Artikel


 
 

Pemeriksaan Penunjang Pengobatan Wasir


Last Update : 2015-04-09

Pemeriksaan Penunjang Pengobatan Wasir

Ternyata dalam pengobatan wasir ada pemeriksaan penunjang yang akan membuat jalannya penuntasan penyakit ambeien lebih lancar.

Dalam pengobatan wasir, ada pemeriksaan penunjang yang bisa menunjang tuntas maksimalnya pengobatan ambeien para penderita. Beberapa hal itu, antara lain:

1.Pemeriksaan Colok Dubur

Pada pemeriksaan colok dubur, wasir akan bisa diraba bisa masih dalam stadium awal. Namun, tidak akan dapat diraba pada penderita wasir internal. Dalam tahap ini, akan diketahui bagaimana tekanan vena. Bila sudah ada ditahap parah, akan ada penebalan selaput lendir. Bahkan, benjolan akan terasa sangat padat. Mengapa colok dubur dilakukan? Jadi, pemeriksaan ini di tahap pengobatan wasir bisa menyingkirkan kemungkinan kanker anus.

2.Pemeriksaan Anoskopi

Dengan cara ini, dapat dilihat wasir internal yang tak menonjol keluar. Anoskop adalah sejenis alat yang akan dimasukkan untuk mengamati bagian dalam anus penderita ambeien. Adapun tekniknya, anoskop dan penyumbatnya masuk sedalam mungkin ke anus. Seaat penyumbat diangkat, penderita harus bernafas panjang. Wasir internal yang terlihat akan menonjol setelah dilakukan pemeriksaan ini. Walaupun, menonjolnya ke dalam lumen (ruang kecil antara arteri dan vena). Apabila penderita diminta mengejan sedikit, maka ukuran wasir akan membesar dan penonjolan akan lebih nyata. banyaknya benjolan, besarnya, bagaimana letaknya dan keadaan lain terkait anus haruslah diperhatikan saat pengobatan ambeien.

3.Pemeriksaan Proktosigmoidoskopi

Proktosigmoidoskopi perlu dikerjakan untuk memastikan keluhan seorang penderita wasir bukanlah karena peradangan. Proses radang atau proses keganasan di tingkat tinggi harus diketahui. Dan, pemeriksaan ini dapat mendeteksinya. Benjolan ambeien menjadi tanda yang menyertai. Setelah itu, feses juga diperiksa untuk mengetahui bagaimana keadaannya. Apakah ada unsur darah yang mengikuti atau tidak.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang