Artikel


 
 

Ambeien Bernanah


Last Update : 2015-10-07

Ambeien Bernanah

Selain bisa berdarah, ternyata ambeien juga bisa bernanah. Ambeien bernanah terjadi karena kondisi dibiarkannya ambeien tidak dalam perawatan, penanganan dan pengobatan yang tepat dalam jangka waktu yang lama. Sehingga berdampak pula pada wasir yang telah beberapa kali mengalami pendarahan. Lama-kelamaan terjadi kondisi wasir infeksi sekunder hingga bernanah.



Ambeien dalam ilmu kedokteran disebut hemoroid. Hemoroid adalah penyakit pada anus, dimana bibir anus mengalami pembengkakkan yang terkadang disertai pendarahan. Wasir sering dianggap penyakit yang memalukan, karena terdapat pada anus. Sehingga, si penderita enggan membicarakannya pada orang lain dan kadang segan untuk memeriksakan diri ke dokter.



Wasir merupakan penyakit yang ditandai dengan pembengkakan atau pembesaran pembuluh darah vena di daerah anus. Bila terjadi tekanan seperti mengejan ketika sembelit, wasir dan jaringan disekelilingnya menjadi membengkak dan dapat menonjol keluar dari saluran pelepasan atau anus. Biasanya juga disertai dengan keluarnya darah segar. Jika didiamkan dalam jangka waktu yang lama, wasir bisa berbahaya dan mengakibatkan pendarahan masif dan sering memicu anemia. Lama-kelamaan bisa memungkinkan wasir infeksi sekunder hingga bernanah. Jika sudah demikian, maka itulah yang disebut ambeien bernanah.



Para ahli membagi wasir menjadi dua tipe yaitu wasir dalam (ambeien internal) dan wasir luar (ambeien eksternal). Pertama, wasir dalam timbul pada saluran usus yang dilapisi selaput lendir dan terjadi pembengkakan di dalam anus. Gejala yang paling sering muncul adalah pendarahan tanpa rasa sakit saat buang air besar dengan feses yang keras.



Wasir ini terbagi menjadi tiga derajat. (1) Derajat I (dini), yang tidak menonjol melalui anus (dubur). (2) Derajat II, yang sudah menonjol dan dapat menonjol melewati dubur sesudah penderita buang air besar. (3) Derajat III, yang menonjol secara menetap. pada derajat I dan II, wasir internal masih dapat hilang secara spontan, tanpa operasi. Masuk kategori derajat III, penyembuhan dapat dilakukan dengan konsumsi herbal juga terapi.



Kedua, pada wasir external, pembengkakan pembuluh darah vena terjadi di luar dan wasir menonjol keluar dari rektum, sehingga terlihat di sekitar anus. ini adalah varises dibawah otot dan biasanya berhubungan dengan kulit. Wasir eksternal terbagi menjadi dua jenis, yaitu akut dan krinis. Akut, berupa bengkak bulat kebiruan pada pinggir anus, sering terasa sangat sakit dan gatal. Sedangkan kronis artinya wasir yang terjadi sejak lama.



Gejala-gejala adanya penyakit wasir yaitu pertama-tama akan timbul rasa panas, gatal, dan nyeri pada dubur. Selain itu, adanya tonjolan keluar dari rektum pada saat buang air besar. tonjolan akan menjadi lebih besar seiring dengan tekanan abdominal dan harus ditekan ke dalam dengan jari tangan.



Selain itu, tanda lainnya adalah keluarnya lendir atau darah bersama kotoran dan tetesan darah segar dari dubur. pada kasus yang berat, timbul benjolan besar disertai rasa nyeri hingga penderita sulit duduk. Wasir ditimbulkan oleh beberapa faktor pencetus seperti, sembelit, obesitas, diare, lemah jantung dan kebiasaan anal seks. Bisa pula karena kesalahan dalam melakukan gerakan olahraga, seperti angkat beban atau olahraga pernapasan. Terlalu banyak duduk dan berdiri juga bisa jadi faktor timbulnya wasir.



Semua orang, baik pria atau wanita, bisa menderita wasir. Namun, wanita hamil dan wanita yang baru melahirkan lebih besar kemungkinannya terkena serangan wasir. Gangguan wasir jarang yang terjadi pada seseorang yang dibawah 20 tahun, kecuali pada wanita hamil.



Biasanya, wasir tidak memerlukan pengobatan kecuali sudah menyebabkan gejala-gejala berat. Agar tidak bertambah parah, para penderita wasir perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini:




  1. Usahakan berendam air hangat untuk mengurangi nyeri dan menjaga kebersihan dubur selama 15 menit, setidaknya 2 kali dalam sehari

  2. Mengkonsumsi makanan berserat tinggi agar kotoran (feses) menjadi lunak, misalnya buah-buahan, sayur-mayur dan biji-bijian. Hindari makanan pedas, goreng-gorengan, dan durian

  3. Menghindari minuman keras dan beralkohol serta merokok agar kotoran tidak keras

  4. Minum air putih dalam jumlah yang cukup, sedikitnya 1,5 liter dalam sehari



Dengan melakukan tips-tips tersebut diharapkan bisa menghindari diri Anda dari ambeien bernanah. Semoga ulasan artikel dengan judul Ambeien Bernanah bisa memberi manfaat bagi kita semua.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang