Artikel


 
 

Menderita Wasir? Lebih Baik Cepat Periksakan Wasir Anda


Last Update : 2016-05-24

Menderita Wasir? Lebih Baik Cepat Periksakan Wasir Anda

Pada awalnya wasir bukanlah penyakit yang membawa kerugian kepada penderitanya kecuali darah yang kadang keluar ketika buang air besar, pada tahap awal, wasir tidak menimbulkan rasa sakit sehingga penderitanya tidak akan menyadarinya. Padahal justru ini adalah hal yang salah, ketika gejala awal wasir timbul dan tidak segera ditangani maka wasir akan semakin para sampai terbentuk wasir eksternal di bagian anus. Pada tahap lanjutan ini wasir jadi menyebalkan, wasir akan menimbulkan rasa gatal, panas, dan rasa sakit ketika buang air besar. Pada kondisi parah wasir dapat membawa pendarahan, kebiasaan mengejan yang terlalu kuat adalah salah satu penyebab wasir.



Situs harvard health edu menjelaskan tentang wasir. Di satu sisi, setiap orang memiliki wasir yang terletak tepat di bawah selaput lendir yang melapisi bagian terendah dari rektum dan anus. Kondisi sebagian yang besar dari kita sebut wasir terjadi ketika pembuluh vena menjadi bengkak dan buncit, seperti varises di kaki. Karena pembuluh darah yang terlibat harus terus berjuang melawan gravitasi untuk mengalirkan darah kembali ke jantung, beberapa orang percaya wasir adalah bagian dari harga yang kita bayar untuk menjadi makhluk bertubuh tegak.



Ada dua jenis wasir: yang internal, yang terjadi pada rektum yang lebih rendah, dan wasir eksternal, yang berkembang di bawah kulit di sekitar anus. Wasir luar merupakan yang paling tidak nyaman, karena kulit di atasnya menjadi iritasi dan mengikis. Jika gumpalan darah terbentuk di dalam sebuah wasir eksternal, rasa sakit bisa tiba-tiba dan parah. Anda mungkin merasa atau melihat benjolan di sekitar anus. gumpalan biasanya larut, meninggalkan kelebihan kulit (tag kulit), yang mungkin gatal atau mengalami iritasi.



Wasir internal biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, bahkan ketika menghasilkan perdarahan. Anda mungkin, misalnya, melihat darah merah terang pada kertas toilet atau menetes ke dalam toilet. wasir internal juga dapat prolaps, atau melampaui anus, menyebabkan beberapa masalah potensial. Ketika wasir menonjol, itu dapat mengumpulkan sejumlah kecil lendir dan partikel feses mikroskopis yang dapat menyebabkan iritasi disebut pruritus ani.



Para ahli berpendapat penyebab wasir terbagi akan beberapa hal, atau mungkin beberapa mekanisme yang bekerja. Secara tradisional, wasir berhubungan dengan sembelit kronis, mengejan saat buang air besar, dan lama duduk di toilet. Semua itu mengganggu aliran darah, menyebabkan terbentuknya kolam renang dan memperbesar pembuluh. Ini juga menjelaskan mengapa wasir umum terjadi selama kehamilan, ketika rahim yang membesar menekan pada pembuluh darah.



penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa pasien dengan wasir cenderung memiliki tekanan lubang anus yang lebih tinggi yaitu, otot polos saluran anal cenderung ketat daripada rata-rata (bahkan ketika tidak tegang). Sembelit menambah masalah ini, karena mengejan saat buang air besar meningkatkan tekanan dalam lubang anus dan mendorong wasir terhadap otot sphincter. Akhirnya, jaringan ikat yang mendukung dan menahan wasir di tempat dapat melemahkan seiring dengan usia, menyebabkan wasir menggembung dan prolaps.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang