Artikel


 
 

Menahan Buang Air Besar Memperburuk Wasir


Last Update : 2016-06-20

Menahan Buang Air Besar Memperburuk Wasir

Mungkin selama ini anda merupakan salah seorang yang berpikir bahwa penyebab seseorang terkena wasir adalah karena pola makan tidak baik yang merentet pada konstipasi hingga menimbulkan wasir, sesungguhnya pemikiran ini adalah benar adanya. Salah satu penyebab wasir adalah pola makan yang buruk hingga menyebabkan konstipasi, ketika seseorang mengidap konstipasi maka proses pencernaannya pun terganggu. Aktivitas buang air besar menjadi lebih sulit, anda harus benar-benar menekan untuk menggerakan fases yang ada di usus anda agar dapat melalui anus. Cara ini tidak hanya menyusahkan anda, tetapi juga mendatangkan wasir. Tekanan yang berlebihan pada pembuluh darah di area anus dapat menyebabkan pembangkakan di pembuluh vena lantaran darah tidak dapat lari naik ke atas, hingga pada akhirnya terjebak.



Banyak peneliti yang menamakan kondisi ini sebagai sebuah kerugian menjadi makhluk yang berdiri di dua kaki, mengapa? Karena pembuluh vena harus berusaha keras untuk mengalirkan darah balik ke atas dan apa bila gagal maka darah akan menumpuk di pembuluh vena dan menjadi awal masalah wasir.





Namun, mungkin ada satu hal yang belum banyak orang ketahui bahwa kebiasaan menahan keinginan untuk buang air besar juga dapat menyebabkan wasir. Ketika seseorang menahan keinginan buang air besar maka tekanan pada usus akan semakin besar dan hal ini tentunya akan menyiksa anda, pada akhirnya ketika proses buang air besar terjadi maka tekanan yang besar pun tidak bisa dihindarkan. Seperti yang sudah bisa anda tebak, tekanan yang berlebih akan membawa banyak darah ke pembuluh vena dan ketika darah tersebut gagal untuk dialirkan balik maka terjadilah wasir.



Segera tunaikan buang air besar anda ketika anda mulai merasakan pergerakan usus yang memberikan sinyal untuk buang air besar, atau jika anda telah memiliki jadwal buang air besar sendiri maka ikutilah jadwal itu dengan baik agar sistem pencernaan anda tetap seimbang tanpa harus menekan terlalu lama. Hindari prilaku untuk menunda buang air besar ketika anda sudah merasa untuk melakukannya, ketika sistem pencernaan berjalan baik maka wasir pun dapat dihindari dengan lebih baik.



Namun, ketika anda telah mengalami wasir, apa lagi wasir yang telah menahun, ada baiknya anda langsung memeriksakan wasir tersebut agar segera dapat ditindak. Wasir yang sudah menjalar keluar (wasir eksternal) memang seharusnya ditindak oleh dokter berpengalaman dengan dibantu layanan medis yang terbaik.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang