Artikel


 
 

PITYRIASIS ROSEA YANG MENGGANGGU


Last Update : 2017-02-14

PITYRIASIS ROSEA YANG MENGGANGGU

             Kulit yang mulus impian semua orang. Tetapi apa jadinya bila kulit mulusmu terjangkit virus pityriasis rosea? Apa itu virus pityriasis rosea? Bagaimana virus ini menyebar? Apakah sangat berbahaya bagi si penderitnya? Berikut ini kita akan ulas penjelasannya.



            Virus pityriasis rosea adalah sejenis penyakit yang terjadi di kulit yang biasanya timbul seperti ruam. Ruam yang timbul umumnya berwarna merah muda ataupun merah. Bentuk yang timbul pun bermacam-macam, seperti bekas luka, benjolan merah seperti bekas tambalan.



            Penderita yang mengalami penyakit ini termasuk kategori aman, karena penyakit ini tidak berbahaya dan tidak menyebar. Hanya saja dampak yang ditimbulkan berupa rasa gatal yang sangat mengganggu bagi si penderita. Rasa gatal akan berlangsung selama dua minggu atau bahakan dapat lebih dari kurun waktu tersebut.



            Penderita akan mengalami gangguan rasa gatal yang tumbuh pada area tubuh, diantaranya bagian punggung, dada dan bahkan bagian perut. Tanpa perawat intensif dari medis pun, penyakit ini akan hilang dengan sendirinya. Lamanya proses penyembuhan memakan waktu sekitar tiga bulanan atau lebih.



            Penyebab adanya penyakit ini belum dapat dideteksi apa penyebabnya. Tapi virus ini termasuk dari golongan virus herpes yang digadang-gadang menjadi penyebabnya. Penderita akan mengalami tiga tahapan, diantaranya:




  • Tahapan pertama



Pada gejala awal, penderita akan mengalami bercak merah dan keadaan tubuh berasa tidak nyaman selama beberapa hingga berminggu-minggu. Sebagian besar yang menderita penyakit ini ialah orang yang berusia 1 hingga 35 tahun.



 




  • Tahapan kedua



Penderita akan mnegalami demam tinggi, hilangnya nafsu makan, rasa nyeri pada bagian persendian, sakit kepala dan juga timbulnya gangguan pencernaan. Bercak merah akan timbul berbentuk oval dan akan menjamur menyebar ke leher, punggung dada, lalu membentuk pola seperti pohon pinus.




  • Tahapan ketiga



Lamanya periode akan berlangsung selama 3 bulan hingga 5 bulan lamanya. Kondisi seperti ini akan berbekas, menjadi lebih hitam dibanding bagian kulit lainnya. Pityriasis rosea berbeda-beda pada masing-masing pasien. Bila kondisi ini terjadi pada bayi, bentuk penyakit ini mungkin bisa menyerupai kulit yang melepuh. Sementara bila terjadi pada ibu hamil atau seseorang yang memiliki kulit gelpa, maka bentukan dari penyakit yang satu ini bisa berupa ruam yang bulat dan terlihat lebih menonjol.



Jangan sesekali menunda atau mengabaikan kondisi ini. Beberapa kemungkinan penyakit lain mungkin saja mengintai kesehatan anda. Dengan demikian, sebaiknya konsultasikan kondisi ini dengan segera pada dokter.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang