Artikel


 
 

Penyebab Ambeien


Last Update : 2015-04-16

Penyebab Ambeien

 



Beberapa Penyebab Ambeien



Penyebab ambeien sangat beragam. Penyebab ambeien dapat dibedakan secara umum dan secara khusus. Pengobatan ambeien juga beragam tergantung penyebab ambeien itu sendiri. Mulai dari cara pengobatan ambeien tradisional sampai dengan cara modern (operasi ambeien). Berikut ini akan dijelaskan beberapa penyebab ambeien secara umum dan secara khusus.



Penyebab Ambeien



Secara umum penyebab ambeien sebenarnya sangat beragam. Misalnya karena faktor genetika atau yang lebih dikenal dengan faktor keturunan. Penyakit ambeien atau wasir ini juga dapat diakibatkan oleh terlalu kerasnya ketika mengejan pada saat buang air besar serta dapat dialami oleh ibu hamil. Tetapi umumnya, penyebab ambeien adalah karena mengejan terlalu keras saat buang air besar dan terlalu banyak duduk atau berdiri, juga lebih rawan terjadi pada wanita dari pada pria. Itu disebabkan karena wanita lebih sering mengalami pelebaran pembuluh balik atau pembuluh vena seperti ketika sedang menstruasi atau hamil.

Penyakit wasir adalah penyakit atau gangguan pada anus pada bibir anus atau disebut juga dengan sphinchter ani. Dalam hal ini anus akan mengalami pembengkakan yang kadang-kadang disertai dengan pendarahan. Dalam beberapa kasus, wasir atau ambeien disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan gerakan pada olahraga tertentu misalnya pada olahraga angkat beban atau olahraga pernafasan, serta terlalu lama duduk atau berdiri.



Penyebab Ambeien Secara Umum



Secara Umum Penyebab Ambeien adalah sebagai berikut:

1.Faktor keturunan.

2.Kehamilan karena perubahan hormonal.

3.Penyakit yang membuat penderita sering mengejan, misalnya: pembesaran prostat jinak ataupun kenker prostat, penyempitan saluran kemih, dan sering melahirkan anak.

4.Obstipasi (konstipasi/sembelit) yang menahun.

5.Penekanan kembali aliran darah vena, seperti pada kanker dubur, radang dubur, penyempitan dubur, kenaikan tekanan pembuluh darah porta (di dalam rongga perut), sakit lever jenis sirosis (mengkerut), lemah jantung, dan limpa bengkak.

6.Peregangan. Ini misalnya terjadi pada seseorang yang suka melakukan hubungan seksual yang tidak lazim yaitu anogenital.

7.Mengalami diare menahun.

8.Terlalu banyak duduk.



Gejala Ambeien Lebih Lanjut



Apabila penyakit ambeien yang Anda derita dibiarkan terus berlanjut, maka penyakit ini terus akan berdampak lebih buruk lagi. Ambeien lama kelamaan bisa mengeluarkan darah, terutama ketika buang air besar. Dalam feses akan bercampur dengan darah atau terdapat bercak darah. Lama kelamaan ambeien dapat menyebabkan penderitanya mengalami kekurangan darah berat atau anemia. Ambeien dapat membengkak dan menjadi nyeri bila permukaannya terkena gesekan atau jika di dalamnya terbentuknya pembekuan darah sehingga timbul penyakit wasir. Ambeien yang menonjol keluar mungkin harus dimasukkan kembali dengan tangan perlahan-lahan atau bisa juga masuk dengan sendirinya.



Jenis Penyakit Ambeien



Penyakit wasir atau ambeien dapat dikenal menjadi dua jenis, yaitu wasir eksternal dan wasir internal. Untuk wasir eksternal yaitu menyerang anus sehingga menimbulkan rasa sakit, perih, dan gatal. Jika terdorong keluar oleh feses, ambeien ini dapat mengakibatkan penggumpalan (trombosis), yang menjadikan ambeien berwarna biru-ungu. Sedangkan Wasir internal yaitu terjadinya pembengkakan dalam rektum sehingga tidak bisa dilihat atau diraba. Pembengkakan jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit karena hanya ada sedikit syaraf di daerah rektum. Tanda yang dapat diketahui adalah pendarahan saat buang air besar. Masalahnya jadi tidak sederhana lagi, bila wasir internal ini membesar dan keluar ke bibir anus yang menyebabkan kesakitan. Ambeien yang terlihat berwarna pink ini setelah sembuh dapat masuk sendiri, tetapi bisa juga didorong masuk.



Pengobatan Ambeien



Pengobatan ambeien dapat dilakukan di Rumah wasir. Rumah Wasir menggunakan metode pengobatan terbaru dengan konsep BEIM. Keuntungan yang didapat dari metode ini adalah proses pengerjaan yang cepat, minim rasa sakit, minim pendarahan, tanpa ada jahitan, tanpa perlu melakukan rawat inap dan biaya yang relatif murah. Pengobatan ambeien dengan BEIM di Rumah Wasir ini dapat diberikan kepada penderita wasir luar maupun wasir dalam.



Penyebab Ambeien Pada Ibu Hamil



Ambeien pada ibu hamil merupakan hal yang sering terjadi bersamaan dengan proses dan pertumbuhan janin. Adapun penyebab utama dari munculnya ambeien pada wanita hamil dikarenakan perubahan hormon secara drastis yakni hormon estrogen. Sehingga menyebabkan lambatnya gerak sistem pencernaan, maka dari itu tak heran bila pada ibu hamil sering mengalami gangguan sembelit. Gangguan sembelit yang berkepanjangan dapat menyebabkan luka di pembuluh darah balik vena hemoroid yang mana luka ini akan menjadi awal dari terjadinya penyakit ambeien bila dibiarkan secara berlarut-larut. Adapun penyebab lain dari penyakit ambeien pada ibu hamil adalah pertumbuhan janin pada ibu hamil akan berdampak pada tekanan yang menuju daerah rektum. Ini seperti orang yang terlalu banyak duduk sehingga darah akan turun menuju saluran anus dan beresiko pada membengkaknya jaringan hemoroid di saluran anus. Untuk ibu hamil sangat disarankan sekali untuk sering mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat untuk mencegah dari terjadinya sembelit dan luka pada pembuluh darah balik vena hemoroid.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang