Artikel


 
 

Ambeien Karenda Duduk Terlalu Lama


Last Update : 2016-10-20

Ambeien Karenda Duduk Terlalu Lama

Agar ambeien tak muncul karena duduk terlalu lama, kita perlu mengatur waktu duduk kita. Memang berbagai macam pekerjaan mengharuskan kita untuk duduk. Dan, kita sulit melakukan pergerakkan dengan berjalan atau berdiri. Namun, kita harus dengan pintar menyiasatinya.

Jika memang pekerjaan atau karena bersekolah kita harus duduk lama, cobalah untuk melakukan perenggangan. Minimal 1 jam sekali. Tidak perlu dengan berjalan kaki, kita bisa sekadar berdiri sebentar sekaligus meregangkan otot badan yang lain.

Kebiasaan kerja sambil duduk sebagaimana tersebut di atas memang tidak bisa dihindarkan. Namun, kita dapat menghindari penyakit ambeien yang dapat muncul sebab duduk kelamaan. Lalu, biasakan pula untuk selalu duduk sesuai dengan anjuran posisi baik.

Sebenarnya tiap jenis kursi berbeda cara duduknya. Ada kursi dengan sandaran bermaterial empuk, seperti sofa, kursi kayu, kursi besi, kursi tanpa sandaran, dan sebagainya. Pada prinsipnya, cara duduk sama ketika diaplikasikan untuk bekerja. Pandangan harus sejajar dengan layar monitor komputer. Atau ketika belajar, posisi duduk sebaiknya tegak lurus dengan meja. Usahakan juga ketika akan menulis atau membaca hanya memiringkan badan 45 derajat. Tak lupa jika sudah satu jam bekerja atau belajar. Berdiri sejenak agar pantat tidak pegal.

Duduk terlalu lama ini juga akan kita alami saat hendak melakukan perjalanan. Bila dengan mobil dan sebagai pengendara, tentulah kita sulit melakukan peregangan saat mobil melaju. Sesuai dengan batas aman waktu berkendara maksimal dua jam. Kita dapat melipir sebentar saat perjalanan dengan mobil. Berdirilah dari kursi kemudi dan berjalan-jalan kecil lah. Hal ini juga dapat membantu merelaksasi otot tubuh lain dan mengembalikan konsentrasi mengemudi.

Jika perjalanan yang dilakukan dengan kereta atau pesawat, tentulah kita juga dapat memanfaatkan momen saat kereta berjalan atau pesawat sedang terbang. Cobalah untuk selalu berdiri minimal setelah kita duduk dua jam lamanya. Berdiri sambil merengganggkan otot tubuh atau berjalan sedikit di sekitar kabin pesawat atau jalur kereta.

Berbeda halnya dengan pengemudi motor. Mobilitas dengan motor lebih cepat dan kita lebih mudah melipir saat menggunakan motor. Jika dirasa sudah terlalu lama duduk di jok motor, segeralah melipir dan turun dari motor. Beristirahat sejenak dengan berdiri. Untuk motor, lebih dianjurkan jika melipir beristirahat dari duduk setelah 1-2 jam perjalanan.

Perlu diketahui bahwa penekanan pantat saat duduk itulah yang membuat risiko ambeien muncul. Di mana, penekanan itu sendiri dapat menimbulkan benjolan penyebab ambeien. Adapun untuk mereka yang menderita ambeien, duduk terlalu lama ini juga dapat memperparah penyakit.

Tentu tidak mau bukan karena duduk jadi ambeien? Nah, mulai sekarang cobalah untuk mengatur waktu Anda bekerja ataupun belajar. Pastikan juga melakukan kebiasaan baik dan aman saat berkendara. Bebas ambeien karena menghindarkan diri dari kebiasaan buruk.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang