Artikel


 
 

Ciri Khas Tentang Ambeien


Last Update : 2016-11-14

Ciri Khas Tentang Ambeien

Penyakit wasir bisa datang pada siapa pun. Tak terkecuali dengan golongan lanjut usia. Bahkan usia muda pun juga rentan terserang penyakit ini. Namun, semua itu bisa dihindari apabila dari pola perilaku dan kebiasaan sehari-hari dalam setiap menjaga tubuh masing-masing.



Lantas, bagaimanakah cara mencegah dan mengatasinya?



Jenis Penyakit Ambeien atau Wasir



Ambeien atau wasir memiliki dua macam, yaitu wasir dalam dan wasir luar. Pada wasir dalam terdapat pembuluh darah pada anus yang ditutupi oleh selaput lendir yang basah. Gejala wasir dalam adalah terdapat darah yang keluar dari anus pada saat buang air besar (BAB). Jika sudah parah, biasanya akan muncul benjolan dibibir anus yang akan terus membesar sebesar bola tenis. Sehingga harus dilakukan operasi untuk membuangnya. Wasir luar merupakan varises di bawah otot yang umumnya berhubungan dengan kulit. Biasanya, wasir ini terlihat sebagai benjolan bengkak berwarna kebiruan pada pinggir anus yang akan menyebabkan rasa sakit dan gatal.



Ciri Khas Penyakit Ambeien atau Wasir



Sebelum terlanjur parah, sebaiknya kenali penyakit wasir pada awal mulanya sehingga bisa diobati sedini mungkin. Biasanya, penderita akan mengalami pendarahan di anus dengan warna darah segar merah muda, yang menetes atau terus mengalir lewat lubang anus. Penderita juga akan merasakan adanya ganjalan pada anus ketika BAB sehingga akan mengejan atau ngeden. Hal ini akan memperparah wasirnya. Selain itu, anus akan terasa gatal akibat virus dan bakteri yang akan menyebabkan infeksi.



Pencegahan dan Pengobatan




  • Jalankan pola hidup sehat



Pola hidup sehat apabila dilakukan sejak dini, maka manfaat yang dirasakan akan berdampak pada masa depan kesehatan diri sendiri.




  • Olahraga secara teratur



Olahraga minimal 30 menit berjalan kaki setiap hari, selain menyegarkan tubuh juga memperpanjang hidup dan banyak manfaat lainnya.




  • Konsumsi makanan berserat



Makanan berserat juga harus diimbangi dengan olahraga secara teratur agar memperlancar buang air besar (BAB).




  • Hindari terlalu banyak duduk atau jongkok di WC atau toilet



Terlalu banyak duduk atau jongkok akan menyebabkan menumpuknya beban dibagian otot bawah yang akan menjadikan pembuluh darah vena melebar.




  • Jangan merokok, mengonsumsi minuman keras, narkoba, dan lainnya



Karena hal tersebut selain tidak sehat, juga menimbulkan kerusakan pada organ tubuh.




  • Jangan melakukan aktivitas hubungan seks yang tidak wajar



Hubungan seks umumnya melalui organ intim wanita dan pria. Namun, yang tidak wajar ini melakukan melalui anus. Ini juga menyebabkan wasir terjadi.




  • Minum air yang cukup



Kekurangan cairan dalam tubuh akan menyebabkan dehidrasi yang berdampak pada sistem kerja organ tubuh.




  • Jangan menahan buang air kecil atau buang air besar (BAB)



Terlalu sering atau terlalu lama menahan buang air kecil dan besar berdampak pada kesehatan. Dari hal berdampaknya pada ginjal hingga menyebabkan kematian.




  • Jangan menggosok atau menggaruk anus berlebihan



Menggaruk anus secara berlebihan akan semakin memperburuk rasa gatal di anus. Karena gatal di anus ini disebabkan oleh bakteri. Ada baiknnya konsultaskan lebih dulu dengan dokter.




  • Jangan mengejan (ngeden) berlebihan



Mengejan berlebihan akan memperburuk pembuluh darah di area anus.




  • Jika tidak ingin BAB, jangan dipaksakan



Apabila tubuh belum memberikan sinyal untuk melakukan buang air besar, maka jangan dipaksakan untuk melakukan BAB. Karena apabila melakukan mengejan secara sengaja dan berlebihan, akan memperburuk keadaan.




  • Duduk berendam pada air hangat



Manfaat yang dirasakan ialah untuk mengurangi pembengkakan pembuluh darah




  • Minum obat sesuai anjuran dokter



Minum obat untuk memulihkan kesehatan






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang