Artikel


 
 

Aneka Pilihan Untuk Infused Water


Last Update : 2016-12-12

Aneka Pilihan Untuk Infused Water

Kesehatan saat ini menjadi pusat jutaan pasang mata. Banyak masyarakat yang mencoba meminum minuman kesehatan untuk mendapatkan kesehatan secara instan. Tapi kini ada minuman yang sedang merebak di luar negeri hingga merambah kepopulerannya di Indonesia. Infused Water atau spa water dalam bahasa Indonesia berarti air infus. Minuman yang terbuat dari beberapa potongan buah yang dicampur dengan air mineral. Minuman kesehatan ini bernama Infused Water. Potongan buah dan air dicampur lalu diaduk, memberikan sensasi rasa air berasa buah dan bermanfaat bagi kesehatan. Potongan buah yang dicampur dengan air hanya bisa bertahan beberapa jam saja untuk mendapatkan sari buahnya. Karena jika terlalu lama akan berubah rasanya.



Keunggulan Dari Infused Water:




  • Bahan mudah diperoleh

  • Bisa dibuat oleh siapa saja

  • Membantu mengeluarkan detoks dalam tubuh

  • Bisa menyesuaikan rasa sesuai yang diinginkan

  • Membantu mengendalikan berat badan



Usahakan memilih buah yang memiliki rasa asam atau netral, karena kalau memiliki rasa manis akan menimbulkan rasa bosan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Buah yang dapat dijadikan insfused water, antara lain:




  • Anggur



Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung.




  • Lemon



Sitrun, jeruk sitrun, atau limun adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia.




  • Apel



Buah apel yang kaya manfaat karena didukung oleh kandungan dan unsur vitamin, mineral serta unsur lainnya seperti fitokimian, serat, tanin, baron, asam tartar dan kandungan lainnya menjadikan apel menjadi buah yang didamba dan memiliki fungsi sebagai buah yang memiliki cukup banyak manfaat yang tidak hanya sebagai buah biasa, namun sebagai obat pun apael memiliki peranan yang besar. Unsur dan zat-zat penting yang terkandung dalam buah apel inilah yang sangat diperlukan bagi tubuh untuk membantu menjaga diri kita dan kesehatan serta upaya pencegahan dari berbagai serangan penyakit.




  • Belimbing



Buah yang dikenal banyak mengandung vitamin C ini juga bermanfaat sebagai antioksidan, anti inflamasi, analgesik, dan diuretik, sehingga baik untuk penyembuahan batuk, luka terinfeksi, sakit tenggorokam, demam, masalah diabetes, dan kolestrol. Kandungan vitamin C yang tinggi juga baik dimakan penderita kanker. Secara tradisional, akar belimbing juga digunakan untuk menyembuhkan sakit kepala dan nyeri sendi. Sedangkan daunnya bisa digunakan untuk mengobati sakit maag, radang kulit bernanah dan bisul.




  • Buah naga



Gizi yang terkandung dalam buah naga adalah fosfor, kalsium, karbohidrat, protein dan mineral. Buah ini juga banyak mengandung vitamin seperti vitamin c, vitamin b1, vitamin b2 dan vitamin b12.




  • Jeruk nipis



Kandungan kimia utama Jeruk nipis adalah Synephrine, yaitu  senyawa aktif yang paling banyak ditemukan dalam buah dari tanaman yang disebut Citrus aurantium ini. Synephrine secara kimiawi sangat mirip dengan efedrin dan pseudo-efedrin ditemukan di banyak obat tumor,  suplemen penurunan berat badan dan berbagai suplemen energi.




  • Kiwi



Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Zespri Health Scinece Research menyatakan buah ini kaya vitamin C. Bahkan, vitamin C yang berasal dari buah kiwi lebih banyak dari jeruk yang digadang-gadang sebagai sumber vitamin C terpopuler. Tak hanya itu, vitamin C yang berasal dari kiwi juga bersifat sebagai antioksidan dan mampu membantu mencegah kerusakan sel akibat proses oksidasi.




  • Nanas



Selain itu juga mengandung vitamin B, berbagai mineral seperti mangan, dan serat. Buah nanas adalah satu-satunya sumber bromelain, yaitu enzim proteolitik yang banyak digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.




  • Mangga



Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica. Nilai Kandungan gizi Mangga per 100 g (3.5 oz, Energi 272 kJ (65 kcal), Karbohidrat 17,00 g, Gula 14,8 g, Diet serat 1,8 g, Lemak 0,27 g, Protein 0,51 g, Vitamin A equiv. 38 mg (4%), Beta-karoten 445 mg (4%), Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%), Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%), Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%), Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%), Vitamin B6 0,134 mg (10%), Folat (Vit. B9) 14 mg (4%), Vitamin C 27,7 mg (46%), Kalsium 10 mg (1%), Besi 0,13 mg (1%), Magnesium 9 mg (2%), Fosfor 11 mg (2%), Kalium 156 mg (3%), Seng 0,04 mg (0%). Persentase yang relatif ke US rekomendasi untuk orang dewasa.




  • Mentimun



Salah satu manfaat mentimun adalah sebagai makanan untuk melepas dahaga, yaitu nikmat dimakan saat cuaca dalam keadaan terik. Mentimun yang renyah ini mengandung banyak air dan elektrolit, baik untuk mengganti cairan tubuh akibat dehidrasi. Mentimun adalah salah satu sayuran yang sangat rendah kalori, yaitu  hanya 15 kalori per 100 g,  dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Mentimun adalah sumber serat makanan yang dapat membantu mengurangi sembelit, dan dapat memberikan beberapa perlindungan terhadap kanker usus, yaitu dengan menghilangkan senyawa beracun dari usus. Mentimun juga sumber kalium yang sangat baik , dan elektrolit penting. 100 g mentimun mengandung 147 mg kalium,  tetapi hanya 2 mg sodium. Kalium adalah penghasil elektrolit yang baik bagi hati, dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengatur irama detak jantung dengan melawan efek buruk dari natrium.




  • Jeruk



Jeruk adalah salah satu tanaman buah-buahan yang penyebarannya meluas hampir disetiap wilayah di dunia ini. Rasa asam manis serta menyegarkan membuat tanaman ini banyak dikembangkan dan dikonsumsi buahnya oleh masyarakat dunia. Kandungan vitamin C tinggi dlm buah jeruk, bermanfaat untuk meningkatkan system kekebalan tubuh, mencegah tubuh dari serangan penyakit flu, mencegah infeksi pada telinga, dapat membantu mengusir radikal bebas yang dapat merusak DNA sehingga resiko kanker usus pada tubuh bisa dihindarkan. Antioksidan pada buah jeruk berfungsi untuk melindungi kulit dari radial bebas sebagai penyebab rusaknya kulit. Kandungan vitamin B6 dalam buah berfungsi untuk menstabilkan tekanan darah dan mendukung hemoglobin dlm tubuh. Kandugan seratnya dapat mencegah diabetes, serta dapat menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.



Itulah beragam buah-buahan yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk membuat infushed water. Semoga makin menyehatkan yaa.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang