Artikel


 
 

5 MANFAAT STRES BAGI TUBUH


Last Update : 2017-06-09


            Stres timbul karena setiap masalah yang mengemban dalam pikiran seseorang. Umumnya, stres selalu menimbulkan hal-hal negatif bagi tubuh. Tapi tahukah kamu, jika stres bisa membawa manfaat bagi tubuh lho. Menurut pakar kesehatan Donald Tubesing, selama stres ini masih dapat terkontrol, manfaat itu dapat kita rasakan. Kondisi stres seperti ini disebut juga dengan ‘eustress’.



Berbeda dengan stres, eustress meningkatkan rasa untuk mendorong diri mencapai sesuatu yang lebih tinggi. Lalu, apa saja manfaat stres bagi tubuh?




  • Meningkatkan kemampuan otak



Otak terdiri dari bagian otak kakan, otak kiri dan otak tengah. Setiap otak memiliki kapasitas dan fungsi masing-masing. Eustress ini dapat meningkatkan kemampuan otak seperti, daya ingat, kecerdasan, dan banyak lainnya. Ini terjadi karena naiknya aliran hormon ke korteks prefrontal, wilayah otak yang penting untuk mengendalikan kognisi dan emosi sehingga meningkatkan kerja daya ingat.



 




  • Meningkatkan imun



Dengan meningkatnya sistem imun, tubuh menjadi lebih kebal terhadap jenis penyakit. “Menghadapi tantangan dapat menguatkan tubuh dan membuat orang lebih siap menghadapi tantangan berikutnya,” kata Mark Seery, PhD, sang peneliti yang merupakan asisten profesor psikologi di University of Buffalo.



 




  • Membuat tubuh lebih kuat



Manfaat lain dari eustress, membuat tubuh menjadi lebih kuat. Buat yang lemah, sepertinya eustress cocok untuk membuat tubuh lebih kuat.



Menurut dokter Teitelbaum, situasi tertekan membantu pelepasan kortisol, zat anti-inflamasi yang berfungsi menanggapi stres fisik ataupun emosi sehingga tubuh dapat memanfaatkan cadangan energi dan melawan infeksi. Namun tingkat stres yang tinggi selama lebih dari beberapa jam dapat dapat melelahkan kelenjar adrenalin sehingga rentan terhadap sakit.



 




  • Meningkatkan kreativitas



Imajinasi banyak di dalam isi kepala, akhirnya kreativitas banyak tersalurkan untuk bisa di eksplore. Tingkatan stres membuat seseorang ingin banyak melakukan sesuatu untuk melontarkan semuanya apa yang sedang dirasakan.



 




  • Memotivasi diri lebih sukses



Selain 4 manfaat di atas, hal lain dari eustress ialah semangat yang membara untuk bisa memotivasi diri lebih sukses. Suksesnya di sini diartikan seperti, mencapai apa yang diinginkan selama ini yang belum tercapai.



 




  • Bisa membuat vaksin jadi lebih manjur



Peneliti mempelajari tikus yang stres karena akan diberi imunisasi. Ternyata tikus tersebut memiliki jumlah sel T pelawan patogen yang lebih banyak dan memiliki respon imun 9 bulan lebih lama dibanding kelompok tikus yang tidak stres.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang