Artikel


 
 

Cara Mencegah Ambeien yang Sederhana


Last Update : 2016-10-04

Cara Mencegah Ambeien yang Sederhana

Ambeien sendiri adalah keadaan di mana anus mengalami peradangan sehingga tumbuh benjolan. Bisa membesar keluar, bisa membesar ke dalam. Penyakit ambeien pun beragam. Ada yang tidak menimbulkan darah, ada yang menimbulkan darah.

Kini sudah banyak jalan untuk tidak terkena penyakir ambeien. Ada cara mencegah ambeien yang sederhana sehingga Anda tidak perlu khawatir penyakit akan muncul. Sebagaimana disarikan dari berbagai sumber oleh Rumah Wasir, cara mencegah ambeien adalah, sebagai berikut:

1. Konsumsi Sayur

Mungkin anjuran mengonsumsi sayur adalah hal yang paling sering Anda dengar untuk mendapatkan tubuh bugar. Dan, mengonsumsi sayur juga jadi salah satu cara seseorang agar dapat terhindar dari ambeien. Bahkan, sayur ini harus disiapkan pada setiap jam makan kita. Pagi, siang, ataupun malam.

2. Konsumsi Buah

Selain melengkapi menu makan dengan sayur, Anda juga tidak boleh melupakan sodaranya, buah-buahan. Dengan mengonsumsi buah-buahan, kebanyakan pencernaan seseorang akan lancar. Hal ini karena beberapa jenis buah memiliki kadar serat baik. Sebut saja, pepaya, jeruk, dan mangga. Ketiganya ampuh untuk melancarkan buang air besar (BAB).

3. Olahraga

Mungkin kegiatan olahraga ini adalah hal yang sering luput Anda lakukan. Tak jarang alasan waktu kerja sibuk atau istirahat tidak cukup menghalau seseorang untuk berolahraga. Padahal, olahraga ini peranannya penting untuk membantu lancarnya pencernaan tubuh. Adapun olahraga yang dianjurkan, bisa dengan latihan kardio ringan, seperti jalan kaki di pagi hari atau lari kecil dalam waktu cepat. (sekitar 15 menit).

4. Kurangi Asupan Junk/Fast Food

Makanan sepat saji memiliki rasa yang gurih. Dan, hal itu membuat sebagian besar dari Anda menyukainya. Padahal, proses yang diaplikasikan pada bahan fast food terlalu banyak. Hal tersebutlah yang membuat makanan sepat saji susah diserap pencernaan tubuh. Tahu kan apa akibatnya bila terlalu banyak fast food? Wah… Sudah pasti Anda harus siap-siap tambah gemuk dan susah BAB.

5. Menahan BAB

Kegiatan menahan BAB tentu sering terjadi pada sebagian besar dari Anda. Apalagi bila Anda sedang berpergian. Daripada harus menggunakan toilet umum, ada sebagian dari Anda yang memilih menahan BAB. Sebenarnya kebiasaan diri untuk menahan ke belakang ini malah akan membuar feses keras. Alhasil, kotoran sulit keluar dari anus.

6. Perbanyak Air Mineral

Sebagaimana semua dokter menyarankan untuk kita banyak meminum air mineral, cara mencegah ambeien juga bisa dengan banyak mengonsumsi air mineral. Pasalnya, minuman lain yang berwarna, seperti sirup, teh, atau kopi tidak terlalu baik untuk pencernaan. Banyak minum air mineral dapat membantu proses BAB. Tentu saja hal itu juga baik untuk asupan air bagi tubuh.

7. Lama di Toilet

Menghabiskan waktu terlalu lama di toilet sering terjadi. Tak jarang sebagian Anda membawa ponsel atau buku untuk membacanya sambil BAB. Sebaiknya, BAB dilakukan dengan konsesntrasi dan tanpa disambi dengan kegiatan lain. Terlalu lama di toilet malah akan memudahkan bakteri dari closet mudah masuk ke anus kita. Ujung-ujungnya, hal ini juga yang memunculkan penyakit, seperti ambeien.

8. Hindari Mengejan dengan Paksa

Mengejan memang terkadang refleks dilakukan oleh seseorang ketika sedang BAB. Namun, mengejan juga punya batas wajar. Jangan sering-sering mengejan secara paksa saat BAB. Mengejan dengan paksa ini akan memunculkan peradangan pada anus yang merupakan cikal bakal adanya ambeien.

Cara mencegah ambeien ternyata sederhana. Anda tinggal perlu mengaplikasikan langkah demi langkah dengan seksama untuk terhindar dari penyakit ambeien atau wasir.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang