Artikel


 
 

Saat Menderita Wasir, Jangan Lakukan Hal Ini


Last Update : 2016-06-16

Saat Menderita Wasir, Jangan Lakukan Hal Ini

Meski pun wasir erat hubungannya dengan sistem pencernaan, namun ketika wasir sudah sampai tahap wasir eksternal tentu saja penyelesaiannya lebih dari sekadar menjaga pola makan jika ingin membuat kondisi wasir tidak memburuk. Perlakukan yang lebih tentu akan membawa efek lebih, dan membuat wasir tidak bertambah berat. Wasir sendiri meruapakan sebuah pembengkakan pada pembuluh darah khususnya pada area anus, pembengkakan ini biasa terjadi dari proses buang air besar yang terlalu banyak mengejan. Pembuluh darah sendiri kadang memiliki kesulitan untuk membawa kembali darah ke bagian atas tubuh, para ahli kerap mengatakan bahwa wasir adalah salah satu risiko menjadi sosok manusia yang berdiri di dua kaki. Kinerja pembuluh darah memang berat karena harus melawan gravitasi untuk membawa darah balik, sayangnya kadang proses ini gagal dan membuat penumpukan darah di pembuluh terutama di area anus.





Lalu Bagaimana Untuk Sedikit Meredakan Wasir?



Berbagai macam cara dapat anda lakukan untuk menjaga untuk tidak memperburuk wasir, cara-cara tersebut mudah untuk dilakukan dan memerlukan sebuah komitmen yang baik antara anda dan tubuh anda. Berikut adalah tips bagaimana meredakan wasir yang anda derita.




  1. Jangan Mengelap Terlalu Kuat. Ketika cebok, usahakan untuk tidak mengelap bagian wasir terlalu keras untuk menghindari perasaan tidak enak akan semakin timbul. Hindari mengelap dengan tisu, handuk, atau spons mandi ke area wasir untuk menghindari rasa sakit dan pendarahan pada wasir.

  2. Jangan Menggaruk. Menggaruk akan merusak lapisan kulit, mengiritasi wasir itu sendiri, dan dapat meningkatkan sensasi gatal dan sakit dari wasir. Oleh karena itu disarankan untuk tidak menggaruk wilayah wasir ketika terasa perasaan yang tidak nyaman, sebagai gantinya anda bisa meredam bagian bawah tubuh dengan air hangat.

  3. Jaga Kebersihan. Pendarahan pada lapisan pembuluh yang membengkak pada wasir akan membuat infeksi dapat terjadi dengan cepat pada area wasir. Gunakan air hangat, sabun antiseptik yang lembut, atau produk antibakteri yang juga lembut.



Tiga hal ini dapat sedikit menjinakan wasir yang anda derita, perawatan yang salah tentunya dapat membuat wasir mengganas dan semakin menyebabkan gatal bagi anda. Dalam perawatan wasir, klinik Rumah Wasir menyarankan untuk memberlakukan ketiga cara tersebut agar wasir dapat sedikit tertangani sembari menunggu penangan selanjutnya.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang