Artikel


 
 

Ciri Ambeien Parah


Last Update : 2015-10-07

Ciri Ambeien Parah

Banyak orang menyesal karena telat menyadari ciri ambeien parah. Ambeien atau dalam dunia medis disebut dengan hemoroid merupakan gangguan di sekitar anus berupa pembengkakan jaringan hemoroid yang membuat si penderita menjadi tidak nyaman dan menimbulkan rasa sakit. Penyakit ini dapat diketahui dari ciri-ciri yang ditimbulkannya. Dalam dunia medis, penyakit wasir atau ambeien terbagi menjadi 4 stadium. Diawali dari stadium 1 dan diakhiri dengan stadium 4.



Ciri ambeien parah biasanya didahului oleh gejala ambeien ringan. Awal dari gejala ambeien biasanya terasa panas dan gatal di daerah anus. Gejala ini muncul karena tejadinya gesekan antara feses dan pembuluh vena hemorroid yang sangat tipis menjadi robek. Rasa gatal yang ditimbulkan tersebut dikarenakan infeksi yang terjadi di pembuluh vena hemorroid tersebut. Cara mengatasi ambeien stadium 1 ini adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayuran.



Ciri ambeien parah juga mulai semakin jelas ketika darah dari dalam anus keluar saat buang air besar. Darah ini keluar bersamaan dengan keluarnya feses. Sehingga ini membuat si penderita merasa tidak nyaman ketika buang air besar. Darah yang keluar terjadi akibat pendarahan pada dinding pembuluh darah balik vena di saluran anus. Jika darah yang keluar cukup banyak memungkinkan menjadi penyebab anemia pada penderitanya. Ini merupakan gejala wasir yang paling terlihat bagi penderitanya. Pada tahap seperti inilah waktu yang tepat untuk melakukan pengobatan supaya mencegah dari semakin parahnya penyakit ambeien tersebut.



Terdapat juga ciri ambeien parah berupa keluarnya benjolan yaitu pembengkakan pada jaringan hemoroid ini dapat masuk kembali dengan bantuan jari tangan. Gejala ini belum terlalu parah karenan benjolan yang keluar dari dalam anus tidak keluar secara permanen. Gejala ini dapat diatasi dengan pemberian obat-obatan yang berfungsi untuk memperkecil peleberan yang terjadi di jaringan hemoroid. Akan tetapi gejala ini di awali dengan benjolan yang dapat masuk kembali pada posisi semula setelah beberapa menit usai buang air besar. Ciri ambeien pada tahap ini juga disertai rasa sakit dan ini merupakan hal yang sangat bagi si penderita. Sangat di sarankan sekali untuk berkonsultasi kepada dokter apabila Anda sebagai penderita penyakit wasir stadium 3 ingin melakukan pengobatan dengan menggunakan obat-obatan.



Ciri ambeien parah dapat kita ketahui dari gejala-gejala yang muncul, seperti keluarnya benjolan dari dalam anus. Benjolan ini merupakan pelebaran pada jaringan hemoroid yang berbentuk seperti daging yang membengkak. Dimana terdapat tingkatan yaitu benjolan yang keluar dari dalam anus ini keluar secara permanen sehingga sangat mengganggu si penderita. Gejala ini merupakan ciri-ciri ambeien  stadium 4 yang mana penanganan yang paling tepat untuk penyakit ini adalah dengan melakukan tindakan operasi.



Menghindari ambeien parah bukanlah hal yang menjadi perhatian banyak orang. Biasanya rasa sakit memang baru muncul saat ambeien makin parah, tetapi tidak ada salahnya mencegah sebelum Anda harus benar-benar mengobati ambeien dengan mengangkatnya sampai tuntas.



Langkah menghindari ambeien parah bisa kita ikuti dengan mudah dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sebagai berikut:



1. Mengatur pola tidur yang benar dan sesuai kadar. Hal ini menjadi penting agar energi terisi dengan maksimal dan tubuh beristirahat dengan baik.



2. Mengatur pola makan dengan tatanan gizi seimbang. Pola makan 4 sehat 5 sempurna adalah rumus lama. Ternyata seseorang harus mengonsumsi makanan dengan tatanan gizi seimbang sesuai tubuhnya. Yang paling tepat adalah makan dengan mengikuti anjuran dari asupan sesuai golongan darah.



3. Mengatur pola aktivitas fisik secara rutin. Berolahraga sangatlah penting untuk bisa menjaga kebugaran tubuh. Jika memang tidak sempat untuk meluangkan waktu secara spesial untuk berolahraga, ada baiknya Anda memperbanyak gerak fisik dan jangan malas untuk berjalan mengambil barang-barang Anda sendiri.



Ketiga langkah tersebut di atas adalah langkah ringkas untuk bisa menghindari ambeien ringan menjadi parah pada kemudian hari.



Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai masalah ambeien, Anda dapat mengunjungi klinik wasir yaitu Rumah Wasir terdekat. Klinik ini menyediakan jasa konsultasi dan pengobatan dengan metode operasi menggunakan alat medis yang termodern dalam dunia pembedahan. Ditangani oleh dokter yang sudah berpengalaman menangani banyak pasien. Anda dapat mengkonsultasikan mengenai ciri ambeien parah yang Anda alami agar mendapatkan solusi yang terbaik dalam penanganannya.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang