Artikel


 
 

Wasir Dapat Sebabkan Infeksi Vagina


Last Update : 2016-10-07

Wasir Dapat Sebabkan Infeksi Vagina

Sakit wasir merupakan masalah pada tubuh yang dirasa sangat mengganggu. Baik pada pria maupun wanita. Adapun wasir pada wanita, sering terjadi karena kehamilan atau melahirkan. Sudah merasa nyeri dengan adanya wasir, tentu seorang wanita tidak mau diganggu lagi dengan masalah penyakit lainnya.

Menyembuhkan wasir saja bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Ada banyak hal yang harus diperjuangkan. Mulai dari biaya, menahan rasa nyeri, sampai beragam diet yang harus dilakukan. Nah... Bila memang Anda seorang wanita dan mengalami wasir, cobalah untuk segera mengobatinya.

Lebih penting bagi seorang wanita untuk menjalani pengobatan wasir sampai tuntas. Mengapa? Karena, wasir pada wanita dapat sebabkan infeksi vagina. Seram, bukan? Anda tentu tidak mau sudah punya satu penyakit, harus terkena penyakit lainnya. Oleh sebab itu, cobalah untuk lebih seksama mengetahui tingkat wasir yang Anda derita agar tak muncul infeksi vagina.

Sebenarnya infeksi vagina yang muncul karena wasir dapat Anda hindari. Caranya, penerapan pola hidup yang bersih terutama dalam menjaga daerah kewanitaan dan anus. Saat ini teknologi toilet, mulai dari toilet duduk sampai semprotan di belakang toilet untuk membersihkan bekas buang air memang tidak mendukung kesehatan alat vital.

Untuk menghindari terjadinya bakteri yang tumbuh di vagina Anda, cobalah untuk selalu mempersiapkan dan melakukan beberapa hal pasca buang air. Bila teknologi toilet modern memang tidak mendukung kesehatan, Anda perlu ekstra merawat vagina dan anus. Bahkan, saat harus bepergian.

Berikut beberapa pola hidup sehat untuk menghindari wasir sebabkan infeksi vagina?

1.Karena menderita wasir, tentu akan selalu tidak nyaman bila harus BAB (Buang Air Besar) di tempat umum. Nah, cobalah selalu membawa sabun dan satu botol air bersih. Hal ini untuk berjaga ketika ingin BAB di toilet umum yang tak menyediakan air dan sabun.

2.Menyeka bekas BAB dengan arah depan ke belakang. Memang saat BAB tidak langsung bersentuhan dengan vagina. Namun, untuk menghindari bakteri sisa BAB, lakukan pembersihan anus dari arah depan ke belakang. Hal ini untuk menghindari kotoran dari anus masuk ke vagina.

3.Saat BAK (Buang Air Kecil) pastikan untuk lebih memilih membersihkan vagina dengan air mengalir. Bila di rumah tersedia semprotan khusus, gunakanlah. Jika memang sedang berada di luar rumah dan tak ada semprotan khusus, gunakan air bersih dari botol yang sebaiknya Anda persiapkan untuk bawa. Atau, agar lebih praktis, Anda bisa sekadar membawa tisu basah khusus kewanitaan sebagai pembersih sisa BAK.

4.Cara membersihkan sisa BAK juga sama dengan bagaimana membersihkan BAB. Selalu lakukan dari arah depan belakang dan jangan bolak balik. Bila memang ingin mengulang menyeka, lakukan kembali dari arah depan ke belakang. Kebanyakan orang salah melakukan ini dan akhirnya terjadi infeksi pada vagina.

5.Biasakan membersihkan area kewanitaan dengan pembersih khusus minimal seminggu sekali. Rebusan air daun sirih terkadang diperlukan untuk menyeka daerah kewanitaan asal tidak setiap hari. Manfaatkan air untuk membuat pH di vagina seimbang. Bila memang repot untuk merebus sendiri daun sirih, kini Anda dapat membeli sabun sirih khusus wanita yang dijual bebas di pusat perbelanjaan.

Sekarang Anda sudah tahu bahwa wasir yang mendera wanita bisa sebabkan infeksi vagina jika cara membersihkan BAB salah. Hal ini karena lipatan yang disebabkan wasir bisa menimbulkan kotoran pasca BAB tidak bersih sempurna. Apalagi, jika melakukan pembersihan sisa kotoran dari arah belakang ke depan. Selain itu, membersihkan sisa BAK juga perlu mendapatkan perhatian agar vagina terjaga kebersihannya.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang