Artikel


 
 

Ambeien Luar


Last Update : 2015-10-07

Ambeien Luar

Ambeien diketahui terbagi dalam dua jenis, yakni ambeien dalam dan ambeien luar. Seperti yang telah diketahui banyak orang, ambeien atau wasir menyerang pada salah satu organ tubuh manusia yang penting dan sangat rahasia. Ambeien atau Wasir yaitu suatu penyakit yang menyerang anus atau bibir anus ketika terjadi pembengkakan jaringan yang disebabkan karena adanya pelebaran pembuluh darah vena yang berada pada dinding rektum dan anus.



Gejala umum awal mula timbulnya ambeien adalah rasa gatal, perasaan tidak nyaman saat duduk atau buang air besar. Ambeien internal dan eksternal dapat muncul berbeda namun, banyak orang dapat mengalami keduanya. Jarang dijumpai perdarahan yang signifikan hingga menyebabkan anemia, dan lebih jarang lagi perdarahan yang mengancam nyawa.



Sebagian besar orang merasa malu ketika menghadapi masalah ini dan biasanya baru mencari perawatan medis ketika kasusnya sudah lanjut. Namun tidak semua penderita ambeien ini memerlukan pengobatan. Hanya sebagian kecil saja yang memerlukan pertolongan medis, yakni mereka yang mengeluhkan pendarahan, adanya tonjolan dan gatal-gatal. Penyebab ambeien sebenarnya sederhana, yakni saat susah buang air dipaksakan mengeluarkan kotoran. Penyebab susah buang air ini adalah kurang minum, kurang makan serat, kurang olahraga atau banyak duduk dan mengangkat beban yang terlalu berat.



Jika tidak terkena trombosis, ambeien luar dapat menyebabkan beberapa masalah. Namun, jika terkena trombosis, ambeien dapat sangat menyakitkan. Tetapi nyeri ini biasanya hilang dalam 2 hingga 3 hari. Sedangkan pembengkakkannya memerlukan beberapa minggu untuk hilang. Dapat tersisa suatu akrokordon setelah sembuh. Jika ambeien besar dan menimbulkan masalah higiene, kondisi ini dapat menimbulkan iritasi pada kulit di sekelilingnya dan gatal di sekitar anus.



Ambeien luar adalah jenis yang timbul di bawah dentata atau garis pektinatus. Ambeien ini terliputi di dekatnya oleh anoderma dan di sisi jauhnya oleh kulit, keduanya sensitif terhadap nyeri dan suhu. Banyak masalah anorektal, termasuk fisura, fistula dan gatal-gatal mempunyai gejala serupa dan dapat secara keliru dianggap ambeien. Perdarahan melalui rektum juga dapat terjadi karena kanker kolorektal, kolitis termasuk penyakit radang usus, penyakit divertikular, dan angiodisplasia. Jika ada anemia, penyebab potensial lainnya harus dipertimbangkan.



Kondisi lain yang menyebabkan terjadinya massa pada anus termasuk akrokordon, kutil pada anus, prolaps rektum, polip, dan pembesaran papilla anus. Varises anorektal akibat peningkatan hipertensi portal (tekanan darah dalam sistem vena portal) dapat timbul menyerupai ambeien tetapi merupakan kondisi yang berbeda.



Untuk mencegah terjadinya ambeien luar, ambeien dalam dan ambeien parah bisa melalui mencegah sembelit dan berusaha untuk buang air besar. Beberapa diet dan perubahan gaya hidup berikut dapat membantu melunakkan tinja sehingga tidak terlalu mengejan yang bisa menyebabkan ambeien :



1.             Sertakan lebih banyak serat dalam diet semisal, mengkonsumsi buah segar, sayuran, dan roti gandum dan sereal merupakan sumber serat yang baik.



2.             Minumlah cukup jumlah cairan 6 sampai 8 gelas air setiap hari.



3.             Berolahraga secara teratur



4.             Hindari mengangkat beban yang berat, karena hal ini dapat memberikan tekanan pada pembukaan dubur.



Hal tersebut sangat efektif untuk mencegah terjadinya ambeien. Tetapi jika ambeien telah mencapai tingkat keparahan yang luar biasa, sebaiknya segera ditangani secara serius.  Ambeien  luar yang sudah parah biasanya akan dilakukan operasi pembedahan benjolan. Penanganan ambeien yang baik hanya bisa didapat dari seorang dokter ahli yang profesional. Disarankan kepada penderita ambeien, sebaiknya dalam menangani segala urusan ambeien dilakukan di Rumah Wasir. Sebagai pusat pengobatan wasir modern, Rumah Wasir memberikan fasilitas yang mengutamakan kepuasan pasien dalam pelayanan, kenyamanan dan keamanan. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai Rumah Wasir silahkan kunjungi web/link disini atau hubungi (021) 8242 0425, (0851) 0348 0800.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang