Artikel


 
 

KEBUGARAN DI BALIK SENAM ZUMBA


Last Update : 2017-02-14

KEBUGARAN DI BALIK SENAM ZUMBA

            Kebugaran sangat diperlukan bagi setiap tubuh. Tubuh yang letih karena beraktifitas sepanjang waktu, memberikan tanda sinyal bahwa tubuh juga butuh untuk beraktifitas. Tapi, hanya dengan istirahat bukan merupakan solusi yang tepat untuk dapat menyembuhkan rasa letih tersebut.



            Saat ini, untuk menyegarkan tubuh pun banyak ragamnya. Setiap manusia berlomba-lomba untuk berolahraga sesuai keinginannya. Paling umum yang diketahui setiap orang tidak lain adalah gym, tempat pusat berolahraga dengan banyak macam pilihan alat olahraga.



            Selain gym, ada juga senam. Olahraga yang hanya membutuhkan musik serta gerakan yang simple pun bisa jadi alternatif lain untuk menyegarkan tubuh. Senam yang umumnya diketahui banyak orang hanya, berupa senam aerobik, senam kesehatan jasmani (SKJ), dll.



            Tapi pernahkah kamu mendengar mengenai senam zumba? Ataukah ini pertama kalinya kamu baru mengetahui tentang senam zumba? Baiklah, kali ini kita akan membahas mengenai senam zumba.



            Awalnya senam zumba ini dibuat secara tidak sengaja ketika Alberto Perez yang terkenal sebagai instruktur aerobik lupa membawa musik yang biasa ia gunakan untuk senam. Akhirnya, ia mengganti musiknya dengan musik yang lain. Alhasil, banyak yang menyukai dengan musik yang baru.



            Senam zumba ini sudah mendunia dan sudah dipraktikan dari berbagai berlahan sekitar 40 negara. Gerakan zumba dirancang untuk dilakukan berulang kali dengan menggerakan sebagian otot besar tubuh agar memperlancar peredaran darah dan oksigen ke dalam tubuh serta meningkatkan detak jantung.



            Apakah hanya itu saja manfaat yang didapatkan dari senam zumba? Tentu saja tidak. Berikut ini beberapa manfaat, diantaranya:




  • Kalori



Semakin sering kamu melakukan senam zumba, semakin banyak kalori yang terbakar dalam tubuhmu. Lakukan senam zumba selama 60 menit setiap harinya akan membakar sekitar 450 kalori.




  • Gerakan



Perpaduan gerakan antara hip hop, cha-cha, salsa, hingga tari perut dapat membentuk tubuh menjadi lebih ideal.




  • Pikiran



Gerakan zumba yang sangat banyak membuat para peserta harus menghafal gerakan agar lebih mudah untuk melakukannya. Dengan menghafal dari satu gerakan ke gerakan lain, membuat pikiran menjadi lebih tajam.




  • Meningkatkan koordinasi antara anggota tubuh

  • Meningkatkan stamina tubuh

  • Massa otot dan kepadatan tulang



Gerakan zumba berkonsenttrasi pada bagian-bagian tertentu untuk ketahanan tulang belakang, seperti otot punggung, bokong, perut dan kaki bagian atas. Gerakan ini meningkatkan massa otot dan kepadatan tulang .




  • Menurunkan tekanan darah dan lemak tubuh

  • Membuat percaya diri, senang hati, dan riang gembira

  • Sering bersosialisasi dan bertemu teman baru karena senam zumba dilakukan secara bersama-sama



Gerakan-gerakan zumba dirancang sedemikian rupa agar mudah dipraktikan dari berbagai macam kalangan, usia, tingkat kebugaran dan kemampuan. Senam zumba dapat menjadi pilahan bagi kamu yang tidak ingin berolahraga sendirian dan terlalu serius.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang