Artikel


 
 

Begini Cara Mengurangi Risiko Wasir Saat Hamil


Last Update : 2016-04-18

Begini Cara Mengurangi Risiko Wasir Saat Hamil

Wasir merupakan sebuah varises pada area rektum. Wanita sering mengalami wasir selama kehamilan karena perubahan hormonal yang memperlambat pencernaan, menyebabkan sembelit dan tekanan tambahan yang ditujukan pada vena dari tubuh bagian bawah bersamaan dengan membesarnya rahim dan peningkatan berat badan. Anda dapat mencegah wasir selama kehamilan dengan mengatur pola makan dan rutin untuk mengurangi sembelit dan tekanan pada pembuluh darah dubur.



Menghilangkan sembelit adalah faktor utama dalam mencegah wasir selama kehamilan dan sebaliknya. Saat anda sembelit, tubuh anda memiliki gerakan usus, yang pada gilirannya meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di daerah panggul dan menyebabkan wasir. Berikut ini adalah cara untuk mencegah kosntipasi hingga tidak menyebabkan wasir.




  • Sembelit (kesulitan buang air besar atau jarang buang air besar) dapat mengakibatkan ketidakseimbangan hormon selama kehamilan.

  • Mengurangi atau mencegah sembelit dengan meningkatkan asupan serat makanan sehari-hari. Makanan tinggi serat termasuk buah-buahan (seperti jeruk, grapefruits, dan jeruk), sayuran (seperti seledri, kubis, bayam, brokoli, dan artichoke), dan biji-bijian.

  • Konsumsi jus prune atau plum kering yang tinggi serat dan dapat mendukung fungsi usus yang sehat.

  • Mulai pagi Anda dengan oatmeal ditaburi biji rami. Oatmeal adalah tinggi serat dan menambahkan serat dan asam lemak dalam biji rami dapat membantu memicu gerakan usus.

  • Minum dandelion atau teh mallow. Meninggalkan kantong teh dalam air mendidih dan minum setiap hari untuk meringankan sembelit.

  • Tanyakan kepada dokter Anda jika anda harus mengambil psyllium. Psyllium membantu massal dan melunakkan tinja dan mendukung gerakan usus yang sehat.

  • Jangan pernah mengambil obat pencahar langsung tanpa menanyakan dokter ketika Anda sedang hamil.



Konstipasi juga dapat dicegah dengan cara banyak minum air putih, Selain membantu meringankan sembelit, hidrasi yang tepat sangat penting untuk kehamilan yang sehat. Mengkonsumsi jumlah air yang tepat selama kehamilan membantu mencegah sembelit dan juga membuat tekanan di bagian bawah tubuh menjadi lebih ringan, sehingga menurunkan risiko wasir. Luangkan waktu untuk mengganti gaya hidup anda ketika sedang masa kehamilan agar terhindar dari wasir, dan juga sembelit.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang