Artikel


 
 

Cara Mengatasi Wasir Luar


Last Update : 2015-04-21

Cara Mengatasi Wasir Luar

 



Beberapa Cara Untuk Mengatasi Wasir Luar



 



Kali ini kita akan mambahas tentang cara mengatasi wasir luar .Wasir luar atau bisa dibilang ambeien eksternal adalah sebuah penyakit yang dapat mengganggu kehidupan kita sehari-hari karena rasa kurang nyaman di daerah anus. Adapun ciri dari wasir luar ini yakni keluarnya benjolan dari dalam anus setelah melakukan buang air besar. Pada tahap awal, benjolan ini dapat masuk dengan sendirinya dalam waktu beberapa menit. Tahap berikutnya setelah Anda melakukan buang air besar, benjolan yang keluar tidak bisa masuk dengan sendirinya, harus dimasukkan dengan bantuan jari tangan. Dan pada tahap terakhir, benjolan yang keluar sudah tidak masuk lagi walaupun dengan bantuan jari tangan. Untuk ambeien yang mengalami benjolan yang keluar secara permanen hanya bisa disembuhkan dengan melakukan tindakan operasi.

Mengenai cara mengatasi wasir luar, ada beberapa hal yang Anda lakukan. Hal yang pertama yang perlu dilakukan adalah konsultasikan terlebih dahulu keluhan wasir yang Anda derita kepada dokter. Tanyakan tentang tehnik pengobatan apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi wasir yang sedang diderita.

Bila wasir luar Anda baru mencapai stadium 3, ada kemungkinan dapat diatasi dengan menggunakan obat-obatan. Obat yang biasa direkomendasikan adalah obat yang berbentuk suppositoria seperti faktu, ultrapoct-N, borraginol-N, antihemoroid DOEN, dan lain sebagainya. Obat dari jenis suppositoria untuk mengatasi wasir ini berbentuk seperti peluru dan cara penggunaannya dengan memasukkan langsung kedalam anus yang kemudian secara otomatis akan masuk ke dalam rekturm dan melebur didalamnya.

Makanan yang mengandung serat sangat dibutuhkan sekali dalam proses pengobatan ambeien luar. Karena dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat ini, feses akan menjadi lunak dan dengan begitu luka yang terjadi pada saluran anus dapa diminimalisir. Coba Anda bayangkan, ketika Anda sedang mengalami wasir luar dan pada saat bersamaan Anda kurang mengkonsumsi makanan yang berserat yang menyebabkan feses Anda menjadi keras. Pada saat buang air besar, feses yang keras akan bergesekan dengan radang di saluran anus sehingga makin memperparah penyakit wasir Anda.

Untuk wasir luar ini sangat disarankan sekali menjaga kebersihan anus. Hindari anus Anda dari kelembapan yang pada nantinya akan mendatangkan jamur di anus Anda. Sering-seringlah membersihkan anus dan di keringkan dengan tisu sampai benar-benar bersih. Kesembuhan dari pengobatan wasir tergantung bagaimana niat Anda dengan sungguh-sungguh untuk terbebas dari penyakit ambeien ini.



Cara Mengatasi Wasir Luar dengan Operasi





Jikalau wasir sudah memasuki stadium 4 dimana benjolan yang keluar sudah tidak masuk keposisi awal, disitulah sudah saatnya melakukan tindakan operasi. Tehnik dari opersi khusus wasir ini pun terbagi menjadi 4 tehnik. Diantaranya yaitu :



 



Operasi konvensional





Tehnik dari operasi konvensional ini adalah menggunakan pisau bedah sebagai alat untuk memotong wasir yang keluar. Cara ini merupakan cara pertama dalam tindakan operasi untuk wasir. Setelah melakukan tindakan operasi ini, akan menimbulkan rasa sakit pada saat buang air besar. Rasa sakit ini berlangsung kurang lebih 4 minggu. Dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada saat buang air besar yang diakbitkan terjadinya pengkerutan di anus.



 



 



Operasi dengan Alat Laser





Operasi menggunakan alat laser dengan suhu yang cukup tinggi ini lebih cepat dalam proses operasinya dibandingkan dengan menggunakan alat pisau bedah. Hanya saja dari segi kekurangannya sama saja seperti tehnik konvensional dan harganya jauh lebih mahal.



 



 



Operasi Diathermi Hemoroidektomy





Operasi ini menggunakan alat yang bersuhu tinggi lebih dari alat laser. Kelebihan dari tehnik operasi ini adalah rasa sakit yang ditimbulkan setelah menjalani operasi lebih ringan dari pada tehnik operasi sebelumnya. Tapi masih akan menimbulkan rasa sakit pada saat buang air besar dan berlangsung selama 6 minggu.



 



 



Operasi dengan Alat Stapller





Alat stapller ini berfungsi untuk memotong dan menjepit yang bertujuan untuk menghentikan aliran darah. Alat ini pun berfungsi untuk mengembalikan posisi wasir ke semula. Tehnik dari operasi menggunakan strapller ini merupakan tehnik yang lebih baik dari pada sebelumnya. Rumah sakit dan klinik wasir banyak menggunakan stapller ini untuk mengatasi wasir luar yang memang membutuhkan tindakan operasi.



 



 



(Baca juga tentang cara menyembuhkan wasir : klik di sini )






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang