Artikel


 
 

Gejala Ambeien dan Obat Ambeien Alami


Last Update : 2015-11-02

Gejala Ambeien dan Obat Ambeien Alami

Sebelum Anda mulai membaca artikel dengan judul Gejala Ambeien dan Obat Ambeien Alami, mari kita mulai dengan membaca Basmalah. Gejala atau ciri-ciri awal munculnya penyakit wasir atau ambeien di tandai dengan rasa nyeri saat buang air besar atau adanya rasa sakit ketika Buang Air Besar(BAB). Awalnya tidak berbahaya, namun jika dibiarkan terus menerus, hemoroid ini akan membentuk benjolan di sekitar anus. Benjolan pun terus membesar hingga saat setelah itu, BAB akan di sertai dengan keluarnya darah dari lubang anus.

Gejala ambeien dibagi kedalam dua jenis, yakni Ambeien Internal dan Ambeien Eksternal. Untuk ambeien internal gejalanya ditandai dengan pendarahan rektum tanpa rasa nyeri. Sedangkan ambeien eksternal dapat menunjukkan beberapa gejala atau jika terkena trombosis akan ada nyeri signifikan dan pembengkakan di area anus. Banyak orang secara keliru menganggap semua gejala yang muncul di sekitar area anus dan rektum sebagai “ambeien” dan bahwa penyebab serius gejala tersebut harus disingkirkan. Sementara penyebab ambeien yang sesungguhnya belum diketahui. sejumlah faktor yang meningkatkan tekanan intra-abdomen, khususnya konstipasi, dipercaya mempunyai andil dalam perkembangan kondisi ini.

Ambeien internal dan ambeien eksternal dapat muncul berbeda. Namun, banyak orang dapat mengalami keduanya.

Ambeien Eksternal
Jika tidak terkena trombosis, ambeien eksternal dapat menyebabkan beberapa masalah. Namun, jika terkena trombosis, ambeien dapat sangat menyakitkan. Namun, nyeri ini biasanya hilang dalam 2 – 3 hari. Sedangkan pembengkakannya memerlukan beberapa minggu untuk hilang. Dapat tersisa suatu akrokordon setelah sembuh. Jika ambeien besar dan menimbulkan masalah higiene, kondisi ini dapat menimbulkan iritasi pada kulit di sekelilingnya dan gatal di sekitar anus.

Ambeien Internal
Ambeien internal biasanya muncul tanpa nyeri, perdarahan dari rektum berwarna merah terang selama atau setelah buang air besar. Darahnya biasanya menutupi feses, kondisi yang dikenal sebagai hematokezia, ada pada kertas toilet, atau menetes ke dalam kloset. Fesesnya sendiri biasanya berwarna normal. Gejala lain di antaranya dapat berupa keluarnya lendir, massa di sekitar anus jika lendir ini turun ke anus, gatal pada anus, dan inkontinensia feses. Ambeien internal biasanya hanya terasa sakit jika terjadi trombosis atau nekrosis.

Ambeien di bagi menjadi 4 stadium, di mulai dari stadium 1 sampai stadium 4. Pembagian ini menandakan penyakit ambeien mulai dari yang ringan hingga ambein yang paling parah.

Ambeien Stadium 1 atau Wasir derajat 1
Tonjolan masih kecil dan belum keluar. Gejalanya darah menetes setiap selesai buang air besar.

Ambeien Stadium atau Wasir derajat 2
Tonjolan sudah keluar dengan ukuran sedang. Dengan gejala jika selesai buang air besar, tonjolan keluar namun akan masuk kembali saat penderita berdiri.

Ambeien Stadium 3 atau wasir derajat 3
Ukuran tonjolan sudah lebih besar. Gejalanya selesai buang air besar tonjolan keluar dan tidak akan masuk lagi kecuali didorong dengan tangan.

Ambeien Stadium 4 atau Wasir derajat 4
Tonjolan sudah sebesar bola tenis. Tonjolan ini tidak dapat masuk kembali meski sudah didorong. Kondisi seperti itu mengharuskan operasi. Pada ambeien luar, kulit sudah menutupi pembuluh darah dan berada di luar anus hingga gampang terlihat. Gejala umum ambeien luar adalah rasa sakit atau nyeri dikarenakan pembuluh darah yang pecah. Darah yang pecah tidak keluar namun berkumpul menjadi trombus atau darah beku.

Cara mengobati ambeien secara alami
Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati ambeien, diantaranya adalah:

1. Bersihkan area dubur dengan baik setiap selesai buang air besar. Anda tidak perlu menggunakan sabun karena dapat meningkatkan iritasi. Untuk mengeringkan daerah sekitar benjolan, Anda bisa menggunakan tisu lembut yang biasa digunakan untuk bayi.

2. Ambillah obat penghilang rasa sakit dan anti-inflamasi untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Anda dapat mengambil tablet oral, krim oles atau supositoria anus. Pemberian gel lidah buaya (aloe vera) pada area dubur juga dapat membantu mengurangi peradangan.

3. Kurangi rasa nyeri dengan duduk dalam air hangat (sitz bath) tiga atau empat kali sehari selama 10 sampai 15 menit. cara mengobati wasir dengan cepat Anda juga dapat menerapkan kantung es atau kompres dingin pada daerah dubur selama sekitar sepuluh menit, tiga atau empat kali sehari untuk mengurangi pembengkakan pembuluh darah.




© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang