjadi, hal ini dapat mengakibatkan penumpukan bakteri yang mengakibatkan pembengkakan jaringan, penumpukan abses (nanah) dan cairan lainnya.



Saat abses dibiarkan, tanpa adanya perawatan yang tepat. Penumpukan nanah yang terjadi selanjutnya akan membuat lubang sendiri ke kulit disekitar anus. Dari data yang ada kebanyakan perianal abses akan menimbulkan fistula. Meski demikian fistula juga dapat terbentuk dari kondisi kesehatan lain seperti penyakit tuberkulosis, penyakit menular seksual, atau penyakit lain yang berhubungan dengan sistim pencernaan.



Gejala utama yang mungkin muncul dari fistula ani meliputi; nyeri dengan kemerahan, pembengkakan di sekitar anus. Tanda lain yang juga dapat muncul pada pasien diantaranya perdarahan, nyeri saat buang air besar atau kecil, demam, serta bau yang tidak sedap disekitar anus. Jika Anda memiliki gejala diatas segera hubungi dokter Anda.



Sebagian besar fistula ani dapat terlihat dengan mudah, sebagain lainnya tidak. Dokter dalam melakukan pemeriksaan mungkin akan menempelkan jarinya disekitar anus Anda untuk melihat tanda-tanda keluarnya cairan atau darah disekitar Anus pasien.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang