Artikel


 
 

Pengertian Operasi Wasir


Last Update : 2015-10-12

Pengertian Operasi Wasir

Salah satu cara mengatasi ambeien atau wasir adalah dengan melakukan operasi wasir. Langkah operasi merupakan salah satu solusi melenyapkan wasir dari tubuh penderitanya. Biasanya pilihan tersebut ditempuh ketika penyakit wasir telah berada pada tahap stadium 3 dan stadium 4. Yakni sebuah kondisi yang sudah sangat mengganggu, sehingga langkah operasi memungkinkan menjadi satu-satunya pilihan.



Operasi wasir berasal dari dua kata yakni operasi dan wasir. Kata operasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI) juga bermakna bedah/bedel. Sehingga dalam dunia pengobatan kata operasi bermakna membedah atau membedel demi kepentingan pengobatan. Sedangkan #wasir adalah sebuah keadaan patologis membengkaknya hemorhoid, struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu kontrol ketika Buang Air Besar(BAB). Gejala yang ditimbulkan adalah berupa rasa gatal dan perih pada anus. Gejala berikutnya adalah darah segar atau lendir yang menetes begitu saja ketika sedang BAB. Dan bila sudah semakin parah maka yang terjadi terbentuknya benjolan lunak pada dubur. Dan benjolan inilah yang benar-benar menjadi masalah serius. Benjolan ini merupakan pelebaran pada jaringan hemoroid yang berbentuk seperti daging yang membengkak. Dimana terdapat tingkatan yaitu benjolan yang keluar dari dalam anus ini keluar secara permanen sehingga sangat mengganggu si penderita. Gejala ini merupakan ciri-ciri ambeien  stadium 4 yang mana penanganan yang paling tepat untuk penyakit ini adalah dengan melakukan tindakan operasi.



Jadi dapat disimpulkan bahwa operasi wasir adalah sebuah upaya pembedahan atau membedel bagian tubuh yang dianggap mengganggu dan menimbulkan rasa sakit demi kepentingan pengobatan. Operasi wasir biasanya dilakukan oleh dokter spesialis bedah. Dan dibantu oleh tim medis berpengalaman.



Ada beberapa teknik operasi untuk pengobatan ambeien, diantaranya sebagai berikut :




  1. Mengangkat pile, wasir dengan membuang jaringan nya ( haemorrhoidectomy )



Ini merupakan cara operasi sederhana dan sering di lakukan untuk kasus ambeien. Cara ini sudah lama dilakukan di indonesia oleh para ahli bedah. Benjolan yang keluar ditarik keluar dan diklem serta dijahit dengan tehnik penjahitan tertentu. Keunggulan teknik ini tentu lebih murah dalam hal biaya dengan waktu pengerjaan yang tidak terlalu lama dan kekambuhan lebih rendah. Sebaliknya kerugian tindakan ini adalah rasa nyeri yang hebat dan lama akibat kulit dan otot bisa ikut terpotong, perdarahan lebih banyak, dan bisa terjadi penyempitan rongga anus.




  1. Dengan stapler haemorrhoid



Merupakan cara yang lebih maju dengan bantuan alat yang dilakukan dengan menjahit benjolan di bagian dalam anus secara jelujur dan memasang alat stepler ditarik dan dijepit dalam hitungan menit maka jaringan langsung terpotong dan terjahit. waktu yang cukup lama hanya saat menjahit jelujur saja dan berdasarkan orang yang sering melakukan maka stepler itu sendiri hanya butuh waktu 20-30 menit untuk tenaga yang eksperient. Keuntungannya painless, waktu pekerjaan yang singkat, perdarahan sangat minimal kecuali terjadi jahitan yang lepas atau tidak sempurna. Jarang mengenai otot dan kulit disekitar anus. Kerugiannya adalah Biaya alat lebih mahal tapi tergantung pilihan alat yang digunakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing merek.




  1. Teknologi BEIM



Dalam teknik pengobatan BEIM, penderita wasir tidak perlu mendapatkan jahitan pasca pengangkatan wasir. Jadi, tekniknya adalah dengan pemanasan dan pengangkatan. Kedua kegiatan tersebut bekerja secara berkesinambungan. Adapun dengan tingkat panas yang muncul melalui alat BEIM, maka wasir akan mudah diangkat. Ini dia yang membuat wasir tuntas hingga ke akarnya. BEIM sendiri adalah kepanjangan dari Biological Electrical Impedance Auto-Measuremet.



Dalam operasi teknik BEIM, dibutuhkan banyak alat pendukung. Salah satu alat penunjangnya adalah gunting dan alat tajam untuk insisi. Mereka adalah pencilsafute, coagulation, pinceers, dan forceps. Lalu, alat utamanya adalah safute yang tersambung ke setiap alat serupa pisau atau gunting untuk pemanasan kemudian pengangkatan wasir. Dengan safute ini, maka muncullah istilah BEIM. Di mana, safute yang mendapatkan energi dari sambungan listrik akan menghasilkan panas. Lalu, dengan bantuan alat pencabutnya, wasir bisa terangkat setelah ada pemanasan.



Demikianlah ulasan singkat mengenai Pengertian Operasi Wasir. Semoga artikel yang berjudul Pengertian Operasi Wasir bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Bila Anda ingin mengetahui tempat pengobatan/ operasi wasir yang bagus dan murah, Anda bisa langsung mengunjungi link rumah wasir atau menghubungi (021) 8242 0425.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang