Artikel


 
 

Ciri Ciri Ambeien


Last Update : 2015-04-13

Ciri Ciri Ambeien

Ambeien atau dalam dunia medis disebut dengan hemoroid merupakan gangguan di sekitar anus berupa pembengkakan jaringan hemoroid yang membuat si penderita menjadi tidak nyaman dan menimbulkan rasa sakit. Penyakit ini dapat diketahui dari ciri ciri ambeien yang ditimbulkannya. Di dunia mendis, penyakit ini terbagia menjadi 4 stadium dimana diawali dari stadium 4 dan diakhiri dengan stadium 4. Menurut riset yang telah dilakukan bahwa perempuan lebih beresiko terkena wasir dibandingkan dengan pria, khususnya untuk wanita yang sedang hamil. Ketika hal yang paling parah terjadi pada penyakit ini, yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan tindakan operasi.



Ciri Ciri Ambeien stadium 1



Gejala yang nampak pada tahap ini sulit sekali diketahui oleh penderita yang awam dengan gejala wasir yaitu munculnya rasa panas di sekitar anus seperti rasa terbakar atau seperti kulit yang dioleskan balsam. Ini terjadi karena terjadinya luka atau lecet pada dinding pembuluh balik vena di daerah saluran anus. Karena anus merupakan saluran pembuangan yang terakhir dari sistem pencernaan dan merupakan tempat yang kotor sehingga gejala ini juga disertai dengan rasa gatal yang dikarenakan infeksi yang terjadi pada luka di pembuluh vena hemoroid.



Ciri Ciri Ambeien Berdarah



Pernahkah Anda mendengar kasus dimana seseorang ketika buang air besar mengeluarkan darah ataukah hal ini terjadi pada Anda? Ini merupakan ciri-ciri dari ambeien yang tergolong kedalam penyakit wasir stadium 2. Dimana terjadi kasus penderita wasir berdarah mengalami penyakit anemia karena pendarahan yang terjadi. Darah ini pada awalnya berupa darah segar yang keluar dari dalam anus yang terjadi karena pendarahan di dinding pembuluh darah vena hemoroid akibat tidak ada penanganan pada gejala wasir stadium 1.



Ciri Ciri Ambeien stadium 3



Keluarnya benjolan dari dalam anus merupakan gejala wasir pada stadium 3. Perlu diketahui bahwa benjolan tersebut merupakan pembengkakan jaringan hemorroid yang berbentuk seperti daging  yang keluar dari dalam anus. Benjolan ini keluar bersamaan dengan keluarnya feses dan setelah buang air besar, benjolan ini akan masih keluar hingga beberapa menit dan akan masuk dengan sendirinya. Pada kasus yang lebih parah, benjolan ini tidak bisa masuk sendiri kecuali di bantu untuk masuk misalkan di dorong ke dalam dengan jari tangan. Bersamaan dengan keluarnya benjolan tersebut, gejala lain yang muncul adalah rasa tidak nyaman yang disertai rasa nyeri. Rasa sakit inilah yang membuat si penderita sulit untuk duduk dan beraktifitas dengan nyaman.



Ciri Ciri Ambeien stadium akhir



Pada proses perjalanan terakhir dari tingkat keparahan wasir adalah bejolan yang keluar dari dalam anus, keluar secara permanen dan tidak dapat masuk kembali meskipun di dorong dengan jari tangan. Ini merupakan penderitaan yang sangat berat bagi penderitanya, karena coba saja Anda bayangkan duduk yang disertai dengan rasa sakit, bekerja tidak konsen dan buang air besar terasa sakit. Ketika gejala ini terjadi, pemberian obat-obatan tidak bisa membantu mengatasi ambeien stadium 4 dan hanya tindakan operasi yang dapat dijadikan solusi terbaik.



Ke 4 dari ciri ciri ambeien yang telah dijelaskan, merupakan gejala yang paling umum terjadi, dengan mengetahuinya kita dapat menanggulangi agar tidak menjadi lebih parah ketika gejala tersebut terjadi pada kita. Kebanyakan penderita yang mengalami penyakit wasir sampai dengan tingkatan yang parah dimungkinkan karena tidak mengetahui dari ciri ciri ambeien dan tidak mengetahui cara mengatasinya. Cara pencegahan merupakan hal yang terbaik untuk dilakukan agar terhindar dari yang namanya penyakit ambeien. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam pencegahan dari penyakit tersebut seperti tidak mengejan terlalu kuat pada saat buang air besar karena ini akan mengakibatkan robeknya dinding pembuluh darah balik vena di saluran anus. Robeknya pembuluh darah vena tersebut di dukung juga oleh kerasnya feses sehingga menekan pembuluh hemoroid sehingga terjadinya luka. Maka diperlukan juga untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat yang mana serat ini berfungsi untuk memperlukan feses. Selain serat, air putih juga mempunyai fungsi yang sama dalam memperlunak feses. Dan masih banyak lagi tindakan untuk pencegahan dari *penyakit wasir. Ketika Anda mengetahui apa itu ciri ciri ambeien, Anda selangkah lebih maju untuk terhindar dan mengatasi dari penyakit yang berada di saluran anus tersebut.



Dampak dari Tidak Mengetahui Ciri-Ciri Ambeien



Kebanyakan penderita wasir yang awam akan gejala ambeien yang ia alami, akan mengidap penyakit wasir sampai dengan stadium 4. Maka dari itu perlunya kita mengetahui akan informasi tentang ciri-ciri ambeien untuk pencegahan maupun untuk pengobatan pada tahap awal.



Setelah kita mengetahui mengenai ciri-ciri ambeien menurut tingkatannya. Dapat kita ambil kesimpulan bahwa ciri-ciri dari penyakit yang terjadi di sekitar saluran anus ini terjadi karena pola hidup yang kurang sehat bagi si penderitanya. Dengan menerapkan pola hidup yang sehat seperti mengkonsumsi makanan berserat setiap harinya, minum air putih 3 liter 1 hari, menjaga kebersihan anus, menghindari mengkonsumsi makanan terlalu pedas, dan olah raga secara rutin dapat mengatasi penyakit wasir pada tahap ringan. Adapun untuk ambeien tahap sedang, selain gaya hidup yang sehat, pemberian obat-obatan pun sangat diperlukan untuk mengatasi penyakit hemoroid tersebut. Namun untuk penyakit hemoroid tingkat kronis atau sudah memasuki stadium 4, sangat diperlukannya tindakan operasi wasir untuk pengangkatan benjolan yang keluar dari dalam anus secara permanen. Biasanya tindakan operasi ini dilakukan oleh para penderita wasir menjadi pilihan terakhir setelah sudah berbagai macam pengobatan telah dicobanya.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang