Artikel


 
 

Hati-hati, Wasir Dapat Menyebabkan Komplikasi Ini


Last Update : 2016-04-28

Hati-hati, Wasir Dapat Menyebabkan Komplikasi Ini

Meski wasir atau ambeien merupakan penyakit yang terjadi di area dubur (anus), dan terkesan tidak mengganggu pada awalnya, tetapi jangan senang dulu. Wasir yang didiamkan selama bertahun-tahun dapat membawa efek yang tidak baik untuk penderita, dilihat dari tahapannya, wasir terbagi dua menjadi wasir internal dan wasir eksternal. Kondisi masing-masing wasir akan membedakan tindakan apa yang diperlukan untuk mengobatinya, wasir internal terjadi di bagian dalam rektum dan biasanya tidak membawa efek apa-apa bagi penderitanya. Meski pun begitu, pendarahan kecil tetap dapat terjadi pada wasir internal.

Kebiasaan mengejan ketika buang air besar kemudian dapat memberikan tekanan pada pembuluh vena di area rektum yang kemudian akan membuat bejolan wasir ini keluar sampai ke area anus, jika sudah begini maka sudah memasuki tahap wasir eksternal. Wasir eksternal biasanya akan menyebabkan rasa sakit, gatal, tidak nyaman, sampai pendarahan.

Satu hal yang tidak banyak diketahui orang adalah wasir dapat menyebabkan komplikasi lainnya. Wasir biasanya tidak menyebabkan komplikasi serius; Namun, komplikasi kecil kadang-kadang dapat terjadi. Bekuan darah (trombosis) bisa terbentuk di wasir eksternal, yang menyebabkan peningkatan pembengkakan dan rasa sakit-terutama saat buang air besar.

Dalam beberapa kasus, sebuah pembengkakan yang disebabkan oleh wasir internal dan menonjol melalui pembukaan dubur (disebut wasir prolaps). Jika wasir prolaps sudah terjebak di luar rektum, pengobatan biasanya diperlukan. Infeksi juga dapat terjadi sebagai akibat wasir, menyebabkan kulit di sekitar anus menjadi meradang dan iritasi.

diagnosis wasir biasanya melibatkan pemeriksaan sederhana dari daerah dubur dan rektum. Selama pemeriksaan fisik, dokter sering menggunakan jari yang dibalut sarung tangan medis untuk memeriksa jaringan bengkak dan kelainan lainnya. Jika wasir internal yang dicurigai, dokter dapat menggunakan perangkat teknologi medis yang canggih (proctoscope, anoscope) untuk memeriksa daerah dubur.

Untuk menyingkirkan kondisi selain wasir, tes diagnostik lain mungkin dilakukan. Tes ini meliputi sigmoidoscopy dan colonoscopy, yang melibatkan menggunakan tongkat dengan penerangan untuk memeriksa areagastrointestina yang lebih rendah (GI) saluran.



 






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang