Artikel


 
 

BAHAYA WASIR BAGI IBU HAMIL


Last Update : 2017-02-09

BAHAYA WASIR BAGI IBU HAMIL

Hal-hal sepele yang terjadi dalam keseharian akan menjadi pusat perhatian yang sangat penting ketika dialami oleh ibu hamil. Seperti misalnya, wasir secara kasat mata bagi sebagian orang bukanlah hal yang penting. Tapi apa jadinya bila wasir yang dialami oleh ibu hamil? Wasir akan tumbuh pada ibu hamil ketika telah memasuki bulan ketujuh hingga memasuki proses persalinan. Wasir inilah yang mengganggu ibu hamil. Namun, apakah akan sebahaya itu bagi ibu hamil?



Wasir adalah terjadinya pembengkakan pembuluh darah yang berada di ssaluran area anus atau rectrum. Pertumbuhan wasir ini bisa berupa benjolan sebesar biji jagung bahkah seukuran jari, dapat juga keluar seperti selembaran atau bahkan hanya merasakan rasa sakit dan perih dibagian dalam anus.



            Penjelasan mengenai proses terjadinya wasir pada ibu hami, sebagai berikut:




  • Pembuluh darah yang ada dibagian bawah panggul serta bagian kanan sena cava inferior, terus membesar karena terjadinya penekanan akibat pertumbuhan janin yang semakin membesar.

  • Memperlambat sirkulasi darah di bawah tubuh

  • Meningkatnya pembuluh darah dibagian rahim, dan akibatnya pembuluh darah di bagian rectrum menjadi bengkak



Bukan hanya karena itu, wasir juga dapat disebabkan kenaikan berat badan yang secara drastis terutama dibagian bawah perut yang semakin membesar dalam waktu yang relaltif cepat dalam memasuki bulan ketujuh masa kehamilan. Duduk ataupun berdiri terlalu lama dapat menyebabkan wasir selama masa kehamilan.



Ketika ibu hamil menderita wasir, sudah dipastikan tidak dapat melakukan proses secara normal. Mengapa? Karena ketika ibu hamil mengedan saat proses persalinan, wasir yang diderita akan semakin parah dan semakin sulit untuk disembuhkan. Rasa sakit saat proses persalinan ditambah dengan rasa sakit saat terjadi pengangkatan wasir pun dirasa tidak dapat ditahan bagi ibu hamil rasakan. Alternatif lain yang dapat dilakukan, yaitu dengan melakukan proses persalinan secara cesar. Untuk menghindari rasa sakit yang berlipat bagi ibu hamil.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang