Artikel


 
 

Terkena Wasir? Coba Perawatan Sederhana ini


Last Update : 2016-04-25

Terkena Wasir? Coba Perawatan Sederhana ini

Bagi pengidap wasir yang masih ragu untuk melakukan tindakan untuk menghilangkan wasir memang harus mengalami beberapa perasaan tidak nyaman yang sering muncul dari bagian anus, mulai dari yang ringan seperti rasa gatal atau tidak nyaman ketika duduk, sampai pendarahan. Kalau pun anda merupakan salah satu dari mereka yang masih menunda untuk menindak wasir yang diderita, situs Mayo Clinic memberikan sedikit tipsnya untuk perawatan wasir yang sederhana di rumah, mungkin saya tips ini dapat menolong anda untuk bertahan dari serangan wasir yang menyerang. Meski pun begitu, memang seharusnya wasir harus segera dihilangkan sampai ke akarnya. Berikut ini adalah tips perawatan wasir di rumah.

Sekitar usia 50, lebih dari setengah dari orang dewasa telah berurusan dengan wasir. Edisi November Surat Mayo Clinic Health perawatan rumah yang dapat meredakan gejala masalah umum dan memalukan ini.

Wasir darah membesar di pembuluh darah di rektum yang lebih rendah (anus) yang membentuk kantung-kantung kecil (bantal anal) bila terlalu banyak tekanan yang diberikan pada vena yang melayani daerah panggul dan dubur. Peningkatan tekanan merupakan hasil dari mengejan saat buang air besar, duduk di toilet untuk waktu yang panjang, diare kronis atau sembelit, obesitas, mengangkat benda berat, duduk atau berdiri untuk waktu yang lama dan kehamilan.

Gejalanya bisa berupa perdarahan tanpa rasa sakit saat buang air besar, kebocoran kotoran dan lendir, sakit parah, pembengkakan atau peradangan. Kesampingkan rasa malu, itu penting untuk berbicara dengan dokter tentang pendarahan pada dubur. Sementara wasir umumnya tidak menyebabkan masalah serius, masalah yang lebih serius lainnya, seperti polip, kanker atau penyakit inflamasi usus, dapat menyebabkan perdarahan, juga. Sebuah kolonoskopi mungkin diperlukan untuk menentukan penyebab perdarahan.

nyeri ringan, pembengkakan dan peradangan wasir sering dapat dirawat dengan langkah-langkah perawatan diri. Pilihan meliputi:

obat-obatan ringan: Krim wasir non-resep, supositoria yang mengandung hidrokortison atau alas yang mengandung witch hazel atau agen mati rasa topikal dapat memberikan bantuan untuk meredakan sakit wasir. Mereka tidak boleh digunakan lebih dari seminggu kecuali diarahkan oleh dokter.

Jaga Kebersihan Anus: Berendam di air hangat beberapa kali sehari dapat membantu. Berendam di mana hanya pinggul dan bokong direndam, dapat dilakukan dalam bak mandi biasa atau menggunakan bak plastik yang pas atas toilet. Bak sudah tersedia dari toko peralatan medis dan apotek.

Es untuk meringankan bengkak: bungkus es atau kompres dingin pada anus dapat meringankan pembengkakan.

Penghilang nyeri: penghilang nyeri Resep Non seperti acetaminophen (Tylenol, others), atau ibuprofen (Advil, Motrin IB, orang lain) dapat memberikan pertolongan.

Konsumsi air dan serat yang  cukup: memudahkan proses buang air besar dapat membantu meringankan wasir. Strategi ini termasuk minum enam sampai delapan gelas air setiap hari, makan makanan tinggi serat, dan mengkonsumsi suplemen serat seperti Metamucil dan Citrucel.

Selain itu, yang terbaik untuk menuju kamar mandi ketika dorongan terjadi dan untuk menghindari mengejan atau menahan nafas ketika dalam proses ini, karena hal ini dapat mengurangi tekanan pada rektum.

Ketika langkah-langkah perawatan diri tidak bekerja, dokter dapat mendiskusikan beberapa prosedur bedah minimal invasif untuk dipertimbangkan.



 






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang