Artikel


 
 

Hati-hati, Makanan Ini Dapat Memperparah Wasir


Last Update : 2016-06-08

Hati-hati, Makanan Ini Dapat Memperparah Wasir

Wasir erat kaitannya dengan makanan yang dikonsumsi setiap harinya, makanan yang benar dapat mencegah timbulnya wasir atau kalau pun wasir telah terbentuk pun makanan tertentu dapat meringankan keadaan wasir yang terjadi. Namun sebaliknya, makanan yang salah dapat memperparah timbulnya wasir baik internal dan eksternal, oleh karena itu berhati-hati akan makanan harian yang dikonsumsi merupakan sebuah hal yang penting.



Lalu Makanan Apa yang Memperparah Wasir?



Dari berbagai macam jenis makanan, setidaknya ada lima jenis makanan yang dapat memperparah wasir yang ada. Sebuah situs bernama natureword membeberkan jenis-jenis makanan yang merugikan bagi anda yang menderita wasir, informasi ini dapat membuat anda bisa lebih berhati-hati lagi dalam memilih jenis makanan yang anda konsumsi.




  1. Roti Putih, dan process food. Roti putih merupakan makanan yang harus anda hindari apa bila sedang mengidap wasir, selain itu juga hindari process food seperti biskuit, kue, pastry, permen, dan donat. Makanan-makanan ini dapat menyebabkan konstipasi, kondisi ini akan membuat kondisi wasir semakin parah.


  2. Daging Merah. Makan daging merah dapat menyebabkan konstipasi karena daging ini memiliki kandungan serat yang rendah, pilihan lain adalah daging ayam tanpa kulit seperti bagian paha atau dada untuk tetap menjaga asupan protein dan bebas lemak untuk tubuh anda.



  3. Makanan pedas. Makanan pedah merupakan musuh dari berbagai macam penyakit pencenaan, termasuk wasir. Bahan makanan seperti jahe, dan cabai dapat memicu pembengkakan wasir sampai pada titik di mana anda akan mengalami kesulitan untuk duduk. Meski pun cabai memiliki manfaat untuk tubuh, tetapi anda tetap harus hati-hati dalam mengkonsumsinya dan hindarilah agar wasir anda tidak semakin parah.

  4. Produk Susu. Berbagai macam produk olahan susu telah terbukti menyebabkan konstipasi untuk beberapa orang, sementara itu susu kefir atau susu asam dapat membantu melancarkan pergerakan usus, tetapi keju keras, susu sapi, dan produk lainnya dapat menyebabkan konstipasi yang dapat menyebabkan pembentukan wasir. Hal ini disebabkan oleh kebanyakan produk susu sulit untuk dicerna, memperlambat sistem pencernaan dan sistem pergerakan usus.



Tindakan untuk mengobati wasir tidak hanya berasal dari dokter yang menangani anda, tetapi berasal juga dari diri anda sendiri. Oleh karena itu, ada baiknya anda mulai memerhatikan diri anda sendiri. Mulai dari makanan yang anda konsumsi agar wasir tidak terus menggerus kesehatan tubuh anda.



 






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang