Artikel


 
 

Mengapa Wasir Timbul Ketika Kehamilan


Last Update : 2016-05-17

Mengapa Wasir Timbul Ketika Kehamilan

Selain pola makan yang buruk, dan kebiasaan mengejan ketika buang air besar. Kehamilan juga kadang dapat menjadi penyebab timbulnya wasir, sehingga tidak heran ketika banyak ibu hamil yang mengidap wasir. Situs Baby Center memberikan penjelasan tentang wasir saat kehamilan, informasi ini semoga dapat memberikan gambaran tentang hal ini.



Apa itu wasir?



Wasir adalah pembuluh darah di daerah dubur yang telah mengalami pembengkakan. Wasir biasanya berkisar dari ukuran kacang polong sampai ukuran buah anggur dan dapat berada di dalam rektum atau menonjol melalui anus.

Wasir bisa menjadi gatal dan agak tidak nyaman atau bisa juga benar-benar menyakitkan. Kadang-kadang mereka bahkan dapat menyebabkan pendarahan di area dubur, terutama selama buang air besar.

Wasir yang umum selama kehamilan, terutama pada trimester ketiga. Beberapa wanita mengidap wasir untuk pertama kalinya saat mereka hamil. Dan jika Anda mengidap wasir sebelum kehamilan, Anda sangat mungkin untuk mengidapnya lagi sekarang. Wasir juga dapat muncul saat perempuan sedang mengejan selama tahap kedua persalinan dan keluhan postpartum yang umum awal.

Dalam kebanyakan kasus, wasir yang muncul selama kehamilan akan mulai hilang segera setelah melahirkan, terutama jika para perempuan berhati-hati untuk menghindari sembelit.



Wasir dan kehamilan



Kehamilan membuat Anda lebih rentan terhadap wasir, serta varises di kaki dan kadang-kadang bahkan di vulva, karena berbagai alasan. membesarnya rahim perempuan menempatkan tekanan pada vena panggul dan vena cava inferior, vena besar di sisi kanan tubuh yang menerima darah dari tungkai bawah. Hal ini dapat memperlambat kembalinya darah dari bagian bawah tubuh, yang meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di bawah rahim dan menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih melebar atau bengkak.

Sembelit, masalah umum lain selama kehamilan, juga dapat menyebabkan atau memperburuk wasir. Itu karena tekanan menyebabkan wasir, dan anda cenderung menekan usus besar untuk membuat gerakan usus.

Selain itu, peningkatan hormon progesteron selama kehamilan menyebabkan dinding pembuluh darah Anda relaks, yang memungkinkan membengkak lebih mudah. Progesteron juga berkontribusi untuk sembelit dengan memperlambat saluran usus.



 






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang