Artikel


 
 

10 Tanda Penyakit Alzheimer


Last Update : 2017-11-07

10 Tanda Penyakit Alzheimer

Secara mikroskopis, ada 3 hal yang menjadi tanda khas terjadinya Alzheimer, yaitu penumpukan plak amiloid (sejenis protein abnormal yang menumpuk di antara sel saraf), neurofibrillary tangles (terbentuk dari sel-sel saraf yang mati), dan kematian sel saraf dan terputusnya hubungan antar sel saraf.



Kematian sel saraf mengakibatkan menyusutnya otak, terutama di hipokampus, sehingga rongga di dalam otak terlihat lebih besar. Lama kelamaan, kematian sel otak akan menjalar ke bagian otak lain, menimbulkan gejala baru yang lebih berat dan akhirnya berujung kematian.



10 Tanda Alzheimer




  1. Hilangnya ingatan yang mengganggu kehidupan sehari-hari. Penderita melupakan tanggal dan kejadian penting, menanyakan hal yang sama berulang-ulang, lebih sering menggunakan alat bantu seperti notes atau reminder dibanding sebelumnya. Berbeda dengan lupa akibat usia, biasanya lupa akan nama atau janji, namun dapat mengingatnya kemudian.

  2. Kesulitan dalam membuat perencanaan atau menyelesaikan suatu masalah. Penderita kerap mengalami kesulitan dalam berhitung sederhana, atau memasak, sulit berkonsentrasi dan memerlukan waktu lebih lama dibanding biasanya. Berbeda dengan penuaan yang menyebabkan kesalahan biasa dalam menghitung.

  3. Kesulitan dalam menyelesaikan tugas atau kegiatan sehari-hari. Bingung saat menyetir ke tempat kerja atau belanja, lupa cara memainkan permainan yang disukainya.

  4. Tidak mengenali tempat dan waktu. Lupa ia sedang berada di mana dan bagaimana bisa berada di tempat tersebut, bingung akan pagi, siang dan malam.

  5. Kesulitan dalam memahami gambar dan ruang. Sulit menentukan jarak antar benda, menentukan warna, dll.

  6. Kesulitan dalam berbicara atau menulis. Sulit mengikuti pembicaraan, bingung bagaimana meneruskan pembicaraan atau bicara berulang-ulang. Kadang salah menyebutkan benda atau nama.

  7. Salah meletakkan benda dan bingung mencarinya kembali. Sering meletakkan benda di tempat yang bukan biasanya dan mungkin menuduh orang lain yang mencurinya.

  8. Menurunnya kemampuan menilai. Sulit melakukan penilaian atau membuat keputusan, memberikan uang banyak pada orang yang tidak dikenal, sulit berkonsentrasi dan menjaga kebersihan diri

  9. Menarik diri dari pekerjaan atau kegiatan sosial. Tidak mau lagi bekerja, berolahraga, atau melakukan hobinya.

  10. Perubahan mood dan kepribadian. Sering bingung, merasa curiga, depresi, takut atau gelisah. Sering marah-marah di rumah, di tempat kerja. Marah dengan temannya atau jika berada di tempat di luar zona nyamannya.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang