Artikel


 
 

Shaken Baby Syndrome Sering Tidak Terdiagnosis


Last Update : 2018-02-26

Shaken Baby Syndrome Sering Tidak Terdiagnosis

Pada kasus yang ringan, shaken baby syndrome dapat tidak menunjukkan gejala. Namun dampaknya seringkali baru terlihat saat ia mulai bersekolah seperti gangguan belajar, keterlambatan bicara, sampai cacat mental dapat terlihat di kemudian hari.



Sering Tidak Terdiagnosis



Entah karena ketidak tahuan atau disembunyikan, banyak bayi yang terlambat atau tidak terdiagnosis karena informasi yang kurang lengkap dari orang tua saat ia dibawa ke dokter. Gejala ringan seperti muntah, lemas atau tidak mau minum susu dapat disalah artikan oleh dokter sebagai infeksi virus atau kolik. Bahkan bayi yang tidak mengalami cedera berat seringkali tidak dibawa ke dokter karena gejala hilang dengan sendirinya. Akibatnya, dapat terjadi cedera berulang yang lebih berat lagi.



Jika dicurigai adanya shaken baby syndrome, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan seperti CT-Scan atau MRI untuk memastikan ada tidaknya cedera di otak, rontgen tulang tangan, kaki, rusuk, tengkorak, dan tulang belakang, pemeriksaan mata, dan pemeriksaan darah untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab lain.



Terus Awasi Tumbuh Kembangnya



Bayi dengan shaken baby syndrome seringkali memerlukan perawatan di Neonatal Intensive Care Unit (NICU). Perawatan dilakukan sesuai dengan kondisi bayi, misalnya bantuan napas atau operasi untuk mengatasi perdarahan otak. Meski demikian, yang harus diperhatikan juga adalah perkembangan bayi di masa yang akan datang.



Anak yang menjadi buta, tidak dapat belajar dengan mangamati lingkungan sehingga mempengaruhi kemampuan belajarnya secara keseluruhan. Selain itu, dapat terjadi keterlambatan bicara, gangguan keseimbangan dan koordinasi motorik. Untuk itu, anak mungkin memerlukan terapi fisik dan okupasi agar anak dapat beraktivitas degan lancar. Misalnya agar anak bisa mengenakan bajunya sendiri atau terapi wicara.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang