Artikel


 
 

PENGOBATAN VARISES


Last Update : 2017-02-16

PENGOBATAN VARISES

            Masyarakat Indonesia sering merasakan pegal-pegal pada bagian kaki karena beraktifitas sepanjang hari. Pegal-pegal yang dirasakan seperti panas dan nyeri dibagian kaki. Hal ini umum dirasakan bagi penderita varises.



            Varises sendiri merupakan pembengkakan dan pelebaran pada pembuluh darah yang terjadi dibagian kaki bawah. Penderita yang mengalaminya, akan menunjukan adanya tanda benjolan dibagian bawah berwarna biru atau keunguan. Bentuknya seperti tali pilin atau simpul yang menonjol pada permukaan kulit.



            Selain itu, gejala lain yang dapat dirasakan ialah kaki terasa berat, bengkak pada bagian bawah kaki hingga nampak pada bagian mata kaki, rasa tidak nyaman, perubahan warna kulit menjadi lebih kering, dan kram pada otot kaki.



            Varises lebih banyak dialami pada perempuan dibanding laki-laki. Ada beberapa faktor lain, yang dapat memicu terjadinya varises, diantaranya obesitas, kehamilan, dan lanjut usia.



 



GEJALA VARISES




  • Berdiri Terlalu Lama



Berdiri terlalu lama menyebabkan sulitnya darah di vena mengalir ke arah jantung.




  • Umur



Semakin tua umur seseorang, semakin berkurangnya fungsi keelastistas vena. Hal ini menyebabkan semakin lemahnya fungsi vena yang dapat dengan mudahnya melawan arus dan mengendap dalam pembuluh darah vena.




  • Kehamilan



Kehamilan seorang ibu, pada setiap harinya berkembang maka akan semakin membesar kandungannya itu dapat menyebabkan penekanan dibagian pembuluh darah vena. Meningkatnya hormon kehamilan juga membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks dan melemahnya vena sehingga berkurangnya fungsi katup yang dapat terbentuknya varises.




  • Faktor keturunan



Faktor keturunan juga dapat memicu seseorang memiliki riwayat terkenanya varises. Jika salah satu anggota keluarga memiliki varises, tidak menutup kemungkinan kamu juga dapat terkena varises.




  • Obesitas



Obesitas atau kelebihan berat badan juga dapat terbentuknya varises. Mengapa demikian? Karena seseorang yang obesitas, memiliki tumpuan pada kaki yang lebih banyak untuk menopong badannya sendiri.




  • Masalah Kesehatan Lainnya



Misalnya cacat pembuluh darah, pembengkakan atau tumor di dalam rongga pinggul, dan penyakit-penyakit yang membuat darah menggumpal.



 



PENGOBATAN VARISES




  • Injeksi Skleroterapi



Pengobatan berupa tindakan yang menyuntikan cairan khusus pada bagian pembuluh darah vena dengan tujuan untuk membuat luka baru agar dapat menutup saluran darah tersebut.




  • Radiofrekuensi



Radiofrekuensi ini menggunakan metode yang seperti membakar dinding menggunakan energi radiofrekuensi. Fungsi dari membakar dinding akan meruntuhkan dinding vena dan menutup saluran tersebut.




  • Laser



Metode pengobatan laser sama seperti radiofrekuensi, dengan cara menembakan sinar laser ke arah dinding vena atau varises. Penembakan laser ini bertujuan untuk menutup pembuluh vena yang mengalami varises.




  • Bedah Terbuka



Ini merupakan prosedur pengangkatan pembuluh vena yang terkena varises melalui irisan yang dibuat pada permukaan kulit.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang