Artikel


 
 

Awas, Lindungi Diri Anda Dari Ambeien


Last Update : 2015-09-29

Awas, Lindungi Diri Anda Dari Ambeien

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Untuk itu mengenal penyakit ambeien sejak dini dianggap baik untuk menambah pengetahuan kesehatan. Dengan begitu kita bisa menghindari penyakit ambeien atau wasir  yang dianggap sebagian orang memalukan. Serta mampu melindungi diri dari bahaya ambeien bau, ambeien berdarah dan ambeien akut.



Wasir atau ambeien adalah kondisi patologis membengkak atau meradangnya hemorrhoid, struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu kontrol buang air besar. Dalam kondisi fisiologisnya, bagian ini bertindak sebagai bantalan yang tersusun atas saluran arterio-vena dan jaringat ikat. Gejala patologis wasir bergantung pada jenisnya. Wasir internal biasanya timbul bersama pendarahan rektum tanpa rasa nyeri. Sedangkan wasir eksternal dapat menunjukkan beberapa gejala atau jika terkena trombosis akan ada nyeri signifikan dan pembengkakan di area anus.



Wasir internal dan eksternal dapat muncul berbeda namun, banyak orang dapat mengalami keduanya. Jarang dijumpai perdarahan yang signifikan hingga menyebabkan anemia, dan lebih jarang lagi perdarahan yang mengancam nyawa. Hanya saja banyak orang merasa malu ketika menghadapi masalah ini dan biasanya baru mencari perawatan medis ketika kasusnya sudah lanjut.



Wasir internal biasanya muncul tanpa nyeri, pendarahan dari rektum berwarna merah terang selama atau setelah buang air besar. Darahnya biasanya menutupi feses, kondisi yang dikenal sebagai hematokezia, ada pada kertas toilet, atau menetes ke dalam kloset. Fesesnya sendiri biasanya berwarna normal. Gejala lain di antaranya dapat berupa keluarnya lendir, massa di sekitar anus jika lendir ini turun ke anus, gatal pada anus, dan inkontinensia feses. Wasir internal biasanya hanya terasa sakit jika terjadi trombosis atau nekrosis



Jika tidak terkena trombosis, wasir eksternal dapat menyebabkan beberapa masalah. Namun, jika terkena trombosis, wasir dapat sangat menyakitkan. Namun, nyeri ini biasanya hilang dalam 2-3 hari. Sedangkan pembengkakannya memerlukan beberapa minggu untuk hilang. Dapat tersisa suatu akrokordon setelah sembuh. Jika wasir besar dan menimbulkan masalah higiene, kondisi ini dapat menimbulkan iritasi pada kulit di sekelilingnya dan gatal di sekitar anus.



Disarankan sejumlah langkah pencegahan termasuk menghindari mengejan ketika buang air besar, menghindari konstipasi dan diare dengan mengonsumsi makanan serat tinggi dan meminum banyak cairan atau meminum suplemen serat, dan cukup berolahraga. Disarankan juga untuk mengurangi waktu yang digunakan untuk mencoba buang air besar, menghindari membaca ketika di toilet, juga menurunkan berat badan bagi orang yang kelebihan berat badan dan menghindari mengangkat beban berat.



Pengobatan untuk gangguan hemoroid yang terletak di saluran anus terdapat beberapa metode atau cara dalam mengatasinya. Adapun beberapa metode tersebut adalah pengobatan wasir dengan pengobatan alami, pengobatan ambeien dengan obat kimiawi, mengatasi hemoroid dengan menerapkan pola hidup yang sehat,  dan mengatasi ambeien ekstenal dengan tindakan operasi.



Dan kini telah hadir di hadapan kita yakni alat yang sangat canggih dan modern yang digunakan untuk pengobatan wasir hanya dalam waktu 15 menit, tidak membutuhkan jahitan, ini dikarenakan dengan alat BEIM, luka yang terjadi merupakan luka tertutup sehingga terhindarnya dari infeksi. Yang membuat metode operasi dengan biaya terjangkau dikarenakan pasien bisa langsung pulang dan beraktifitas seperti biasanya, sehingga tidak diperlukannya rawat inap.



Berkat metode ini, wasir terangkat sampai ke akarnya, jadi kekambuhan sangatlah kecil sekali peluangnya. Dengan begitu kita bisa melindungi diri sendiri dari penyakit ambeien atau wasir. Demikian artikel Awas, Lindungi Diri Anda Dari Ambeien, semoga bermanfaat.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang