Artikel


 
 

Kutil Genitalis atau Kondiloma Akuminata


Last Update : 2015-11-12

Kutil Genitalis atau Kondiloma Akuminata

Apa itu Kondiloma Akuminata?



Penyakit Kondiloma Akuminata atau bernama lain Kutil Genitalis merupakan kutil di dalam atau di sekeliling vagina, penis atau dubur. Penyakit itu terjadi dan bisa ditularkan melalui hubungan seksual.



Kondiloma akuminatum adalah vegetasi oleh Human Papiloma Virus tipe tertentu yang bertangkai dan permukaannya berjonjot. Tipe HPV tertentu mempunyai potensi onkogenik yang tinggi, yaitu tipe 16 dan 18. Tipe tersebut merupakan jenis virus yang paling sering dijumpai pada kanker serviks. Sedangkan tipe 6 dan 11 lebih sering dijumpai pada kondiloma akuminatum dan neoplasia intraepitelial serviks derajat ringan.



Kutil Genitalis atau Kondiloma Akuminata sering ditemukan dan menyebabkan kecemasan karena:




  1. Sangat tidak enak dilihat

  2. Dapat terinfeksi bakteri

  3. Merupakan petunjuk atau indikasi adanya gangguan sistem kekebalan



Bagaimana Kondiloma Akuminata bisa terjadi?



Penyebab terjadinya penyakit Kondiloma Akuminata adalah virus papilloma. Tetapi pada wanita virus papiloma tipe 16 dan 18 menyerang leher rahim tanpa menyebabkan kutil pada alat kelamin luar dan bisa menyebabkan kanker leher rahim. Virus tipe ini dan virus papiloma lainnya bisa menyebabkan tumor intra-epitel pada leher atau kanker pada dubur, mulut, vagina, vulva, penis, kerongkongan atau tenggorokan.



Apa saja gejala klinisnya?



Kutil genitalis paling sering tumbuh pada permukaan tubuh yang hangat dan lembab. Pada pria, area yang sering terkena adalah ujung dan batang penis. Bila pria tidak disunat maka bagian yang terkena kutil genitalis adalah dibawah kulit depannya. Sedangkan pada wanita, kutil timbul di vulva, dinding vagina, leher rahim dan kulit di sekeliling vagina. Kutil genitalis pun bisa terjadi di daerah sekeliling anus dan rektum, terutama pada pria homoseksual dan wanita yang melakukan hubungan seksual melalui dubur.



Kutil biasanya muncul dalam waktu satu hingga enam bulan setelah terinfeksi. Dimulai sebagai pembengkakan kecil yang lembut, lembap, berwarna merah atau pink. Mereka tumbuh dengan cepat dan bisa memiliki tangkai. Pada suatu daerah seringkali tumbuh beberapa kutil dan permukaannya yang kasar memberikan gambaran seperti bunga kol.



Pertumbuhan kutil bisa sangat cepat menyerang pada wanita hamil dan pada mereka yang memiliki gangguan sistem kekebalan. Seperti penderita AIDS dan orang yang kulitnya meradang.



Diagnosa Penyakit Kutil Genitalis



Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik. Kutil yang tumbuh bisa diangkat melalui pembedahan dan diperiksa dibawah mikroskop untuk meyakinkan bahwa itu bukan merupakan suatu keganasan. Wanita yang memiliki kutil di leher rahimnya, harus menjalani pemeriksaan Pap-smear secara rutin.



Kutil pada alat kelamin luar bisa diangkat melalui laser, krioterapi (pembekuan) atau pembedahan dengan bius lokal. Pengobatan kimiawi, seperti podofilum resin atau racun yang dimurnikan atau asam trikloroasetat, bisa dioleskan langsung pada kutil. Tetapi pengobatan ini memerlukan waktu beberapa minggu sampai beberapa bulan, bisa melukai kulit di sekelilingnya dan sering gatal.



Kutil di uretra bisa diobati dengan obat anti kanker seperti tiotepa atau florourasil. Pilihan lainnya adalah pengangkatan kutil dari uretra melalui pembedahan endoskopik. Kutil genitalis sering kambuh dan memerlukan pengobatan ulang. Pada pria yang belum disunat, kekambuhan bisa dicegah dengan menjalani penyunatan. Bagi pria dewasa bisa melakukan penyunatan(khitan) di Rumah Sunatan Jatiasih, Bekasi atau cabang lainnya.



Demikian sebuah ulasan singkat mengenai Kutil Genitalis. Semoga artikel dengan judul Kutil Genitalis atau Kondiloma Akuminata dapat memberi banyak manfaat untuk kita.



Baca juga artikel terkait : Siapa Berisiko Kondiloma?



 






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang