Artikel


 
 

Olahraga Yang Tepat Bagi Penderita Ambeien


Last Update : 2016-11-10

Olahraga Yang Tepat Bagi Penderita Ambeien

Setiap penyakit terkadang tidak bisa dihindari begitu saja. Tapi ada beberapa hal yang bisa kita cegah agar tidak memperparah penyakit tersebut. Ada berbagai upaya khususnya yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit ambeien. Salah satunya dengan olahraga. Olahraga yang salah malah akan menyebabkan timbulnya penyakit ambeien. Lantas, olahraga seperti apakah yang tepat untuk menghindari penyakit ambeien ini?



Dikutip dari berbagai sumber yang sudah dirangkum, olahraga di bawah ini bisa kamu lakukan dengan mudah untuk menghindari penyakit ambeien.




  • Senam Kegel



Senam kegel ini bisa dilakukan untuk segala usia baik pria maupun wanita. Senam ini bertujuan untuk mengencangkan otot panggul bagian bawah dan menghilangkan tekanan bagian bawah tubuh. Senam kegel juga berfungsi untuk mencegah penyakit ambeien karena letak ambeien ini berada di tubuh bagian bawah.



Bagaimana cara melakukan senam kegel?



Senam kegel ini sangat mudah dilakukan. Mulailah lakukan dengan cara membuang air kecil. Cara ini terbilang cukup ampuh apabila dilakukan secara rutin. Buanglah air kecil selama dua detik, lalu tahan kembali selama dua detik, dan kemudian buang lagi air seni (buang air kecil). Lakukan selama lima belas kali tiap sesi dan lakukan secara rutin hingga terbiasa.



Selain untuk mencegah ambeien, senam kegel juga berfungsi untuk yang lainnya, antara lain:




  • Untuk mengontrol otot saat buang air kecil

  • Untuk meningkatkan performa seksual, senam kegel berfungsi bagi pria untuk mengelola ereksi dan menunda ejakulasi

  • Senam kegel juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil dalam proses persalinan. Untuk memperkuat otot panggul, membuka jalan lahir bagi si calon bayi, dan mencegah episiotomi. Episiotomi adalah pengguntingan kulit dan otot antara vagina dan anus yang bertujuan untuk melebarkan jalan lahir.

  • Buang air kecil tanpa disadari saat batuk, tertawa dan bersin. Senam kegel juga sangat bermanfaat bagi seseorang yang sudah parah memiliki kondisi seperti ini.

  • Melemahnya otot bawah saat melakukan buang air besar (BAB)

  • Untuk mencegah melemah dan melebarnya otot setelah melahirkan, senam kegel bisa dilakukan selama masa kehamilan



 




  • Berjalan Kaki



Olahraga paling mudah tanpa harus menyita waktu dan materi. Rutin melakukan aktivitas dengan menggunakan kaki atau berjalan kaki ini banyak manfaatnya untuk tubuh. Selain jantung sehat, tentunya dapat mengcegah penyakit ambeien. Sisi lain dengan berjalan kaki, antara lain memperbaiki sistem pencernaan dengan memperlancar buang air dan mencegah konstipasi. Seseorang dianggap mengalami konstipasi apabila dalam waktu seminggu kurang dari tiga kali tidak buang air besar. Terlalu sering mengejan (ngeden) yang berlebihan, dapat melebarkan pembuluh darah. Berjalan dapat membantu otot disekitar panggul.




  • Aerobik



Untuk menjaga usus tetap normal, bisa lakukan senam aerobik ini di rumah lho. Gerakan aerobk ini bermanfaat untuk meningkatkan denyut jantung, sistem pencernaan, dan metabolisme. Selain itu, banyak manfaat dari aerobik, antara lain:




  • Fungsi jantung lebih baik

  • Membakar lemak tubuh

  • Meningkatkan kesehatan mental

  • Membantu sistem kekebalan tubuh

  • Mengurangi penyakit

  • Memperpanjang umur

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

  • Meningkatakan kesehatan otot

  • Meningkatakan kardiovaskular dan fungsi kardiovaskular

  • Meningkatkan pasokan darah ke otot-otot dan kemampuan untuk menyerap oksigen dengan lebih baik

  • Menurunkan denyut jantung dan tekanan darah

  • Menurunkan akumulasi asam laktat yang menyebabakan rasa sakit dan terbakarnya otot

  • Tekanan darah diastolik dan sistolik terendah pada pasien penderita hipertensi

  • Peningkatan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah

  • Mengurangi tingkat trigliserida dalam darah

  • Peningkatan metabolisme glukosa, mengurangi resistensi insulin, oleh karena itu menurunkan resiko terkena diabetes

  • Mengurangi stres psikologis, meningkatkan mood dengan menambah vitalitas, mengurangi resiko cemas

  • Menambah daya tahan terhadap rasa letih

  • Membantu untuk tidur lebih baik






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang