Artikel


 
 

Wasir Internal


Last Update : 2015-11-13

Wasir Internal

Wasir internal adalah jenis yang paling umum dari penyakit wasir. Wasir atau dalam bahasa lain disebut ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus & rektum. Timbulnya wasir disebabkan oleh peradangan & pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus / rektum. Menurut lokasinya, ada dua jenis utama wasir: wasir eksternal dan wasir internal. Wasir internal dalam lubang anus, dan wasir eksternal berada di luar lubang anus.

Wasir internal dapat muncul di sepanjang bagian anus, dan jenis wasir ini biasanya tidak menyakitkan. Kadang-kadang, wasir internal yang bisa keluar dari anus berupa  tonjolan. Ketika tonjolan ini muncul dan masih kecil dikenal dengan sebutan wasir prolaps. Tonjolan ini tidak dapat didorong kembali ke dalam lubang anus.  Kadang-kadang tonjolan tersebut menyebabkan rasa sakit yang berlebihan. Otot disekitar anus menjepit tonjolan tersebut sehingga menyebabkan suplai darah terhenti sehingga menyebabkan rasa sakit. Ketika buang air besar biasanya terasa tidak nyaman. Kadang juga keluar lendir yang merupakan gejala umum dari wasir internal. Hal ini menyebabkan ketidaknyamanan ditambah dengan rasa gatal. Wasir internal biasanya terjadi karena melemahnya jaringan penyangga pembuluh darah anus.



Tingkatan Wasir internal

Wasir internal dapat dikelompokkan dalam beberapa tingkat keparahan dan memiliki sistem penilaian tertentu sebagai berikut:

Tingkat Satu: wasir berdarah ini tetapi tidak menonjol dari anus.

Tingkat Dua: wasir akan menonjol dari anus saat buang air besar dan kembali masuk sendiri ke dalam lubang anus.

Tingkat Tiga: wasir ini menonjol dari anus selama buang air besar. Namun, tidak dapat masuk kembali dengan sendirinya dan Anda perlu untuk mendorong kembali ke dalam dengan menggunakan jari.

Tingkat Empat: wasir ini menonjol dari anus dan itu tidak mungkin untuk mendorong mereka kembali ke dalam lubang anus.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang