Artikel


 
 

Sembelit? Ini 5 Makanan yang Harus dihindari!


Last Update : 2016-09-30

Sembelit? Ini 5 Makanan yang Harus dihindari!

Hidup memang cuma sekali namun jangan jadikan hal tersebut alasan untuk mengonsumsi makanan seenaknya saja. Kesehatan adalah hal yang berharga. Bahkan, tidak bisa dibayarkan dengan apa pun bila penyakit sudah menyerang.

Waspadalah terhadap kebiasaan Anda mengkonsumsi makanan yang tak bergizi baik. Hal ini bisa menyebabkan berbagai masalah di dalam tubuh.

Ternyata bukan hanya pola makan buruk dan kurangnya berolahraga saja yang dapat menyebabkan sembelit. Pemilihan jenis makanan pun bisa membuat timbulnya sembelit pada tubuh kita.

Sebagaimana Rumah Wasir menyarikan data dari berbagai sumber, masalah sembelit muncul akibat menkonsumsi makanan yang tinggi kolesterol dan cenderung tidak bergizi baik.

Nah, sekarang coba Anda atur kembali dan lihat ke belakang bagaimana kebiasaan makan sehari-hari. Cobalah untuk meminimalisir konsumsi makanan-makanan berikut ini!

1.Process Food atau Fast Food

Anda mungkin terlalu sibuk untuk memasak makanan sebagai bekal bepergian atau ke kantor. Alhasil, makanan yang sudah diproses menjadi pilihan sebagai bekal makan siang Anda. Mulai dari nugget dalam kemasan, sarden, atau kornet.

Sebenarnya tidak masalah jika process food/fast food ini Anda konsumsi. Namun, harap membatasinya hanya sekali dalam seminggu. Banyaknya proses pada makanan-makanan tersebut membuat kandungan gizi dari bahan makanan berkurang. Adapun penggunaan pengawet membuat kadar protein tak dapat diserap maksimal oleh tubuh.

2.Goreng-gorengan

Makan gorengan memang nikmat. Apalagi bila menggorengnya dilakukan dengan minyak yang banyak. Tapi, tahukah Anda kalau goreng-gorengan memiliki kadar lemak yang tinggi. Sebab itu, gorengan ini akan sulit dicerna oleh tubuh. Adapun kadar minyak tinggi membuat kerongkongan menjadi kiring dan kita membutuhkan lebih banyak air untuk tubuh dapat mencerna gorengan.

Tak jarang juga, konsumsi gorengan membuat tinja kita menjadi keras. Dan, hal ini jugalah yang memicu sembelit.

3.Telur

Kandungan protein di dalam telur memanglah bagus. Tapi, cara mengolah yang salah dapat menyebabkan masalah sembelit. Pun memakannya dengan berlebihan juga jadi pemicu.

Untuk dihindari agar tak sembelit, telur sebaiknya jangan terlalu sering dikonsumsi dengan cara di goreng tanpa diaduk. Atau, kebanyakan orang menyebutnya sebagai telor ceplok. Lebih baik, kita mengkonsumsi telur dengan cara direbut atau dijadikan telur dadar. Sebagai penyeimbang dan agar lebih mudah dicerna, ada baiknya memakan telur bersamaan dengan sayuran, seperti bayam atau tomat.

4.Daging Goreng atau Steak

Hmm… Pastilah nikmat membayangkan mengunyah 250 gram daging yang dipanggang atau memakan balado daging Padang. Namun, jangan terlalu banyak mengkonsumsinya jika Anda tidak mau mengalami sembelit.

Sah saja bila ingin mengkonsumsi steak asalkan setiap memakannya selalu dikombinasikan dengan makanan berserat. Mulai dari wortel, buncis sampai sayuran lain yang tinggi serat. Sebagai karbohidrat pelengkapnya, coba hindari nasi. Ganti karbohidrat dengan jagung atau kentang yang direbus.

5.Cupcakes

Sering makan cupcakes sebagai pentup mulut sangat berbahaya loh bagi kesehatan. Selain dapat menyebabkan diabetes, makanan ini juga salah satu penyebab sembelit. Makanan sejenisnya, seperti kue kering atau pastry juga menjadi penunjang masalah dalam buang air besar.

Daripada harus mengalami masalah tubuh dengan makan sejenis cakes, lebih baik Anda memilih penutup mulut yang sehat dan bergizi, seperti buah-buahan atau agar.

Sekarang Anda sudah tahu 5 makanan yang mungkin sehari-hari Anda konsumsi tapi harus dihindari agar tidak sembelit. Mulai sekarang, coba atur kembali jenis makanan dalam menu sehai-sehari Anda. Dan, tekadkan niat bahwa menjaga kesehatan adalah hal yang krusial.

Ingin tahu berbagai informasi seputar kesehatan lain atau segala hal tentang masalah Wasir dan penyembuhannya? Klik www.rumahwasir.co.id






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang