Artikel


 
 

Kebiasaan Buruk di Toilet Sebabkan Wasir


Last Update : 2016-10-20

Kebiasaan Buruk di Toilet Sebabkan Wasir

Kebiasaan buruk di toilet masih sering terjadi di masyarakat kita. Beberapa kebiasaan buruk yang dianggap biasa oleh masyarakat, seperti membaca buku, bermain telepon genggam, mendengarkan musik, bahkan menonton film. Bila tidak dilakukan sambil BAB, kebiasaan-kebiasaan tersebut memang tak buruk. Tapi, era modern ini membuat orang BAB sambil melakukan kebiasaan itu.

Kehadiran toilet duduk saat ini diaplikasikan pada kebanyakan toilet umum yang ada. Bahkan, di sebagian toilet rumah tangga, juga menggunakan toilet duduk. Padahal, penggunaan toilet duduk ini ada tata cara yang benarnya. Dan, menggunakan toilet duduk dengan posisi standar tak terlalu baik.

Kebanyakan orang masih belum dapat mengaplikasikan toilet duduk dengan benar. Kenyamanan yang diberikan toilet duduk juga seakan memanjakan penggunanya. Hal ini pulalah yang membuat penggunanya melakukan kebiasaan buruk di toilet.

Sebagaimana dr. Asrul Muhadi dari Rumah Wasir mengatakan bahwa orang terbiasa berlama-lama saat buang hajat atau BAB karena toilet duduk. Sembari BAB ini jugalah orang biasanya menunggu kotoran keluar dengan melakukan aktivitas lain.

Aktivitas lain yang menjadi kebiasaan buruk itulah yang mendistraksi tujuan awal orang untuk BAB. Misalnya saja, karena keasyikkan membaca buku, usaha untuk BAB malah terlupa. Yang ada, orang terlarut dalam buku bacaannya. Dan, keinginan untuk BAB pun terelakkan.

Ada juga orang yang tak terdistraksi dengan aktivitas saat BAB, namun aktivitas lainnya membuat orang berlama-lama di toilet. Contohnya, saat kotoran sudah keluar, orang masih termangu di toilet duduk. Alhasil, orang itu berlama-lama di kamar mandi karena asyik dengan kegiatan lainnya, seperti main telepon genggam atau mendengarkan mudik.

Dokter Asrul menjelaskan lagi bahwa sebenarnya lama menunggu BAB maksimal 10 menit. Jika dalam waktu tersebut kotoran tidak keluar, lebih baik tinggalkan toilet. Sama halnya bila kotoran dengan lancar keluar. Bila memang sudah tidak ingin BAB, jangan berlam-lama di toilet. Terlalu lama duduk di toilet malah akan menimbulkan masalah baru karena bakteri dapat mudah menempel ke anus kita.

Lebih lanjut lagi mengenai kebiasaan buruk di toilet, kita memang tidak bisa menghindari teknologi toilet duduk. Namun, kita tetap bisa mengaplikasikan BAB yang benar dengan toilet duduk. Caranya, sediakan sanggaan untuk kaki Anda agar dapat menekuk. Lakukan BAB di toilet duduk sambil menyangga kaki sampai tertekuk. Hal ini untuk menghindari pemaksaan dengan mengejan saat mengeluarkan kotoran.

Dokter Asrul menambahkan tentang baiknya BAB di toilet jongkok. Dengan posisi tersebut, pembuluh darah di anus dapat rileks dan bukaan anus merenggang dengan sendirinya. Hal ini membuat seseorang tidak perlu mengejan saat BAB. Bila terpaksa harus menerima teknologi toilet duduk, lakukan saran yang kami anjurkan di atas untuk menghindari pemaksaan pengeluaran kotoran dari anus.

Sebab bila ditelisik mengenai hal yang berisiko menimbulkan wasir, mengejan juga merupakan kebiasaan buruk di toilet. Selain, kebiasaan buruk dengan aktivitas lain yang kita lakukan. Saat mengejan akan terjadi penyempitan pembuluh darah. Bukan tidak mungkin pembuluh darah akan pecah dan timbullah peradangan. Inilah yang memunculkan benjolan di anus dan berujung pada wasir.

Sudah tahu bagaimana menghindari kebiasaan buruk di toilet? Revisi lagi kegiatan BAB Anda agar terhindar dari masalah wasir.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang