Artikel


 
 

Mengenal Ambeien


Last Update : 2015-11-02

Mengenal Ambeien

Anda mengenal ambeien atau mungkin pernah mendengar tentang sakit wasir. Atau mungkin Anda pula sebagai penderitanya yang justru terganggu aktifitas sehari hari. Saat BAB berdarah, saat ingin duduk Anda merasa tidak nyaman, berdiri maupun berjalan terasa nyeri di bagian anus. Mari, menjadi bijaksana dalam mengenal ambeien dan pengelolaannya.

Pengertian Ambeien
Wasir atau ambeien dalam istilah medis disebut hemoroid atau piles adalah pembuluh darah di dinding anus yang meradang. Ada beberapa faktor yang menyebabkan wasir yaitu:

1.Genetika
2.Kebiasaan pola makan yang kurang baik
3.Olahraga angkat beban yang sangat berat
4.Ibu hamil
5.Kebiasaan BAB yang tidak rutin

Menurut data, 4 dari 10 orang mengalami ambeien. Bila tidak menyebabkan gejala yang mengganggu seperti BAB mengeluarkan darah maka ambeien tidak membutuhkan pengobatan. Kondisi anus berdarah disebabkan oleh feses yang keras. Sementara itu feses tetap harus keluar meski harus dengan mengejan sangat kuat dan terjadi kontraksi pembuluh darah di dalam anus. Terkadang pembuluh darah akan sobek ketika dilalui feses/tinja yang keras.

Mengapa Feses Keras?
Feses menjadi keras karena tubuh kita kekurangan air, kurang serat atau BAB yang tertahan hingga lebih dari dua hari. Oleh karena itu penting bagi kita menjaga pola makan yang sehat dan cukup serat. Penting pula untuk menjaga kecukupan air minum dalam tubuh agar feses lunak sehingga BAB pun lancar tanpa mengejan terlalu kuat.

Dari keluhan dan pemeriksaan penderita ambeien, dunia kedokteran membagi kategori ambeien dalam dua jenis, yaitu ambeien internal dan ambeien eksternal. Ambeien eksternal yaitu wasir yang muncul di luar sfingter anal. Sedangkan ambeien internal adalah wasir yang terjadi di atas sfingter anal.

Untuk lebih mudah mengenali ambeien diantara keduanya itu, maka perhatikan penjelasan berikut:

a.Ambeien Internal (Wasir Dalam)
Ambeien internal atau wasir dalam adalah sumbatan aliran darah sistem porta menyebabkan timbulnya hipertensi portal dan terbentuk kolateral pada vena hemorroidalis superior dan medius. Selain itu sistem vena portal tidak mempunyai katup sehingga mudah terjadi aliran balik. Ambeien internal masih dibagi lagi berdasarkan klinis, yaitu :

1.Wasir derajat 1 : perdarahan merah segar tanpa nyeri saat defekasi, bila terjadi pembesaran hemoroid yang tidak prolaps keluar kanal anus. Hanya dapat di lihat dengan anorektoskop

2.Wasir derajat 2 : menonjol melalui kanalis analis pada saat mengejan ringan tetapi dapat masuk kembali secara spontan, pembesaran hemoroid yang prolaps dan menghilang atau masuk sendiri ke dalam anus secara spontan.

3.Wasir derajat 3 : pembesaran hemoroid yang prolaps dapat masuk lagi ke dalam anus dengan bantuan dorongan jari. Hemoroid menonjol saat mengejan dan harus di dorong kembali sesudah defekasi

4.Wasir derjar 4 : prolaps hemoroid yang permanen, rentan dan cenderung untuk mengalami trombosis atau infark. Hemoroid menonjol keluar dan tidak dapat didorong masuk

b.Ambeien Eksternal (Wasir Luar)
Robeknya vena hemorroidalis inferior membentuk sekelompok sel darah yang menggumpal(hematoma) di kulit yang berwarna kebiruan, kenyal-keras dan nyeri. Bentuk ini sering nyeri dan gatal karena ujung-ujung saraf pada kulit merupakan reseptor nyeri. Ambeien eksternal diklasifikasikan menjadi dua, yaitu :

1.Akut : pembengkakkan bulat kebiruan pada pinggir anus (hematoma) nyeri dan gatal.

2.Kronik : satu atau lebih lipatan kulit anus yang terdiri dari jaringan penyambung

Demikianlah ulasan singkat mengenai ambeien. Semoga artikel dengan judul mengenal ambeien bisa memberi manfaat bagi kita semua. Untuk mengetahui informasi seputar wasir terlengkap bisa mengunjungi web Rumah Wasir.




© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang