Artikel


 
 

Hindari Wasir Dengan Gaya Hidup Ini


Last Update : 2016-05-03

Hindari Wasir Dengan Gaya Hidup Ini

Beberapa trik perubahan gaya hidup yang sederhana dapat membantu mencegah wasir dan tentu membuat anda terhindar dari masalah pencernaan, menurut situs healthcommonities banyak cara untuk menghindari wasir. Salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah wasir adalah untuk menghindari sembelit dan mengejan saat buang air besar.

Makan makanan yang tinggi serat dapat membantu mencegah sembelit. Makanan yang mengandung serat makanan termasuk biji-bijian, buah-buahan segar atau kering, kacang-kacangan, dan sayuran. Makanan yang tinggi serat antara lain sebagai berikut:

•    Havermut

•    Gandum sereal sarapan

•    beras merah

•    Roti yang dibuat dengan 100% biji-bijian

suplemen serat juga tersedia. Jenis suplemen serat termasuk psyllium, metilselulosa (misalnya, Citrucel), dan kalsium polycarbophil. Setiap suplemen serat ini memiliki sifat dan efek samping yang berbeda. Untuk informasi lebih lanjut tentang serat makanan untuk mengurangi risiko wasir, anda dapat meminta saran dari penyedia layanan kesehatan yang berkualitas, ahli gizi terdaftar, atau ahli nutrisi.

Olahraga juga dapat membantu mencegah sembelit dengan mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk makanan untuk bergerak melalui saluran pencernaan dan mengurangi jumlah air yang diserap dari tinja. Aktivitas fisik (misalnya, berjalan sesedikit 10-15 menit beberapa kali setiap hari) dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan. Hubungi dokter sebelum memulai program latihan.

cara lain untuk membantu menghindari sembelit adalah sebagai berikut:

•    Minum banyak air sepanjang hari.

•    Hindari minuman beralkohol.

•    Ubah posisi duduk setidaknya sekali setiap jam saat duduk atau berdiri untuk jangka waktu yang lama.

Menjaga kebersihan wilayah anal dapat membantu mengurangi gejala wasir. Gunakan tisu toilet putih tanpa pewangi (pewarna dan parfum dapat menyebabkan iritasi). Setelah mandi keringkan daerah lembut dubur secara menyeluruh.

Selama kehamilan dan persalinan, melakukan latihan sederhana dapat memperkuat otot-otot dasar panggul dan membantu mencegah wasir. Latihan kegel melibatkan kontraksi otot panggul selama beberapa detik dan kemudian mengistirahatkan otot-otot ini selama beberapa detik. Mulailah dengan melakukan 3 set 10 kontraksi, menahan kontraksi selama 3 detik dan melepaskan selama 3 detik. Setiap hari, tambahkan 1 detik untuk kontraksi dan melepaskan hingga 10 detik.



 






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang