Artikel


 
 

Selain Orang Tua, Wasir Juga Menyerang Kaum Muda


Last Update : 2016-11-09

Selain Orang Tua, Wasir Juga Menyerang Kaum Muda

Pernakah kamu merasakan ada sesuatu yang mengganjal ketika menjalankan beraktivitas? Benjolan yang tumbuh di area dubur atau anus, bisa mengurangi rasa tidak nyaman ketika beraktivitas. Kalau kamu masih berusia produktif, kamu mesti waspada. Gejala seperti ini terkenal dengan menyerang usia lanjut, akan tetapi tidak menutup kemungkinan menyerang kaum muda. Penyakit jenis apakah ini?



Wasir atau Ambeien merupakan jenis penyakit yang terjadi akibat pembengkakan dan peradangan pembuluh darah balik (vena) yang terletak di dinding rektum (saluran penceranaan bagian bawah) atau sekeliling anus. Bagi sebagian orang, penyakit wasir sering dianggap remeh. Namun pada kenyataannya, segala sesuatu yang dianggap remeh akan mengancam bahaya diri sendiri bagi si penderitanya.



Ada baiknya bila kamu merasakan beberapa gejala yang sudah timbul, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Hilangkan rasa malu untuk menggapai rasa sembuh diri sendiri. Apa saja sih faktor penyebab ambeien? Berikut ulasannya:




  • Terlalu Banyak Duduk



Banyak aktivitas yang mengharuskan untuk duduk. Seperti halnya belajar, bekerja dalam ruangan yang memakan waktu hingga berjam-jam. Hal inilah yang memicu terjadinya ambeien tumbuh karena terjadi penekanan di sekitar tempat duduk atau bokong.




  • Diare menahun



Penyakit wasir bisa kambuh apabila diare berkepanjangan terjadi. Diare menahun diakibatkan kurangnya menjaga pola makan serta kebersihannya.




  • Ibu Hamil



Perubahan hormon bisa terjadi pada ibu hamil. Pada saat inilah, ambeien bisa tumbuh pada tumbuh ibu hamil.




  • Keturunan



Faktor genetik atau keturunan dari riwayat keluarga, bisa memicu timbulnya ambeien.




  • Hubungan Seks



Hubungan seks yang tidak lazim juga merupakan salah satu faktor terjadinya penyakit ambeien. Apabila sering melakukan hubungan seks melalui dubur atau anus, maka berhati-hatilah.




  • Mengejan (Ngeden)



Hindari menunda membuang air besar (BAB) karena mengejan yang dilakukan dengan tenaga yang ekstra dapat menimbulkan rasa sakit yang berlebih bagi si penderita disekitar area dubur.




  • Sembelit



Sembelit sama halnya dengan mengejan. Buang air besar yang tidak lancar dikarenakan feses yang akan dikeluarkan menjadi keras/kering karena sulit keluar dari dubur. Bila ini terus terjadi, bisa saja setelah BAB akan keluar darah.




  • Penekanan Kembali Aliran Darah Vena



Salah satu faktor timbulnya ambeien ialah penekanan kembali aliran darah vena




  • Latihan Berat



Latihan berat biasanya dilakukan oleh para atlet. Sering melakukan beban berat, misal angkat barbel, bisa menyebabkan ambeien. Beban berat yang dilakukan membuat tubuh menjadi menahan nafas, karena itu menempatkan banyak tekanan pada otot disekitar dubur.




  • Kurang Berolahraga



Banyaknya aktivitas yang dilakukan setiap hari, membuat kita menjadi malas untuk berolahraga. Tanpa disadari, kurangnya gerak atau olahraga dapat menimbulkan ambeien. Maka dari itu, kurangi kata malas untuk pola hidup lebih baik.




  • Pola Makan Yang Tidak Sehat



Hindari pola makan yang tidak sehat, seperti junk food (makanan cepat saji). Meski makanan junk food ini lebih mudah dan praktis, namun kandungan di dalam makanannya ini tidak sehat untuk kesehatan. Alih-alih dapat menimbulkan ambeien.




  • Stres



Faktor yang disebabkan oleh ketegangan terhadap situasi yang dihadapi atau pemikiran dari permasalahan yang dihadapi.




  • Dehidrasi



Hilangnya cairan dalam tubuh disebabkan juga karena kurangnya minum air. Hal ini menyebabkan keringnya feses yang akan terbuang saat BAB.




  • Makan Makanan Tidak Berserat



Kurangnya makan makanan berserat seperti buah dan sayur dapat meningkatkan resiko timbulnya ambeien. Selain serat, kebersihan pun juga perlu dijaga dan diperhatikan.




  • Obesitas



Kegemukan atau kelebihan berat badan disebut obesitas. Banyak penyakit yang dapat ditimbulkan. Salah satu resikonya, penyakit ambeien.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang